Terkait Aset Daerah Diduga Disalahgunakan, Bupati Bireuen: Ini Tidak Dibenarkan Akan Saya Panggil Kadis

liputaninvestigasi.com - Mengenai aset daerah dibawah Dinas DLHK Bireuen, jenis excavator yang diduga disalahgunakan mendapat tanggapan dari...

liputaninvestigasi.com - Mengenai aset daerah dibawah Dinas DLHK Bireuen, jenis excavator yang diduga disalahgunakan mendapat tanggapan dari Bupati Bireuen Muzakkar A Gani. 

Ia mengaku persoalan tersebut sesuatu hal yang tidak dibenarkan dan pihaknya akan menelusuri penyebabnya. "Tentu hal itu tidak dibenarkan, kita akan telesuri penyebabnya," kata Bupati kepada media ini melalui pesan Whatsapp. Minggu 23 Januari 2022.

Orang nomor satu Kabupaten Bireuen itu mengaku, persoalan tersebut akan ditelusuri, apakah aset tersebut dipinjam atau disewa oleh pihak tersebut.

"Seingat saya alat berat itu telah kembali kita kelola sendiri, kalau sekarang digunakan pihak lain, perlu ditelusuri apa ada proses pinjam atau sewa. Kalau tidak alat berat tersebut harus dikembalikan ke DLHK," tegas Bupati.

Ketua Demokrat Bireuen itu menjelaskan, tujuan keberadaan alat berat di DLHK untuk proses pengangkutan sampah dan tata kelola lingkungan jika ada drainase atau alur air yang tersumbat untuk mencegah banjir.

Bupati mengaku akan memanggil Kepala Dinas DLHK untuk diminta klarifikasi dan penjelasan terkait persoalan tersebut. "Saya Akan panggil Kadis untuk minta klarifikasi dan penjelasan," demikian Kata Bupati Muzakkar A Gani.

Seperti diketahui, aset daerah jenis excavator milik Dinas DLHK Bireuen diduga sudah lama digunakan pihak lain dan excavator itu juga pernah disewakan pihak tersebut untuk mendapatkan rupiah yang masuk ke kantong pribadi bukan untuk meningkatkan PAD.

Tetapi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bireuen Drs Murdani mengaku cuma pinjam pakai dan tidak ada sewa menyewa, dan pihaknya akan mempertanyakan kembali batasan pinjam pakai kepada pihak tersebut.

"Kami akan pertanyakan lagi batasan pinjam pakainya, tidak ada sewa menyewa dan pinjam pakai," katanya.

BACA JUGA:

Aset DLHK Bireuen Diduga untuk Menghasilkan Rupiah ke Kantong Pribadi

Sebelumnya persoalan tersebut mendapat kritikan dari aktivis Bireuen Tuih Alkhair, meminta Bupati dan DPRK untuk memperhatikan proses pengelolaan aset tersebut, karena diduga selama ini pengelolaannya masih amburadul.

"Terkait aset daerah masih amburadul, pengelolaannya tidak tertib dan tidak sesuai aturan, ada aset daerah diduga digunakan untuk kepentingan pribadi, ini harus menjadi catatan penting bagi pemerintah agar segera diperbaiki," tegasnya.

Tuih meminta agar pemkab Bireuen melakukan pendataan dan penertiban aset tersebut agar memberikan pendapatan maksimal bagi daerah dan persoalan itu harus segera diselesaikan.

"Ini tidak bisa dibiarkan, karena sudah menyalahi aturan, apalagi jika digunakan untuk kepentingan pribadi yang tidak sama sekali menguntungkan daerah untuk meningkatkan PAD, maka ini harus segera diselesaikan," tegas Tuih.

BACA JUGA:

Diduga Aset Pemkab Bireuen Digunakan Untuk Kepentingan Pribadi, Tuih: Tidak Bisa Dibiarkan

Terkait hal tersebut juga mendapat respon serius dari Ketua Komisi II DPRK Bireuen Munazir Nurdin alias Boh Manok. Ia berharap persoalan itu harus segera diselesaikan dan meminta pemkab Bireuen untuk mendata dan mengevaluasi kembali seluruh aset yang ada.

"Ada baiknya sebelum sampai ke ranah hukum, pemerintah menyelesaikan persoalan tersebut dengan cara lain yang tentunya tidak merugikan daerah, Komisi II akan meminta klarifikasi dari dinas yang bersangkutan," demikian Kata Politisi Partai Aceh tersebut.

BACA JUGA:

DPRK Bireuen akan Minta Klarifikasi Dinas DLHK Terkait Dugaan Aset Disalahgunakan


Penulis: Pimpinan Redaksi Fauzan.


KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Terkait Aset Daerah Diduga Disalahgunakan, Bupati Bireuen: Ini Tidak Dibenarkan Akan Saya Panggil Kadis
Terkait Aset Daerah Diduga Disalahgunakan, Bupati Bireuen: Ini Tidak Dibenarkan Akan Saya Panggil Kadis
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjVg9waK_4sI_sUFSMZtdkVnYS89KvUaR73W5shY97zzVSOgs-CiwwEh0ea2aDnI1MXyB0pp8SWF9qiz7aYHz3Wts2T5xgxJ6s_IPfIHrvF0CvVyKGCgtn4G5ubU2UdxYFD38Y828obBfe5xSxmv7MAbWgK5aW0RUmmHHnKgJrWneYwRUsxUU5lVo7c=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjVg9waK_4sI_sUFSMZtdkVnYS89KvUaR73W5shY97zzVSOgs-CiwwEh0ea2aDnI1MXyB0pp8SWF9qiz7aYHz3Wts2T5xgxJ6s_IPfIHrvF0CvVyKGCgtn4G5ubU2UdxYFD38Y828obBfe5xSxmv7MAbWgK5aW0RUmmHHnKgJrWneYwRUsxUU5lVo7c=s72-c
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/01/terkait-aset-daerah-diduga.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/01/terkait-aset-daerah-diduga.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy