Modus Bimtek, Miliaran Dana Desa di Bireuen Kembali Dikuras

liputaninvestigasi.com - Kabupaten Bireuen kembali diguyur kegiatan Bimtek. Bahkan di akhir tahun ini seluruh desa di Kota Santri tersebut k...


liputaninvestigasi.com - Kabupaten Bireuen kembali diguyur kegiatan Bimtek. Bahkan di akhir tahun ini seluruh desa di Kota Santri tersebut kembali mendapatkan undangan untuk mengikuti pelatihan itu dengan biaya mencapai jutaan rupiah.

Kali ini tak tanggung - tanggung, undangan yang dikirim ke sejumlah Desa di Kabupaten Bireuen itu mencapai dua kegiatan, yaitu kegiatan Bimtek Siskeudes dan Satlinmas. 

BACA JUGA:


Untuk Bimtek Siskeudes setiap desa harus mengeluarkan biaya mencapai Rp6 juta rupiah dan kabarnya hari ini mulai dilaksanakan tahap pertama di Wisma Bireuen yang diikuti Kecamatan Samalanga dan Peusangan.

Sedangkan untuk Bimtek Linmas, jika dilihat dari undangan yang didapati media ini akan digelar hari Sabtu 2 Desember 2023 di Mako Polres Bireuen, setiap Desa diminta biaya sebesar Rp6 juta rupiah.

Dua kegiatan Bimtek itu akan kembali menguras Dana Desa sebanyak Rp12 juta, jika dikali seluruh desa di Kabupaten Bireuen sebanyak 609 desa, maka anggaran dana desa akan kembali dikuras mencapai Rp7,3 miliar lebih hanya untuk pelatihan tersebut.

Padahal sebelumnya, beberapa kegiatan Bimtek yang menghabiskan puluhan miliar dana desa di Bireuen baru saja selesai diadakan, diawali dengan Bimtek Tuha Peut, Keuchik ke Yogyakarta dan Sekdes ke Bandung Jawa Barat serta kegiatan Bimtek lainnya.

BACA JUGA:


Sejumlah Keuchik di Bireuen yang dihubungi media ini membenarkan terkait persoalan Bimtek tersebut, namun anehnya mereka seperti takut bersuara dan enggan menjawab. Bahkan ada yang meminta untuk tidak menulis namanya.

"Benar Bang, ada undangan Bimtek lagi, hana ta ikut hana mungkin," kata salah satu Keuchik yang tidak ingin disebut namanya. Jumat 1 Desember 2023.

"Untuk selanjutnya silahkan ditanya ke Camat karena itu urusan Camat," tambahnya.

BACA JUGA:


Beberapa sumber yang dihimpun media ini merasa heran, karena kegiatan Bimtek itu terus menerus diadakan di Kabupaten Bireuen, sehingga sudah banyak anggaran desa dihabiskan hanya untuk pelatihan. Padahal selama ini tidak tampak secara signifikan dari manfaat Bimtek tersebut.

Selain biaya yang mahal, diduga kegiatan Bimtek selama ini hanya diuntungkan pihak - pihak tertentu. Ada apa dibalik Bimtek?, Benarkah banyak pihak yang terlibat dan menikmati fee dari setiap Bimtek tersebut?, wassalam.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Modus Bimtek, Miliaran Dana Desa di Bireuen Kembali Dikuras
Modus Bimtek, Miliaran Dana Desa di Bireuen Kembali Dikuras
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg96qm0erAtu2YjT7-M6x3tiP3opDNNMafx9SJ3hUTS9xS3of_TmQDL3W-VoqGjIOxq-LHVggdhZJ_XOCRBT-gYqtCJf7TuNcsIrIk-hqJBNWYNNHLeeOgP0ImJo6gpFMK5Dcf-E_X6FC3Z95qjMavSRTtQK5XDENLqM7Yq3JGmWZfONvnfOM2SOeZX5hY/s320/Screenshot_20231202_034955_Samsung%20Notes.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg96qm0erAtu2YjT7-M6x3tiP3opDNNMafx9SJ3hUTS9xS3of_TmQDL3W-VoqGjIOxq-LHVggdhZJ_XOCRBT-gYqtCJf7TuNcsIrIk-hqJBNWYNNHLeeOgP0ImJo6gpFMK5Dcf-E_X6FC3Z95qjMavSRTtQK5XDENLqM7Yq3JGmWZfONvnfOM2SOeZX5hY/s72-c/Screenshot_20231202_034955_Samsung%20Notes.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/12/modus-bimtek-miliaran-dana-desa-di.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/12/modus-bimtek-miliaran-dana-desa-di.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy