Maraknya Galian C di Bireuen, YARA Minta Pemerintah dan APH Bertindak

liputaninvestigasi.com - Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Kabupaten Bireuen, Muhammad Zubir, SH. MH, CPCLE, CPM mendesa...


liputaninvestigasi.com - Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Kabupaten Bireuen, Muhammad Zubir, SH. MH, CPCLE, CPM mendesak kepolisian dan pemerintah setempat untuk menertibkan praktek Galian C ilegal di Kabupaten Bireuen.

"Baru - baru ini viral dengan adanya berita dugaan pengambilan batu ilegal oleh salah satu pengusaha sukses di Kabupaten Bireuen, ini harus diusut," kata Zubir, Senin 29 Mei 2023.

Tak hanya itu, Zubir menduga hampir semua galian yang beroperasi di daerah yang dijuluki Kota Santri tanpa mengantongi izin. Praktek ini dilakukan ilegal, tidak ada penghasilan untuk daerah, negara dan juga merusak lingkungan.

"Kita minta penegak hukum dan pemerintah untuk bertindak dan melakukan penertiban, jika terbukti ilegal harus diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku," tegas Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Kabupaten Bireuen, Muhammad Zubir, SH. MH, CPCLE, CPM.

BACA JUGA:

Seperti diketahui, baru-baru ini publik dihebohkan dengan kegiatan fisik dibawah jembatan Peudada Kabupaten Bireuen selain tidak ada papan informasi alias siluman, diduga proyek itu menggunakan Galian C Ilegal.

Hal itu sesuai dengan peryataan Keuchik Abdul Wahidin kepada media ini sebelumnya, ia mengaku ada pengambilan batu gajah di Desa Paku Kecamatan Simpang Mamplam oleh salah satu pengusaha sukses H Mukhlis Takabeya di tanahnya sendiri.

"Betoi na, cuma goknyan geucok bak lampoh droe geuh, (benar ada, cuma beliau alias Mukhlis mengambil batu di tanahnya sendiri," katanya. Sabtu 27 Mei 2023.

Saat ditanya lebih lanjut, apakah ada izin dari Gampong terhadap pengambil batu gajah tersebut?, Keuchik mengaku tidak ada izin. "Untuk ambil batu kami tidak mengeluarkan izin dan kami juga tidak bisa mengeluarkan izin bukan wewenang kami," ungkapnya.

Disinggung apakah ada kontribusi H Mukhlis Takabeya terhadap Gampong karena telah mengambil batu di daerahnya, Keuchik mengaku tidak ada sama sekali, baik untuknya maupun untuk desa.

"Hana, hai atra hana kiban tapegah na, dan menyangkut bate nyan hana basa basi, hana musyawarah dan lon sama sekali hana lon tupu (tidak ada bagaimana dibilang ada, dan menyangkut pengambilan batu saya tidak mengetahui dan musyawarah pun tidak ada)," pintanya.

BACA JUGA:

Namun terkait persoalan tersebut hingga kini pengusaha kaya raya itu H Mukhlis Takabeya masih bungkam dan membisu, konfirmasi kedua yang dilakukan oleh tim media liputaninvestigasi melalui pesan whatsapp hingga kini tidak ada balasan hingga berita ini kembali ditayangkan.


Penulis: Pimpinan Redaksi Fauzan.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Maraknya Galian C di Bireuen, YARA Minta Pemerintah dan APH Bertindak
Maraknya Galian C di Bireuen, YARA Minta Pemerintah dan APH Bertindak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv6aQW6xxorV3Al5LqZmZjfjC2sFnmpigsVSO4p3pChd4YlNsfuR4LFN8vhPpk9vnq9mR-l-SqkJCMxIwLItUassUgGQVePQHI1p2Ta4Wl4VjVdEoWrBAbZW2unEjqCv_VcOM5SCrPIymGJQvrrgsge9Z14thWltkXgHPxquib2jPedvEzeUng-NIP/s320/IMG_20230529_155318.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv6aQW6xxorV3Al5LqZmZjfjC2sFnmpigsVSO4p3pChd4YlNsfuR4LFN8vhPpk9vnq9mR-l-SqkJCMxIwLItUassUgGQVePQHI1p2Ta4Wl4VjVdEoWrBAbZW2unEjqCv_VcOM5SCrPIymGJQvrrgsge9Z14thWltkXgHPxquib2jPedvEzeUng-NIP/s72-c/IMG_20230529_155318.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/05/terkait-dugaan-galian-c-ilegal-h.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/05/terkait-dugaan-galian-c-ilegal-h.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy