Curi Start Kampanye, Baliho Caleg Menjamur di Bireuen

Bireuen/liputaninvestigasi.com - Banyak bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari Parlok hingga parnas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024...


Bireuen/liputaninvestigasi.com - Banyak bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari Parlok hingga parnas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Bireuen mencuri start Konpanye dengan menebar baliho. Tidak cukup dengan gambar diri dan logo partai politik, sejumlah Bacaleg juga menyisipkan nomor urut pencalonan. 

Menurut pantauan media ini, baliho tersebut bukan hanya terpasang di desa-desa akan tetapi baliho Kampanye juga terpasang di beberapa titik papan reklame pusat kota Bireuen, Peusangan, Kutablang, dan geurugok. Padahal belum diperkenankan untuk Konpanye karena Daftar Calon Tetap (DCT) belum dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).  

Ketua KIP Bireuen Saiful Hadi menyebutkan, masa Konpanye belum masuk, karena KIP belum menetapkan DCT, mereka Bacaleg belum menjadi Caleg. Wewenangnya belum di KIP. 

"Hasil dari koordinasi dengan Panwas sudah menyurati partai dan juga Pemda, untuk kepastian coba hubungi Panwas," kata Saiful Hadi.

Sementara Ketua Bawaslu Bireuen Rahmat saat ditemui diruang kerjanya, Kamis 12 Oktober 2023, dirinya mengatakan jauh-jauh hari sudah menyurati Pemkab Bireuen dan partai politik untuk penertiban baliho yang mencuri start kampanye.

"Bawaslu Kabupaten Bireuen sudah jauh hari kami sampaikan kepada partai politik dalam bentuk imbauan bahwa tidak terlebih dahulu mencari start kampanye," pintanya.

Ia mengakui bahwa dilapangan sudah banyak terlihat baliho yang sudah terpasang dan sudah menyerupai alat peraga kampanye, adanya ajakan untuk memilih salah satu calon disertai nomor urut. Padahal saat ini masih tahap sosialisasi, hanya memperkenalkan diri tanpa ada ajakan untuk meminta dan memilih calon tersebut.

"Kami di sini selaku pengawas sudah bertindak secara administrasi menyurati pihak partai politik, kami juga sudah menyurati pihak Pemkab Bireuen meminta bupati melalui dinas terkait untuk menertibkan baliho tersebut," katanya

Rahmat berharap kepada semua pihak partai politik, agar sama-sama menjaga dan tidak menngambil start kampanye terlebih dahulu.

"Mari kita saling menjaga sesama dan tidak mendahului, tapi tunggulah waktunya untuk kampanye," demikian pinta Ketua Bawaslu Bireuen Rahmat. (Nadar)

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Curi Start Kampanye, Baliho Caleg Menjamur di Bireuen
Curi Start Kampanye, Baliho Caleg Menjamur di Bireuen
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkYsO2tDGj8E0z6xuyaZbY5iQMwrUtuH9DkJ04-FQ1DGr6AY8JL_d7ar2RfIX_hU8l2TYmZsWf_Et7RgT96gFzy9xVZxC37b2Hf2H2ESWr3xBi35P-iN0JR8GC5sgSwnBJSiBzYJvuraRDbB7_o9shfzS_Y1EjEwiOPNQtIg5uMaGcZ_swQhD_eVo7Lhs/s320/IMG-20231012-WA0064.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkYsO2tDGj8E0z6xuyaZbY5iQMwrUtuH9DkJ04-FQ1DGr6AY8JL_d7ar2RfIX_hU8l2TYmZsWf_Et7RgT96gFzy9xVZxC37b2Hf2H2ESWr3xBi35P-iN0JR8GC5sgSwnBJSiBzYJvuraRDbB7_o9shfzS_Y1EjEwiOPNQtIg5uMaGcZ_swQhD_eVo7Lhs/s72-c/IMG-20231012-WA0064.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/10/curi-start-kampanye-baliho-caleg.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/10/curi-start-kampanye-baliho-caleg.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy