4 Sektor Pendorong Ekonomi Aceh Harus Didukung oleh Kondisi Lingkungan Hidup yang Baik, Sehat dan Lestari

Banda Aceh/liputaninvestigasi.com - Upaya bersama dalam mengembangkan ekonomi dan perencanaan wilayah tentunya menjadi sangat penting di er...

Banda Aceh/liputaninvestigasi.com - Upaya bersama dalam mengembangkan ekonomi dan perencanaan wilayah tentunya menjadi sangat penting di era otonomi saat ini. Seiring berjalannya waktu, perkembangan globalisasi serta adanya kesenjangan antata pusat dan daerah membuat persaingan antar wilayah menjadi sangat pesat dan memacu daerah-daerah untuk meningkatkan keunggulan serta daya saing wilayahnya agar dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakatnya. Jumat 15 September 2023.

Rangkaian upaya serta penyusunan berbagai regulasi atau kebijakan guna untuk memperluas nilai kehidupan dalam masyarakat, membuat lapangan pekerjaan, pemerataan suatu penghasilan masyarakat, memajukan kaitan antar ekonomi daerah serta mengalihkan suatu kegiatan perekonomian dari perekonomian utama menjadi sekunder dan tersier, kita memahami itulah yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi, dimana arah dari pembangunan ekonomi yang diinginkan adalah bagaimana cara kita mengelola suatu daerah agar penghasilan masyarakatnya bertambah, diikuti bersama peningkatan kesejahteraan dengan suatu pemerataan yang sebaik mungkin. 

Kepala Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh, Achris Sarwani beberapa waktu lalu kepada Media menyebutkan bahwa ada 4 (empat) sektor usaha yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Aceh pada tahun 2023 ini, yakni pada sektor pertanian, pariwisata, pertambangan, dan industri pengolahan. "Keempat sektor usaha ini akan mendorong ekonomi Aceh ke depan, sehingga ekonomi akan tumbuh lebih berkualitas," katanya. 

Ia menjelaskan untuk sektor pertanian dan pariwisata merupakan sektor prioritas yang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah untuk memitigasi risiko penahanan kinerja pada lapangan usaha tersebut. Selanjutnya, menurut dia, untuk sektor usaha pertambangan dan usaha industri pengolahan merupakan sektor potensial yang harus terus ditingkatkan secara lebih.

Namun demikian, pengembangan ke empat sektor tersebut akan sulit tercapai apabila kondisi lingkungan hidup di Aceh buruk, tidak sehat dan tidak lestari, kata pengamat/pemerhati lingkungan Aceh yang juga Dosen Prodi Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekkah (USM), TM Zulfikar. 

“Bayangkan bagaimana mungkin kita mendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor pertanian, pariwisata, pertambangan dan perindustrian tersebut apabila kondisi lingkungan yang buruk dan tidak sehat tersebut dibiarkan berlarut-larut. Kerusakan hutan masih terus terjadi, banjir sudah menjadi langganan bukan cuma tahunan tetapi sudah bulanan, lalu krisis air juga sudah mulai dirasakan. Bahkan kerusakan lingkungan bukan cuma terjadi di darat dan di dataran tinggi (bagian hulu) , melainkan juga di wilayah pesisir dan kelautan kita yang seharusnya perlu penanganan segera”, tegasnya. 

Saat ini saja kondisi hutan dan lingkungan kita belum baik, dimana kerusakan hutan dan lahan masih saja terjadi hampir di seluruh wilayah ekosistem yang ada di Aceh. Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) yang berisi hampir separuh luas wilayah Aceh contohnya, sampai saat ini saja belum ada jaminan bagaimana upaya kelola yang seharusnya dilakukan, padahal Undang-Undang Pemerintahan Aceh (UUPA) No. 11 Tahun 2006, khususnya pada Pasal 150 ayat (1) telah menegaskan bahwa Pemerintah telah menugaskan Pemerintah Aceh untuk melakukan pengelolaan Kawasan ekosistem leuser di wilayah Aceh dalam bentuk perlindungan, pengamanan, pelestarian, pemulihan fungsi kawasan dan pemanfaatan secara lestari. 

"Menurut saya Pemerintah Aceh masih abai akan hal ini, buktinya dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Aceh Tahun 2013-2033 saja hal ini yang begitu urgent bagi Pembangunan Aceh tidak diakomodir. Oleh karena itu dalam pelaksanaan revisi atau penyusunan baru dokumen RTRW Aceh yang sedang digodok saat ini oleh eksekutif dan legislatif Aceh harus diakomodir menjadi bagian penting dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Aceh, termasuk juga wilayah ekosistem penting lainnya di Aceh," ujar TM Zulfikar.     

Kembali kepada pengembangan ke empat sektor diatas, pada sektor usaha pertanian saat ini perlu diperhatikan bagaimana pemerintah memastikan kondisi ketersediaan sumber air ditengah kondisi iklim yang tidak menentu. Irigasi yang benar-benar berfungsi secara baik misalnya, ini perlu diperhatikan. 

"Banyak irigasi, waduk dan embung justru kering di saat musim kemarau dan terkesan surplus dimana-mana, dan mirisnya dihantam banjir saat musim hujan, dan hal ini sangat menggangu ketahanan pangan kita nantinya," tegas TM Zulfikar yang juga Koordinator Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) Aceh dan Direktur Eksekutif WALHI Aceh Tahun 2010-2013.

Lalu pada sektor pariwisata, banyak sekali lokasi-lokasi di Aceh yang dapat dikembangkan sebagai ekowisata, namun banyak kondisi dilapangan justru tidak mendukung dari sisi fasilitas, kebersihan dan berbagai sarana pendukung lainnya, padahal kita memiliki dinas pariwisata yang memiliki tugas dan fungsi yang melekat.

Pada sektor pertambangan di Aceh juga masih banyak yang harus diperhatikan, terutama pada sisi tata kelola pertambangan. Tata kelola tambang di Aceh juga masih belum baik, protes dari masyarakat karena kerusakan lingkungan akibat tambang masih sangat tinggi, begitu juga konflik antara masyarakat dengan perusahan juga kerap terjadi.

Begitu juga dengan sektor industri pengolahan, apa yang mau kita olah? Sawit saja bahan bakunya banyak diproduksi di Aceh, tapi di olahnya di luar Aceh, begitu juga dengan berbagai bahan baku di sektor lainnya seperti perikanan, perkebunan kecil, peternakan, dan berbagai industri lainya. Tidak usah jauh-jauh, telur dan ayam saja kita masih minim produksi, dan bahkan lebih banyak dikirim ke Aceh melalui Medan atau kota-kota di luar Aceh lainnya.

Oleh karena itu kita berharap Pemerintah Aceh dapat segera merevitalisasi kembali pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di Aceh untuk berbagai sektor tersebut, dengan tetap memastikan kelestarian fungsi lingkungan di berbagai wilayah yang ada. "Biar bagaimanapun iklim investasi yang baik perlu didukung oleh situasi dan kondisi iklim lingkungan hidup yang baik, sehat dan lestari," pungkas TM Zulfikar.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: 4 Sektor Pendorong Ekonomi Aceh Harus Didukung oleh Kondisi Lingkungan Hidup yang Baik, Sehat dan Lestari
4 Sektor Pendorong Ekonomi Aceh Harus Didukung oleh Kondisi Lingkungan Hidup yang Baik, Sehat dan Lestari
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgPkBBJn61cY3GfkV2u0CAS10Gaij74SJ_vF-ElD8ESjhPljobcWZYdc8rv4v8osYGI9AL21n3svmL5A6CvCyxbm6xTscZDdLDDZO-YQ6bEev6nMynf1sQiu6_BT1AbpPUErZJ2Zte66ttxbwMtjx8EcbUNxS3AroPQmK7llJ2n0xx9RrgTtUQeHokSBo/s320/IMG-20230915-WA0088.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgPkBBJn61cY3GfkV2u0CAS10Gaij74SJ_vF-ElD8ESjhPljobcWZYdc8rv4v8osYGI9AL21n3svmL5A6CvCyxbm6xTscZDdLDDZO-YQ6bEev6nMynf1sQiu6_BT1AbpPUErZJ2Zte66ttxbwMtjx8EcbUNxS3AroPQmK7llJ2n0xx9RrgTtUQeHokSBo/s72-c/IMG-20230915-WA0088.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/09/4-sektor-pendorong-ekonomi-aceh-harus.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/09/4-sektor-pendorong-ekonomi-aceh-harus.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy