Aktivis HAM Desak Kapolri Proses Oknum Aparat Ancam Tembak Warga Krueng Keureuto

liputaninvestigasi.com - Aktivis HAM Aceh, Ronny H, mendesak Kapolri dan Kapolda Aceh, segera memproses oknum aparat keamanan yang diduga me...


liputaninvestigasi.com - Aktivis HAM Aceh, Ronny H, mendesak Kapolri dan Kapolda Aceh, segera memproses oknum aparat keamanan yang diduga melakukan pengancaman penembakan terhadap sejumlah warga yang menuntut ganti rugi lahan terdampak pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Waduk Krueng Keureuto di Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara. 

"Kami minta pihak berwajib menyelidiki kebenaran kasus yang mengejutkan dalam video tersebut, dan mendesak pak Kapolri dan Kapolda Aceh menindaknya secara terbuka," kata Ronny, Jumat 7 April 2023.

Menurut Ronny, cara - cara aparat menghadapi masyarakat seperti yang diperlihatkan dalam video yang beredar tersebut sangatlah tidak pantas dan tidak relevan, karena mempertontonkan sikap arogan dan represif di saat institusi kepolisian saat ini sedang gencar memperbaiki citra baiknya di mata masyarakat.

"Kami tahu persoalan yang dihadapi sangat rumit, dan itu sudah berlangsung lama, saya dulu juga pernah ikut serta bersama YARA Aceh mengadvokasi mereka, kasus itu sudah bertahun - tahun belum tuntas, tapi seharusnya aparat tidak bersikap demikian, apalagi berani secara terbuka mengancam menembak rakyat, itu jelas pelanggaran hak asasi manusia, yang jelas juga telah merusak suasana ramadhan," ujar putera Idi Rayeuk tersebut.

Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Provinsi Aceh itu juga menegaskan drama ancaman kekerasan aparat terhadap sipil seperti itu harus dihapuskan secara total di Aceh demi menjaga kestabilan keamanan di bumi serambi Mekkah itu.

"Rakyat Aceh mesti kompak menentang segala bentuk ancaman kekerasan fisik mau pun non fisik secara melanggar hukum seperti itu, yang jelas itu mengancam demokrasi dan hak asasi manusia, siapa pun tidak berhak melakukannya, apakah ia sipil maupun aparat keamanan," ujar Ronny.

Meskipun demikian ia sangat bersyukur hal yang tidak diinginkan tidak sempat terjadi, setelah cekcok antara aparat dengan warga tersebut langsung dilerai oleh aparat lainnya.

"Jika diperhatikan dalam video itu, hanya satu oknum yang berulah demikian, dan seharusnya oknum seperti itu tidak ditempatkan di front depan untuk menghadapi masyarakat, apalagi itu persoalannya ribet, tingkat kerawanan dan kesalahpahaman pasti tinggi," cetus Ronny.

Dia berharap insiden itu bisa secepatnya diselesaikan dengan baik dan berbuah keadilan bagi masyarakat tersebut. Dia juga berharap masyarakat bisa bersabar dan tidak terpancing provokasi pihak - pihak tak bertanggungjawab.

"Kami berharap persoalan ini bisa segera diatasi dengan baik, tidak berbuntut panjang, apalagi ini bulan ramadhan, semoga kemarahan masyarakat bisa segera mereda, tentunya dengan ditegakkannya keadilan sesuai harapan rakyat," pungkas alumni Universitas Ekasakti itu menutup keterangannya.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Aktivis HAM Desak Kapolri Proses Oknum Aparat Ancam Tembak Warga Krueng Keureuto
Aktivis HAM Desak Kapolri Proses Oknum Aparat Ancam Tembak Warga Krueng Keureuto
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhM1pMsxoFtcnPntoMze0NG7ogpwKseoTKph5xizPqInieRQQCt_RTC_OUqZEBMlRhAUAz2Uh6YnuYYBBtVh916gjfXEQynI4b6W58PYvbQHtUUIEUE3uabgBvIO5qwThf6zASWXafmjA1H_u8S1-KoBa2j63zAizF9shaW29BS-PPZlnncoh375l9N/s1600/images%20(9)%20(28).jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhM1pMsxoFtcnPntoMze0NG7ogpwKseoTKph5xizPqInieRQQCt_RTC_OUqZEBMlRhAUAz2Uh6YnuYYBBtVh916gjfXEQynI4b6W58PYvbQHtUUIEUE3uabgBvIO5qwThf6zASWXafmjA1H_u8S1-KoBa2j63zAizF9shaW29BS-PPZlnncoh375l9N/s72-c/images%20(9)%20(28).jpeg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/04/aktivis-ham-desak-kapolri-proses-oknum.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/04/aktivis-ham-desak-kapolri-proses-oknum.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy