Ini 5 Rekomendasi Dewan Sengketa Indonesia pada Kegiatan Indonesia Dispute Board Forum 2023 di USK Banda Aceh

liputaninvestigasi.com - Dewan Sengketa Indonesia (DSI) mengadakan Indonesia Dispute Board Forum. Acara tersebut diadakan di Gedung AAC Daya...


liputaninvestigasi.com - Dewan Sengketa Indonesia (DSI) mengadakan Indonesia Dispute Board Forum. Acara tersebut diadakan di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Siyah Kuala (USK) Darussalam Banda Aceh dari 3 hingga 5 Maret 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Dewan Sengketa Indonesia (DSI), Sabela Gayo, S.H.,M.H.,Ph.D.,CPL.,CPCLE.,ACIArb.,CPM.,CPrM.,CPT kepada media ini, Sabtu 4 Maret 2023.

Sabela menjelaskan, pasca pelantikan Dewan Sengketa Indonesia (DSI) pada hari Kamis, 29 Juli 2021 yang lalu via Platform Zoom, maka pada tanggal 3- 5 Maret 2023, Dewan Sengketa Indonesia (DSI) kembali menyelenggarakan Indonesia Dispute Board Forum 2023 yang ke-2 di Academic Activity Center (AAC) Dayan Dawood Komplek Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. 

Indonesia Dispute Board Forum 2023 tersebut dilaksanakan secara offline (tatap muka) langsung antara para pemateri maupun peserta. Kegiatan Indonesia Dispute Board Forum 2023 adalah kegiatan ke-2 yang dihadiri oleh 350 peserta dari berbagai Kabupaten/Kota di Aceh. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendiskusikan berbagai isu mengenai penguatan kelembagan dan layanan Dewan Sengketa Indonesia (DSI). Dan diharapkan Program Kerja tersebut dapat ditingkatkan di tahun – tahun berikutnya dengan adanya beberapa evaluasi di setiap tahun pelaksanaannya.   

Sejumlah program kerja dari masing – masing bidang sudah dipaparkan oleh masing-masing Wakil Ketua Umum secara baik dan beberapa program kerja seperti kajian/riset, sosialisasi, workshop, seminar, webinar online, pendidikan dan pelatihan akan menjadi domininasi program kerja di masing – masing bidang yang ada di Dewan Sengketa Indonesia (DSI).

Dewan Sengketa Indonesia (DSI) berkomitmen untuk menjadi lembaga pemutus atau penengah dalam penyelesaian sengketa di Indonesia yang mengedepankan independensi, imparsilitas, kompetensi, integritas dan profesonalitas sumber daya manusianya. Dengan komitmen tersebut maka Dewan Sengketa Indonesia (DSI) telah menerjemahkannya ke dalam berbagai program kerja yang dapat mendorong percepatan terwujudnya komitmen Dewan Sengketa Indonesia (DSI) tersebut.

Indonesia Dispute Board Forum 2023 yang telah diselenggarakan di Academic Activity Center (AAC) Dayan Dawood Komplek Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh menghasilkan beberapa rekomendasi yaitu:

1. Meminta kepada Presiden Republik Indonesia untuk menandatangani International Singapore Convention on Mediation.

2. Meluncurkan program pelatihan dan sertifikasi Asean mediator/Asean ajudikator/Asean konsiliator/Asean arbiter/Asean praktisi dewan sengketa.

3. Meminta Presiden Republik Indonesia dan Ketua DPR RI menyusun dan mengesahkan Undang - Undang mediasi.

4. Membentuk Tim Pokja penyusunan Indonesia International convention on economic sharia mediation.

5. Membentuk Tim Pokja penyusunan Indonesia International convention on customary mediation.

Sabela Gayo, S.H., M.H., selaku Presiden Dewan Sengketa Indonesia (DSI) mendorong terwujudnya sistem Alternatif Penyelesaian Sengketa (APS) yang benar – benar mapan, independen, imparsial, kompeten, profesional dan berintegritas. 

Karena menurutnya, salah satu keuntungan bagi para pihak dalam menggunakan instrumen Dewan Sengketa Indonesia (DSI) sebagai lembaga yang memfasilitasi penyelesaian sengketa yang sedang dihadapi oleh para pihak adalah para pihak akan difasilitasi oleh Mediator / Konsiliator / Ajudikator / Arbiter yang benar – benar Independen, Imparsial, Kompeten, Profesional dan Berintegritas. 

"Itu adalah komitmen dan cita – cita yang ingin dicapai oleh Dewan Sengketa Indonesia (DSI)," katanya.

Tambahnya, Dewan Sengketa Indonesia (DSI) juga berharap melalui Pelaksanaan Indonesia Dispute Board Forum ke-2 ini dapat mengakomodir kepentingan para Mediator / Konsiliator / Ajudikator / Arbiter yang bernaung di Dewan Sengketa Indonesia (DSI) agar dapat memberikan pelayanan hukum terbaiknya ketika para pihak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa melalui Dewan Sengketa Indonesia (DSI). 

Indonesia Dispute Board Forum pada tahun 2023 ini akan mengusung tema “Restorative Justice: dari Pengalaman Aceh untuk Indonesia”

"Semoga dengan telah terlaksananya Indonesia Dispute Board Forum 2023 ke-2 Dewan Sengketa Indonesia (DSI) dapat semakin berkontribusi dalam mendorong penguatan penggunaan instumen Dewan Sengketa (Dispute Board) di semua sektor kehidupan hukum masyarakat Indonesia," demikian kata Sabela Gayo.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Ini 5 Rekomendasi Dewan Sengketa Indonesia pada Kegiatan Indonesia Dispute Board Forum 2023 di USK Banda Aceh
Ini 5 Rekomendasi Dewan Sengketa Indonesia pada Kegiatan Indonesia Dispute Board Forum 2023 di USK Banda Aceh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1mO9UCslEAYzxu2DG3poEypsAz5E3gyvvEqCiLAh1GhoIFWGponPIc8v40PF3vuya-AVQfSgKsrZv1jM2LRL8pwHDIEk0mVI2NgasNayR422X_Gb8quHbWr6seUNXCsvTrTgUss2mqWabh3tu1O1gOvFbW1xLX4HTqN9g5PsVGCoaAW4_r0X1GSIL/s320/IMG-20230304-WA0034.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1mO9UCslEAYzxu2DG3poEypsAz5E3gyvvEqCiLAh1GhoIFWGponPIc8v40PF3vuya-AVQfSgKsrZv1jM2LRL8pwHDIEk0mVI2NgasNayR422X_Gb8quHbWr6seUNXCsvTrTgUss2mqWabh3tu1O1gOvFbW1xLX4HTqN9g5PsVGCoaAW4_r0X1GSIL/s72-c/IMG-20230304-WA0034.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/03/ini-5-rekomendasi-dewan-sengketa.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/03/ini-5-rekomendasi-dewan-sengketa.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy