Apel Siaga Setahun Jelang Pemilu, Panwaslih Aceh Selatan Presentasi Kesiapan Pemilu

Tapaktuan/liputaninvestigasi.com - Bawaslu/Panwaslih Aceh Selatan menggelar kegiatan Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024. Kegiat...

Tapaktuan/liputaninvestigasi.com - Bawaslu/Panwaslih Aceh Selatan menggelar kegiatan Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024. Kegiatan secara serentak yang diikuti oleh seluruh jajaran Bawaslu se Indonesia, sekaligus menpresentasi kesiapan pemilu, berlangsung di Halaman Kantor-Sekretariat Panwaslih Aceh Selatan, Selasa (14/2/2023).

Koordinator Divisi Penanganan, Pencegahan dan Penyelesaian Sengketa (P3S) juga selaku yang pimpin apel siaga pengawasan tersebut, Azhari menyampaikan Bawaslu dalam melakukan pengawasan telah menyusun pedoman dan alat kerja pengawasan yang menjadi acuan kerja pengawas pemilu di setiap tingkatan dari level desa hingga nasional sebagai pedoman dalam melakukan tindakan pengawasan pendaftaran pemilih. 

"Langkah tahapan terus dilakukan oleh dari berbagai aspek untuk pengawasan yang berkualitas dan dalam rangka melakukan pencegahan segala pelanggaran penyelenggaraan pemilu serta semakin mematangkan ldalam mengoptimalkan pengawasan dari berbagai aspek," ujarnya.

Azhari menyatakan berbagai aspek yang dilakukan merupakan ikhtiar upaya menjaga kualitas demokrasi melalui Pemilu dapat berjalan dengan Luber dan Jurdil, sebagaimana diamanahkan Undang-Undang sebagai lembaga The Guardian of Democracy'. Dari aspek pengawasan, perlu melakukan tindakan pengawasan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan setiap tahapan pemilu. 

Dari aspek pencegahan, perlu melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisasi munculnya pelanggaran pemilu. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah pelanggaran pemilu sejak dari “hulu”.Dalam rangka optimalisasi tindakan pencegahan, membangun sistem laporan hasil pencegahan yang tersinkronisasi di setiap tingkatan baik dari Bawaslu, Bawaslu/Panwaslih Provinsi, hingga Panwaslih Kabupaten/Kota.

Selanjutnya, aspek hubungan antar lembaga, Bawaslu terus menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaran pemilu. Kita menyadari dalam pengawasan pemilu tidak dapat dilakukan sendiri, perlu menuangkan kerjasama antar pihak dalam bentuk nota kesepahaman maupun perjanjian untuk mengoptimalkan pengawasan pemilu dan mewujudkan pemilu yang berintegritas. 

Dari aspek partisipasi masyarakat, terus mendorong keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu. Masyarakat pemilik suara sekaligus penerima manfaat terbesar terwujudnya pemilu yang berintegritas.Diharapkan dapat menghasilkan pemimpin dan pemerintahan yang mampu menciptakan kebijakan publik yang memberikan kebermanfaatan luas.

Azhari menambahkan dari aspek hubungan masyarakat, Bawaslu semakin menyebarluaskan agenda, pelaksanaan, dan hasil pengawasan pemilu kepada masyarakat melalui saluran distribusi informasi yang tepat, cepat, berkualitas, dan mudah dimengerti. 

Diharapkan meningkatkan citra lembaga dan kesadaran politik masyarakat. Berbagai aspek kesiapan itu merupakan hal-hal yang perlu mendapatkan dukungan dari berbagai elemen, baik itu dukungan dari Pemerintah, DPR, Penyelenggara Pemilu KPU dan DKPP, lembaga tinggi negara, lembaga-lembaga negara, Ormas, unsur masyarakat sipil, dan stakeholder lainnya sebagai pendukung suksesnya gelaran pemilu.

Azhari menyebut Bawaslu menyelenggarakan kegiatan Siaga Pengawasan yang dilaksanakan tepat satu tahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024. Tujuan penguatan pengawas pemilu, penguatan dan sinergitas aspek pencegahan, pengawasan dan hubungan antar lembaga, partisipasi masyrakat dan  hubungan masyarakat.

Berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan skeholder terkait demi menyonsong pemilu yang jujur dan adil,bebas, rahasia dan berintegritas.Mari kita awasi pemilu serentak 2024. 

"Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024” Panwaslih Aceh Selatan melaksanakan Giat siaga pengawasan,  yang dipimpin oleh Koordinator Divisi P3S Azhari, serta diikuti oleh jajaran Internal Panwaslih Aceh Selatan, Ketua Panwascam dan Kepala Sekretariat Panwascam se Kabupaten Aceh Selatan, Perwakilan Kader SKPP serta perwakilan unsur Pers," pintanya.||NB

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Apel Siaga Setahun Jelang Pemilu, Panwaslih Aceh Selatan Presentasi Kesiapan Pemilu
Apel Siaga Setahun Jelang Pemilu, Panwaslih Aceh Selatan Presentasi Kesiapan Pemilu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEga8_uyer_NN2Jdaa0s5KM9QEoBvgCL03GOZK8PA5z6JO9Oq2JQqxIGzXoJjoEYBV_H-UEFTGugK57r-Ua4sJfV9z6_lXa1wexfmqpbu63NXLnKFgwSw5xXpsNMazIDIcOOQr4dnEea_CFiIxsxwf-hsIoKT6OcFfL1CZphuokOTKlcqrON_AVpoA7c/s320/IMG-20230215-WA0043.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEga8_uyer_NN2Jdaa0s5KM9QEoBvgCL03GOZK8PA5z6JO9Oq2JQqxIGzXoJjoEYBV_H-UEFTGugK57r-Ua4sJfV9z6_lXa1wexfmqpbu63NXLnKFgwSw5xXpsNMazIDIcOOQr4dnEea_CFiIxsxwf-hsIoKT6OcFfL1CZphuokOTKlcqrON_AVpoA7c/s72-c/IMG-20230215-WA0043.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/02/apel-siaga-setahun-jelang-pemilu.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/02/apel-siaga-setahun-jelang-pemilu.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy