Digugat Seniman Aceh, Penerbit Erlangga Tawarkan Uang Damai Rp15 Juta untuk Zul MS

liputaninvestigasi.com - Penerbit Erlangga yang digugat oleh seniman nasional Zul MS menawarkan uang damai sebesar Rp15 juta kepada Zul MS s...


liputaninvestigasi.com - Penerbit Erlangga yang digugat oleh seniman nasional Zul MS menawarkan uang damai sebesar Rp15 juta kepada Zul MS sebagai ganti rugi atas rusaknya lukisan Zul MS. Tawaran ini disampaikan secara tertulis dalam proses mediasi Hari ini, Senin 9 Januari 2023. 

Tawaran ini menjawab gugatan Zul MS yang menuntut ganti rugi materiill dan inmateriil sebesar Rp5,2 milyar. Padahal Zul MS adalah korban perlakuan semena-mena perusahaan itu sehingga dirinya merasa dilecehkan dan lukisannya dikirim dalam keadaan rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

Kuasa hukum Zul MS, advokat Nourman menilai tawaran ini semakin membuktikan penerbit Erlangga tidak menghargai hak cipta dan tidak menghargai seniman Indonesia. 
 
"Saya tersinggung dengan tawaran penerbit Erlangga. Sepertinya bukan hanya saya, tapi seniman Indonesia yang berjuang berkarya dan berhak mendapatkan pengakuan karya ciptanya juga tersinggung mendengar tawaran ini," kata Nourman kecewa. 

Ia menceritakan bahwa lukisan karya cipta kliennya pernah ditawar dengan nilai besar namun gagal dijual karena penerbit erlangga tidak bersedia mengembalikan dan tetap menguasainya secara tanpa hak. Zul MS kehilangan hak ekonomis sebagaimana diatur dalam UU Hak Cipta. 

"Jujur saja, sejak awal mereka kuasai tanpa hak lukisan klien kami, hingga perlakuan terhadap karya lukis, dan akhirnya sampai proses mediasi, mereka (penerbit Erlangga) tidak care terhadap karya seni. Tidak menghargai hal cipta. Saya kecewa sekali," katanya.

Nourman beranalogi, jumlah lima belas juta yang mereka tawarkan adalah biaya belanja habis pakai, harga tiket Jakarta Banda Aceh untuk dua orang sekali jalan atau sekedar tutup mulut orang miskin yang tidak ada pilihan lain.

"Apakah Erlangga menganggap seniman adalah profesi tidak berharga yang menggantungkan peruntungan dengan kegiatan mengikuti Painting Festival Erlangga? Karya lukis klien kami bukan disiapkan untuk festival painting Erlangga 2022, tapi hasil karya Sejak 2018. Itu karya profesional. Hasil intuisi bukan grosir," tegasnya.

"Penerbit erlangga harusnya menunjukkan kelasnya sebagai perusahaan bonafit dan layak menjadi rujukan bagi dunia pendidikan dan seni  budaya. Mereka harus tunjukkan penghargaan kepada masyarakat seni,"  tambah Nourman. 

Mediasi yang digelar hari ini adalah mediasi terakhir dengan menawarkan tawaran dari kedua belah pihak. Namun Nourman menilai, tawaran Erlangga adalah penghinaan selanjutnya yang harus disikapi dengan melanjutkan gugatan.

Untuk diketahui, Zul MS adalah seniman nasional yang kerap membuat pameran tunggal dan bahkan diundang untuk tampil di Eropa. Di kalangan seniman Lukis di Aceh, Zul MS adalah salah satu seniman besar dan beberapa kali menjadi dewan juri dalam even sejenis. 

Perkara yang sedang diperjuangkan oleh lelaki lulusan Institut Seni Indonesia Jogjakarta ini mendapatkan dukungan dari seniman di seluruh Indonesia.

Ketua dewan kesenian Bogor, Putra Gara, ikut mengecam penerbit Erlangga. Bahkan Nasir Djamil, anggota komisi 3 DPR RI asal pemilihan Aceh ikut bersuara agar penerbit Erlangga bertanggung jawab.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Digugat Seniman Aceh, Penerbit Erlangga Tawarkan Uang Damai Rp15 Juta untuk Zul MS
Digugat Seniman Aceh, Penerbit Erlangga Tawarkan Uang Damai Rp15 Juta untuk Zul MS
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVvU8KLXlkynlDQ62J6jYYtjM6SjsyWEltvyRDaaGwiw34L4XRs1utLZVatCmwYndllmjs_v55F6WxOK8JeULDZBV1p2RBuX-E1XRsdJYckTDS0AGEN5OwCNjU2tYPH1q7bEfe_zRW9a89jQU6iL5gzkB7hIbDQsZUGtk5GE5Ic1ZTWbxvt8biptPP/s320/IMG-20230109-WA0022.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVvU8KLXlkynlDQ62J6jYYtjM6SjsyWEltvyRDaaGwiw34L4XRs1utLZVatCmwYndllmjs_v55F6WxOK8JeULDZBV1p2RBuX-E1XRsdJYckTDS0AGEN5OwCNjU2tYPH1q7bEfe_zRW9a89jQU6iL5gzkB7hIbDQsZUGtk5GE5Ic1ZTWbxvt8biptPP/s72-c/IMG-20230109-WA0022.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/01/digugat-seniman-aceh-penerbit-erlangga.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2023/01/digugat-seniman-aceh-penerbit-erlangga.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy