Rembuk Stunting, Kadis Kesehatan Bireuen: Penanganan Harus Cepat dan Tepat

Bireuen/liputaninvestigasi.com - Pemerintah Kabupaten Bireuen menggelar rembuk stunting dengan tujuan untuk meningkatkan integrasi gizi dala...

Bireuen/liputaninvestigasi.com - Pemerintah Kabupaten Bireuen menggelar rembuk stunting dengan tujuan untuk meningkatkan integrasi gizi dalam pencegahan dan penurunan angka stunting di kabupaten.

Pencegahan stunting ini sudah menjadi program nasional. Oleh karenanya stunting ini juga menjadi program PJ Bupati Bireuen Aulia Sofyan. Hal itu diungkapkan Asisten II Bireuen Ir. M.Jafar, MM saat membuka acara rembuk stunting di Aula Kantor Camat Peudada. Senin (17/10/22).

Menurut M Jafar, hal ini merupakan satu rangkaian penting untuk menjaga pola makan dan gizi anak yang baik. Komitmen ini sangat diperlukan juga untuk pelaksanaan percepatan dan penanganan stunting terintegrasi disetiap Gampong yang dalam setiap kecamatan khususnya dalam kabupaten Bireuen.

Disamping itu PJ Bupati Bireuen Aulia Sofyan Phd dalam sambutannya menyampaikan  Intervensi penanganan stunting di Bireuen sudah dilaksanakan mulai tahun 2020 dan tahun 2022 tahun ketiga pelaksaannya intervensi penurunan stunting. Kabupaten Bireuen telah melaksanakan aksi satu analisis situasi, aksi dua perencanaan dan penganggaran, tahun ini bisa dilakukan intervensi dilokasi fokus yang tepat.

"Alhamdulillah untuk konvergensi penurunan stunting di Bireuen selama ini sudah membaik," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Bireuen dr. Irwan A Gani selaku pemateri Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan, sehingga anak lebih pendek dari rata-rata tinggi anak seusianya.

"Bila tidak ada pencegahan yang tepat terhadap masalah ini, maka dapat mengakibatkan tidak optimalnya perkembangan otak, fisik dan berpengaruh pada sistem kekebalan anak tersebut," jelasnya.

"Dan tentunya dimasa mendatang dapat menyebabkan hilangnya generasi (loss of generation) karena kemampuan bersaing mereka yang lemah," tambahnya.

Padahal katanya, generasi penerus bangsa harus sehat, cerdas, kreatif dan produktif. Jika anak-anak terlahir sehat tumbuh dengan baik dan didukung oleh pendidikan yang berkualitas, maka mereka akan menjadi generasi yang menunjang kesuksesan pembangunan bangsa.

"Dengan rembuk stunting ini, diharapkan TPPS garda depan dalam konvergensi penurunan stunting dapat bersinergi, mencapai target RPJM 2024, prevalensi stunting turun jadi 14 persen, wasting turun jadi 7 persen tahun 2024,” harapnya.

Masih di acara yang sama Camat Peudada Erry Suprinaldi,  S.STP, S.Sos, M.Si, menyenutkan, engan adanya output penanganan stanting diharapkan, komitmen Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) 

"Perlu adanya kerja sama dengan bupati, perwakilan DPRK, keuchik, pimpinan SKPK, dan akademisi, perwakilan sektor non pemerintah lainnya dan masyarakat khususnya. Ujar Camat Peudada Erry Suprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si." katanya.

Acara ini turut Hadir Asisten II Bireuen Ir.M.Jafar MM, Bappeda Bireuen atau yang mewakilinya, Kadis Kesehatan Bireuen dr. Irwan M.Kes, Kepala UPTD Puskesmas Peudada Kafrawi, S.Kep, M.Kes, Kepala PPKB Peudada, Kepala KUA Peudada, Danramil 04/Peudada, Polsek Peudada, P3MD/PD/PLD, Dinas Sosial/TKSK, Pendamping PKH dan unsur lainnya yang turut serta hadir untuk mendukung program pemerintah khususnya dalam hal pencegahan stunting. (Nadar)

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Rembuk Stunting, Kadis Kesehatan Bireuen: Penanganan Harus Cepat dan Tepat
Rembuk Stunting, Kadis Kesehatan Bireuen: Penanganan Harus Cepat dan Tepat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaCVhxEP2Xc_9Tr5ZdekmTcHAheECz4CYTw3rd7Sxhua7b2cgjX1-KTP5gFZxANxyH9j9W0o9KPKif1vF9P_wbR85JUGhZtmkjIQKUVKmL7Jc0cZ50Lc9UhBYKOAkWmFvJpIygttKYF2Jizjx6KNOi65iH2sOVF-Kw5ixVnrGQWSP53IX0jbHuQDt-/s320/IMG-20221017-WA0028.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaCVhxEP2Xc_9Tr5ZdekmTcHAheECz4CYTw3rd7Sxhua7b2cgjX1-KTP5gFZxANxyH9j9W0o9KPKif1vF9P_wbR85JUGhZtmkjIQKUVKmL7Jc0cZ50Lc9UhBYKOAkWmFvJpIygttKYF2Jizjx6KNOi65iH2sOVF-Kw5ixVnrGQWSP53IX0jbHuQDt-/s72-c/IMG-20221017-WA0028.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/10/rembuk-stunting-kadis-kesehatan-irwan.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/10/rembuk-stunting-kadis-kesehatan-irwan.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy