Lapangan Kerja di Aceh Kian Sempit, Mahasiswa UIN Ar-Raniry Pertanyakan Alasan Penutupan Bank Konvensional pada YARA

Banda Aceh/liputaninvestigasi.com - Menurut regulasi yang ada, Aceh adalah daerah istimewa dan khusus dalam bingkai NKRI. Atas dasar itulah ...

Banda Aceh/liputaninvestigasi.com - Menurut regulasi yang ada, Aceh adalah daerah istimewa dan khusus dalam bingkai NKRI. Atas dasar itulah sejatinya Aceh lebih maju atau progresif dari provinsi lain di Aceh, termasuk dalam bidang ekonomi.

Keistimewaan dan kekhususan yang dimiliki Aceh mempunyai wewenang membuat regulasi tertentu dalam konteks keistimewaan yang dimiliki, termasuk dalam aspek ekonomi syariah.

“Aceh telah memiliki Qanun Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pokok-pokoh Syariat Islam yang menjadi master plan pelaksanaan Syariat Islam,” kata Safaruddin di hadapan 30-an mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Ar-Raniry yang mengadakan belajar lapangan di Kantor YARA, Jumat (14/10/2022).

“Akan tetapi ketika regulasi itu diimplementasikan telah terjadi kesalahan menafsirkan norma hukum sehingga semua bank konvensional yang ada di Aceh ditutup oleh Pemerintah Aceh masa Gubernur Nova Iriansyah,” ungkap Safaruddin melalui siaran pers ke media ini.

Pernyataan itu diungkap Safaruddin saat menjawab pertanyaan dari Yuli, seorang mahasiswi yang mempertanyakan kenapa semua bank konvensional di Aceh ditutup. 

Yuli mengaku sedang mencari lapangan kerja dalam persiapan menghadapi keadaan setelah wisuda nanti yang akan dia jalani satu semester lagi.

Menurut Yuli, penutupan semua bank konvensional di Aceh berakibat pada sempitnya lapangan kerja di Aceh.

“Juga saya dengar keluhan dari kakak-kakak yang kerjanya dialihkan pada bank syariah pasca penutupan bank konvensional bahwa gaji mereka ikut dipangkas,” kata Yuli.

Menjawab soal itu, menurut Safaruddin, telah terjadi kekeliruan dalam implementasi qanun tentang lembaga keuangan syariah di Aceh dan masalah ini sudah diajukan judicial review ke mahkamah oleh pihaknya. 

“Merujuk pada Qanun Pokok-pokok Syariat Islam maka seyogianya semua bank yang ada di Aceh wajib membuka unit usaha syariah, bukan menutup bank konvensional,” papar Safaruddin.

“Ini yang keliru. Diperintah untuk dibuka unit usaha syariah atau memperbanyak bank, bukan disuruh tutup bank konvensional yang sudah ada,” tegas Safar yang juga Ketua Ikadin Aceh.

Dalam kuliah lapangan Mata Kuliah Press Release yang dibimbing oleh Hasan Basri M Nur itu turut hadir memberikan materi tentang pentingnya kemampuan menulis siaran pers adalah anggota DPR RI, M Nasir Jamil.

Nasir Jamil memotivasi mahasiswa agar berani menyampaikan pikiran mereka di hadapan publik terutama melalui media. []

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Lapangan Kerja di Aceh Kian Sempit, Mahasiswa UIN Ar-Raniry Pertanyakan Alasan Penutupan Bank Konvensional pada YARA
Lapangan Kerja di Aceh Kian Sempit, Mahasiswa UIN Ar-Raniry Pertanyakan Alasan Penutupan Bank Konvensional pada YARA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYfHvipYbEs2Yjd027fOemx0TOH0Wjl1HGARqgAvw3rqmwqh9e0JPHwLaQ--GhtuyT8lAH3CFU7sIf1jsezzN_6vzBlj4PA-PyZwPPPzcQZF663rrFYI4LH6Jjzf6mOsinnpXNvOiNQoVGaLROXqnxD8XUkFqTlTR02iJ2nUfwkvJ-mbv5JluhVli-/s320/IMG-20221014-WA0028.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYfHvipYbEs2Yjd027fOemx0TOH0Wjl1HGARqgAvw3rqmwqh9e0JPHwLaQ--GhtuyT8lAH3CFU7sIf1jsezzN_6vzBlj4PA-PyZwPPPzcQZF663rrFYI4LH6Jjzf6mOsinnpXNvOiNQoVGaLROXqnxD8XUkFqTlTR02iJ2nUfwkvJ-mbv5JluhVli-/s72-c/IMG-20221014-WA0028.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/10/lapangan-kerja-di-aceh-kian-sempit.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/10/lapangan-kerja-di-aceh-kian-sempit.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy