Kapolres Aceh Selatan Imbau Warga Stop Penggunaan Obat Sirup

Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - Merebaknya gangguan ginjal akut misterius atau Acute Kidney Injury (AKI) yang menyerang anak-anak di ...

Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - Merebaknya gangguan ginjal akut misterius atau Acute Kidney Injury (AKI) yang menyerang anak-anak di nusantara hingga Provinsi Aceh, jajaran Kepolisian Resort (Polres) Aceh Selatan turun tangan memberi imbauan kepada masyarakat untuk menyetop penggunaan obat sirup.

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Nova Suryandaru, S.I.K menyampaikan keprihatinannya terhadap penyakit gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak. Kondisi ini menjadi tanggung jawab bersama dan bukan hanya tugas pihak kesehatan untuk melakukan pencegahan.

"Kami mengimbau warga Aceh Selatan tidak lagi mengonsumsi dan memperjual belikan obat sirup. “Kondisi ini semata-mata untuk menghindari anak-anak kita jatuh korban,” kata Kapolres.

Terpenting, kata Nova, pihak farmasi seperti apotek, depot obat, dan lain-lain diminta menyetop menjual obat sirup kepada masyarakat dalam keadaan apapun, hingga penelitian selesai dilakukan oleh pihak berkompeten.

“Saya juga menginstruksikan seluruh Polsek hingga jajaran Bhabinkantibmas di wilayah hukum Aceh Selatan, untuk melakukan pengecekan ke seluruh apotek dan toko obat terhadap obat sirup masuk kategori (etalase) yang  diduga sebagai penyebab gagal ginjal (etalase). Semua pihak saya minta mentaati instruksi Kemenkes dan IDAI,” ungkapnya.

Nova mengutarakan imbauan ini sebagai upaya preventif, agar anak-anak Aceh Selatan selamat dari serangan gagal ginjal. Apa yang disampaikan ini sifatnya  langkah antisipasi dan bagian dari sosialisasi, bukan mengacu kepada tindakan hukum.

"Sesuai data yang dirangkum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), terdapat 192 kasus gangguan ginjal akut misterius di 20 provinsi di Indonesia hingga 18 Oktober 2022," sebutnya.

Kapolres juga mengemukakan keterangan Ketua IDAI Aceh, Syafruddin yang dilansir media, kasus ginjal akut pada anak atau disebut progresif atifikal medium di Aceh periode Juni sampai September 2022 sebanyak 26 kasus, diantaranya 10 orang meninggal dunia.Berkaitan peristiwa tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan IDAI telah menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang instruksi larangan mengonsumsi obat jenis sirup, terutama anak-anak.

“Mestipun belum ada yang suspek, kami mengingatkan saudara-saudara kami di Aceh Selatan,  keselamatan jiwa itu lebih penting dan di atas segala-galanya. Sekali lagi, hindari mengkonsumsi obat sirop dan senantiasa mengikuti petunjuk medis," pungkasnya.||NB

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Kapolres Aceh Selatan Imbau Warga Stop Penggunaan Obat Sirup
Kapolres Aceh Selatan Imbau Warga Stop Penggunaan Obat Sirup
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeQqbsscI3F1_P-Tp-vhZSC4cBbyMDc1L134R5uGHJKBocdT27dcIsjZS9fkdmSGHi2KOEKzPkppblA-jlvg_GieIzWEuYCZojOWK4NDaqWvWNkkgWp5zU-gUcveue8RVCvRwImov7wAu6eDF5NTcIVpI48vfbF0cYP5vR9tJITwO6g42zE4CVCWsv/s1600/IMG-20221022-WA0018.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeQqbsscI3F1_P-Tp-vhZSC4cBbyMDc1L134R5uGHJKBocdT27dcIsjZS9fkdmSGHi2KOEKzPkppblA-jlvg_GieIzWEuYCZojOWK4NDaqWvWNkkgWp5zU-gUcveue8RVCvRwImov7wAu6eDF5NTcIVpI48vfbF0cYP5vR9tJITwO6g42zE4CVCWsv/s72-c/IMG-20221022-WA0018.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/10/kapolres-aceh-selatan-imbau-warga-stop.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/10/kapolres-aceh-selatan-imbau-warga-stop.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy