Dosen Fakultas Pertanian USK Memperkenalkan Vertikultur dan Pembuatan Pupuk Cair Nabati

liputaninvestigasi.com - Tim Dosen Pengabdian Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (USK)...


liputaninvestigasi.com - Tim Dosen Pengabdian Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (USK) pada hari Rabu, 7 September 2022 mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema, “Pemberdayaan masyarakat perkotaan melalui pemanfaatan lahan pekarangan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat”. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Gue Gajah Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Pagi hari dilaksanakan penyuluhan dalam aula, dan praktek pembuatan pupuk cair dan pestisida nabati dilakukan di halaman Kantor Desa. 

Adapun peserta kegiatan ini ialah Ibu – Ibu warga Desa Gue Gajah yang berjumlah 30 orang. 

Keuchik Desa Gue Gajah, Ardian menyambut baik kegiatan ini dan berharap hasil dari pengetahuan yang disampaikan hari ini dapat dipraktekkan langsung oleh warga setempat. 

Sementara Mujiburrahmad selaku koordinator program pengabdian masyarakat ini mengatakan ide pertama tergerak untuk membuat kegiatan ini ialah untuk menggali potensi Desa, kebetulan karena di Desa ada program ketahanan pangan. Oleh karena wilayah ini termasuk daerah perkotaan, sehingga muncullah ide bagaimana mengembangkan budidaya tanaman vertikultur di Desa ini.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini ialah untuk meningkatkan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan agar dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan keluarga. 
 
"Vertikultur adalah salah satu upaya mensiasati keterbatasan lahan, sayuran daun lainnya, terlebih lagi praktek budidaya vertikultur ini sangat bermanfaat di wilayah perkotaan, sering diistilahkan dengan pertanian perkotaan," katanya.

Sedangkan Elli Kusumawati Dosen Jurusan Agrotek yang juga Pemateri dalam kegiatan ini menyatakan bahwa wadah untuk vertikultur ini sangatlah mudah ditemukan dan dapat memanfaatkan bahan – bahan sisa seperti bambu, talang, ban bekas, dan lain - lain. 

Menurut Beliau vertikultur ini lebih efektif dan efisien dalam hal perawatan seperti pengendalian organisme pengganggu tanaman, dan kemungkinan munculnya serangan hama lebih sedikit. 

"Setelah penyuluhan vertikultur yang dilaksanakan dalam aula, kegiatan dilanjutkan pada praktek langsung pembuatan pestisida alami dan pupuk cair nabati," katanya.

Menurut Nasrullah, Dosen Agrotek yang mengajarkan langsung praktek pembuatan pestisida dan pupuk cair nabati, menyebutkan, bahan – bahan yang selama ini kita pikir tidak bermanfaat sesungguhnya dapat digunakan untuk mengatasi hama dan penyakit tanaman seperti daun Nimba ( bak beum; bahasa Aceh). 

Sementara Dekan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala sangat mendukung kegiatan tersebut. "kita sangat mendukung, karena kegiatan ini dapat menjembatani pengetahuan di kampus dengan praktek di lapangan," demikian katanya.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Dosen Fakultas Pertanian USK Memperkenalkan Vertikultur dan Pembuatan Pupuk Cair Nabati
Dosen Fakultas Pertanian USK Memperkenalkan Vertikultur dan Pembuatan Pupuk Cair Nabati
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhm5j4UngfHBVScXGG08v1P8QnmiNQ6nasTPeEiTnize57QUR_IfW5ZUUnROfG22i9907ntu9z18ysrm-RuviG9IrWFWBuZEQKCATr9YZQFKq8ELePVsMyLhVrKXq9t42NFAi0MkC-ly-0kD0SR_wdH-ZftfyJcMkoOGxJcMsqzrmGF4DZpVE_wCn3/s320/IMG-20220909-WA0032.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhm5j4UngfHBVScXGG08v1P8QnmiNQ6nasTPeEiTnize57QUR_IfW5ZUUnROfG22i9907ntu9z18ysrm-RuviG9IrWFWBuZEQKCATr9YZQFKq8ELePVsMyLhVrKXq9t42NFAi0MkC-ly-0kD0SR_wdH-ZftfyJcMkoOGxJcMsqzrmGF4DZpVE_wCn3/s72-c/IMG-20220909-WA0032.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/09/dosen-fakultas-pertanian-usk.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/09/dosen-fakultas-pertanian-usk.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy