BPS Nagan Raya Gelar Acara Pencanangan Desa Cantik dan Rakor Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi

Suka Makmue/liputaninvestigasi.com - Bupati Nagan Raya, H.M Jamin Idham, SE., yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. H. Ardimartha had...

Suka Makmue/liputaninvestigasi.com - Bupati Nagan Raya, H.M Jamin Idham, SE., yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. H. Ardimartha hadiri acara Pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Kabupaten Nagan Raya tahun 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nagan Raya tersebut berlangsung di Aula Hotel Grand Nagan Gampong Simpang Peut, Kecamatan Kuala kabupaten setempat, Selasa (20/09/2022).

Pada kesempatan tersebut, Sekda Ardimartha dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai upaya dalam mewujudkan amanat undang-undang statistik Nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, serta dalam rangka mewujudkan ketersediaan data penduduk Indonesia menuju “Satu Data Kependudukan Indonesia”.

"Melalui kegiatan ini, saya berharap para peserta agar dapat memahami lebih dekat mengenai arti penting data, sehingga dengan kesadaran dan tanggung jawab penuh serta bersedia untuk secara aktif menyukseskan agenda pemerintah ini," pinta Sekda.

Sekda menjelaskan, sebagaimana diketahui bersama bahwa pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Hal ini didasari oleh dorongan atas kebutuhan terhadap data yang valid dan akuntabel. Termasuk dalam pembangunan yang membutuhkan data-data akurat agar hasil pembangunan tepat sasaran.

Selain itu, lanjut Sekda, gampong memegang peranan penting sebagai subjek pembangunan yang juga menjadi basis sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang perlu diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekda menambahkan, gampong yang selama ini hanya menjadi obyek pendataan, sering dimintai data namun tidak pernah mendapatkan output hasil data.

"Saat ini sudah seharusnya mampu mengubah keadaan tersebut dengan memposisikan diri sebagai produsen data, sekaligus sebagai pemanfaat data dalam membangun gampongnya sendiri," ujarnya.

"Saya mengharapkan kepada seluruh pihak yang terlibat agar dapat bekerja secara sinergis, sehingga segala yang kita cita-citakan dapat terwujud dengan baik," tutup Ardimartha.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nagan Raya, Sardi SE.,M.Si dalam laporannya mengatakan berdasarkan hasil pendataan potensi desa, maka terpilihlah desa Lhok Beutong Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya sebagai salah satu desa cinta statistik (Desa Cantik) tahun 2022.

"Untuk tahun depan, akan kita rencanakan setiap kecamatan memiliki minimal satu desa cantik yang kita bina bersama dengan pemerintah daerah, sehingga pada akhirnya semua desa di Kabupaten Nagan Raya akan menjadi desa cinta statistik," ujar Sardi.

Sardi menyatakan bahwa diakhir tahun 2022 ini, BPS mendapat tugas besar yang membutuhkan koordinasi dan kolaborasi dari berbagai pihak.

"Dalam rangka pendataan registrasi sosial ekonomi masyarakat atau disebut Regsosek agar dapat berjalan dengan baik," terangnya.

Selain itu, Kepala BPS juga menginformasikan bahwa pendataan awal lapangan ini ditindak lanjuti dengan persiapan yang sudah dilaksanakan.

Yaitu rekrutmen petugas yang terdiri dari 321 orang petugas, meliputi Petugas Lapangan (PL), Petugas Mengevaluasi Lapangan (PML), Koordinator Lapangan (Koseka), dan Petugas kabupaten (Task Force).

Menurutnya, semua petugas tersebut berdomisili di Kabupaten Nagan Raya serta akan mengikuti pelatihan petugas mulai tanggal 29 September 2022 sampai 06 Oktober 2022.

"Sedangkan pelaksanaan lapangan dimulai secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 15 Oktober 2022 sampai 14 November 2022," jelas Sardi.

Untuk hal tersebut, Kepala BPS meminta kepada Bupati dan stakeholder terkait kiranya dapat mendukung program nasional ini. Sehingga dapat menghasilkan satu data perlindungan sosial dan pemberdayaan di Kabupaten Nagan Raya.

"Dari hasil data ini nanti dapat menjadi indikator kesejahteraan masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Nagan Raya," ucapnya. 

"Pada tahun 2022 mengalami penurunan signifikan sekitar 1,76%. Insya Allah dengan adanya pendataan ini mempermudah pemerintah daerah dalam menekan angka kemungkinan ekstrim yang ada di Kabupaten Nagan Raya," tutup Sardi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPS Aceh yang diwakili Stastitisi Ahli Muda, Efendi, S.Si., juga mengatakan untuk mewujudkan Indonesia yang satu.

"Kita juga harus bekerja sama membangun Indonesia secara adil dan merata," tuturnya.

Ia mengatakan, membangun Indonesia - Sentris dengan membangun dari pinggiran, dari desa, dari pulau terdepan hingga perbatasan.

"Oleh karena itu, peran data sangatlah penting, yakni sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan Indonesia," ujar Efendi.

Desa Cantik yang berfokus pada pembinaan statistik, diharapkan kapabilitas statistik desa dapat meningkat.

Sehingga data statistik yang dikelola oleh desa juga dapat semakin berkualitas dan sesuai kebutuhan. Termasuk dalam mendukung program pemerintah pusat, papar Efendi.

Selain itu, Efendi juga menyampaikan program Desa Cantik diharapkan dapat merancang penggunaan dana desa yang efektif dan efesien.

Yang bertujuan untuk membangun desa yang lebih baik dan juga menjadi status desa ke tingkat yang lebih baik yang diukur dari pencapaian indeks desa membangun, Efendi menuturkan.

Di akhir acara, Sekda Ardimartha menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Gampong Lhok Beutong serta Penandatanganan pencanangan Desa Lhok Beutong Kecamatan Suka makmue Kabupaten Nagan Raya sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

Penandatangan bersama tersebut dilakukan oleh Kepala BPS Aceh melalui Efendi S.Si., Kepala BPS Nagan Raya, Sardi SE.,M.Si., Sekda Nagan Raya, Ir.H. Ardimartha., Asisten Tata Pemerintahan, Zulfika, SH., dan Keuchik Lhok Beutong, Abdul Hamid.

Abdul Hamid, saat diwawancarai mengatakan, selaku Keuchik Lhok Beutong ia mengucapkan terima kasih karena telah memilih desanya sebagai desa cinta statistik.

"Semoga desa kami dapat menjalankan amanah ini dan kami akan mengupaya memberikan data-data yang lengkap untuk bisa di gunakan oleh Pemerintah maupun BPS," ujar Abdul Hamid.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala BPS Abdya, Staf Ahli Bupati, Asisten Tata Pemerintah Setdakab, Para Kepala SKPK, Para Kabid, Kabag, Kasubbag, para Camat, Keuchik Lhok Beutong serta jajaran petugas BPS Kabupaten Nagan Raya. (Rahmat Ritonga).

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: BPS Nagan Raya Gelar Acara Pencanangan Desa Cantik dan Rakor Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi
BPS Nagan Raya Gelar Acara Pencanangan Desa Cantik dan Rakor Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi30FYrwpkuU14l0uyKnzC0ijU-v2arbxpD0iKwXodL8qadzN_W4ydiB6RJOVOZ3iO97fqPAYow84eCIygTdgqIabGVoq9pqzvnKDpRfVCyykV4R1sssEyosP1FmtRpb5qvFlkQRvZcf_sJAIbu7muhHHA5dDcrg0xaA1xV1CZV0D8RBKKBIJyGMXeI/s320/IMG-20220921-WA0015.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi30FYrwpkuU14l0uyKnzC0ijU-v2arbxpD0iKwXodL8qadzN_W4ydiB6RJOVOZ3iO97fqPAYow84eCIygTdgqIabGVoq9pqzvnKDpRfVCyykV4R1sssEyosP1FmtRpb5qvFlkQRvZcf_sJAIbu7muhHHA5dDcrg0xaA1xV1CZV0D8RBKKBIJyGMXeI/s72-c/IMG-20220921-WA0015.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/09/bps-nagan-raya-gelar-acara-pencanangan.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/09/bps-nagan-raya-gelar-acara-pencanangan.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy