Perangi Narkoba, Kepala Kesbangpol Bireuen Sampaikan Fungsi Satgas Gampong

liputaninvestigasi.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bireuen melaksanakan kegiatan Workshop Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahguna...

liputaninvestigasi.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bireuen melaksanakan kegiatan Workshop Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang berlangsung di Dinas Syariat Islam. Rabu 6 Juli 2022.

Pada kegiatan Workshop tersebut dihadiri puluhan orang perwakilan masyarakat dari berbagai kecamatan. Sedangkan pemateri terdiri dari Kepala Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bireuen Dr. Mukhtaruddin, SH. MH, Ibu Hera dr Psikologi Universitas Almuslim dan Ibu Isra dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen.

Workshop P4GN dilaksanakan dengan tujuan membentuk dan membekali Penggiat Anti Narkoba dari lingkungan masyarakat dengan materi P4GN dan membuat rencana aksi untuk P4GN yang kedepannya harus dilaksanakan di lingkungan masing- masing.

BNN merupakan leading sector pencegahan dan pemberantasan narkoba yang bekerjasama dengan instansi maupun masyarakat dalam memberikan pelatihan maupun pelayanan dan megedukasikan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. 

Melalui workshop ini, peserta diberi penjelasan mengenai jenis dan bahaya narkoba, hukum penyalahgunaan narkoba serta memotivasi agar penggiat anti narkoba dapat beperan dalam membantu pencegahan pemberantasan narkoba di daerah sekitarnya. 

Seperti yang tertera dalam Undang-Undang No 35. Tahun 2009 Pasal 104 bahwa masyarakat mempunyai kesempatan yang luas-luasnya untuk berperan serta membantu pencegahan dan pemberantasan pencatatan dan peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika.

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bireuen Dr. Mukhtaruddin, SH. MH menjelaskan, Satgas atau satuan tugas anti narkoba dibentuk sebagai suatu rencana aksi P4GN berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020. 

Sementara Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui BNNK Kabupaten Bireuen telah membentuk satgas anti narkoba tersebut di 220 desa di beberapa Kecamatan. Hanya 3 Kecamatan di Bireuen yang belum membentuk satgas anti narkoba. Yaitu, Kecamatan Jeunieb, Kecamatan Kuala dan Kecamatan Makmur.

"Peran nyata Gampong/desa dalam P4GN yaitu proaktif melaporkan tindak pidana narkotika di sekitar, menolak keberadaan bandar narkoba dan melakukan edukasi bahaya narkoba melalui pendekatan agama dan pendidikan," katanya.

Mukhtar juga menjelaskan terkait apa saja yang menjadi tugas dan fungsi Satgas Anti Narkoba. Diantara penyebaran informasi yang benar mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika, memberikan edukasi dini kepada masyarakat mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika dan peningkatan peran aktif masyarakat untuk ikut mencegah dan menanggulagi penyalahgunaan narkotika.

Kemudian, peningkatan koordinasi lintas lembaga pemerintah dan masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap setiap kegiatan yang berpotensi terjadinya penyalahgunaan narkotika, memberikan upaya khusus bagi pengguna pemula narkotika dan melakukan kegiatan tes urine secara berkala di Gampong.

Menurut Mukhtar, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseoramg menyalahgunakan narkoba, diantaranya lingkungan pergaulan dan konsumsi narkoba seakan menjadi tren baru di tengah masyarakat. Bahkan tren penyalahgunaan narkotika sudah bergeser kekalangan remaja khususnya mahasiswa untuk memperkuat tubuh untuk terus bekerja Itu merupakan gambaran dari sindikat untuk mempengaruhi para mahasiswa untuk mau coba yang akan berujung pada ketergantungan. "Sekali mencoba. ya akan terus mencoba sampai kecanduan," katanya.

"Keberhasilan penanggulangan permasalahan narkoba bukan semata-mata karena banyaknya sindikat yang tertangkap atau banyaknya barang bukti yang disita. Namun, keberhasilan sejati akan terpancar bila setiap dari kita mampu melindungi diri, keluarga dan orang terdekat kita dari kejahatan narkoba," demikian pinta Kepala Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bireuen Dr. Mukhtaruddin, SH. MH.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Perangi Narkoba, Kepala Kesbangpol Bireuen Sampaikan Fungsi Satgas Gampong
Perangi Narkoba, Kepala Kesbangpol Bireuen Sampaikan Fungsi Satgas Gampong
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRSRVV6KtALHap0bNYYqstLu9dqKkDYoZdl6Vp2uO7kL3kxEtynZrl6iLEMBsTAfpdKWL11InvH5hve3N6l611hcjiizdOx5riprUvhY5VxTsRy1VztqcK53S18CvA1-u9lHC2AK8GUbCh5zrabWPxd2GB3gedWPJkpURCTaO09PyVXEK7v5jHzx48/s320/IMG-20220706-WA0019.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRSRVV6KtALHap0bNYYqstLu9dqKkDYoZdl6Vp2uO7kL3kxEtynZrl6iLEMBsTAfpdKWL11InvH5hve3N6l611hcjiizdOx5riprUvhY5VxTsRy1VztqcK53S18CvA1-u9lHC2AK8GUbCh5zrabWPxd2GB3gedWPJkpURCTaO09PyVXEK7v5jHzx48/s72-c/IMG-20220706-WA0019.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/07/bnnk-bireuen-gelar-workshop-p4gn-kepala.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/07/bnnk-bireuen-gelar-workshop-p4gn-kepala.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy