Penantian Panjang Hampir 20 Tahun, Warga Desa Lae Sipola Terima Sertifikat Tanah

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Kepala kantor Pertanahan (Kakantah) Kabupaten Aceh Singkil, Muhamad Reza menyerahkan 141 sertifikat tan...

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Kepala kantor Pertanahan (Kakantah) Kabupaten Aceh Singkil, Muhamad Reza menyerahkan 141 sertifikat tanah melalui program sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Desa Lae Sipola, Kecamatan Singkohor, Rabu (8/6/2022). 

Kegiatan penyerahan sertifikat tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid bersama Anggota DPRK, Aminullah dan segenap Muspika serta perangkat desa.

"Ini kegiatan ditahun 2022 atas tindaklanjut dari PTSL tahun-tahun sebelumnya, sebanyak 141 bidang dan sudah dirampungkan pada 2 Maret 2022 lalu," katanya.

Menurutnya, penyerahan sertifikat tanah tersebut merupakan penghormatan dan penghargaan atas produk dari kantor Pertanahan yang diberikan langsung oleh pimpinan daerah.

Selain itu ia mengatakan, ada empat desa lain yang bakal menerima sertifikat tanah gratis dari pemerintah yakni Desa Serasah, Kuta Tinggi, Kain Golong dan Gosong Telaga Timur dengan total mencapai 1.100 bidang sertifikat.

"Semua sertifikat itu sudah selesai 100 persen, masyarakat tidak dipungut biaya lantaran dibiayai oleh negara. Warga cukup menyiapkan berkas yuridis, alas hak dan persyaratan lain seperti dokumen pajak dan KTP,"jelasnya.

Sementara itu Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid mengatakan melalui proses panjang akhirnya   masyarakat bisa mendapatkan sertifikat tanah, dimana sebelumnya kawasan itu merupakan kawasan hutan produksi konveksi (HPK). 

"Pemerintah daerah lalu mengusulkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk melepas dan mengeluarkan kawasan ini dan setelah keluar menjadi areal pemanfaatan lain (APL) sehingga dapat disertifikatkan,"ungkap Dulmusrid.

Dengan begitu, Dulmusrid berpesan kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat tersebut supaya menyimpan ditempat yang aman, karena sertifikat itu merupakan barang berharga. 

"Kepada bapak Kepala BPN (Kantor Pertanahan) saya titip pesan diakhir masa jabatan saya, tanah warga yang belum tersertifikat agar diproses seperti hari ini yang bapak telah lakukan," pintanya.

Sementara itu, disisi lain salah satu warga penerima sertifikat tanah, Asdar mengatakan sangat bersyukur dan senang telah menerima sertifikat tersebut. 

Katanya, proses pengajuan sertifikat hak milik (SHM) akhirnya membuahkan hasil setelah hampir 20 tahun penantian mereka. 

"Terima kasih kepada Bupati Aceh Singkil, Kantor Pertanahan, Camat dan segenap perangkat Desa yang telah memperjuangkan agar tanah kami untuk disertifikatkan. Penantian panjang lebih kurang 20 tahun untuk mendapatkan sertifikat tanah kebun dan rumah," ucapnya.

Senada dengan Mada Boru Manik mengungkapkan hal yang serupa. "Karena sudah lama dinanti, baru ini kami dapat sertifikat. Ini akan disimpan baik-baik dirumah,"ungkap Mada.


Penulis : Roni

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Penantian Panjang Hampir 20 Tahun, Warga Desa Lae Sipola Terima Sertifikat Tanah
Penantian Panjang Hampir 20 Tahun, Warga Desa Lae Sipola Terima Sertifikat Tanah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpIxFDlgvKFYvt1T_FwFNm113SL0SaeXbJH87Koqrf6xyRpjlkxNTw0YPvfbNfIY4ipFuEtk51qeFp9NuOp_S3v8Md2xfFpD9QJGC16ZY8QjnqBCgY9oS41ND_-Y6Wov6Rpe1QYZErnnPvMReq8574rfxcgzG_UcbZvPJNdoFSmGOiO-cbcX4_hv3-/s320/IMG-20220608-WA0067.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpIxFDlgvKFYvt1T_FwFNm113SL0SaeXbJH87Koqrf6xyRpjlkxNTw0YPvfbNfIY4ipFuEtk51qeFp9NuOp_S3v8Md2xfFpD9QJGC16ZY8QjnqBCgY9oS41ND_-Y6Wov6Rpe1QYZErnnPvMReq8574rfxcgzG_UcbZvPJNdoFSmGOiO-cbcX4_hv3-/s72-c/IMG-20220608-WA0067.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/06/penantian-panjang-hampir-20-tahun-warga.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/06/penantian-panjang-hampir-20-tahun-warga.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy