Ayah Ishak Yusuf : Sosok Pj Gubernur Paham Kondisi Aceh dan DPR Harus Punya Peran dalam Penentuan PJ

Banda Aceh/liputaninvestigasi.com - Koordinator Wilayah Serikat buruh sejahtera Indonesia Provinsi Aceh Ayah Ishak Yusuf berharap Menteri Da...

Banda Aceh/liputaninvestigasi.com - Koordinator Wilayah Serikat buruh sejahtera Indonesia Provinsi Aceh Ayah Ishak Yusuf berharap Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, menunjuk sosok Pj Gubernur Aceh yang paham kondisi kekinian Aceh.

Harapan itu disampaikan mengingat Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, akan berakhir pada 5 Juli 2022.

Kepemimpinan Aceh dilanjutkan Penjabat (Pj) Gubernur Aceh hingga terpilihnya gubernur definitif hasil Pilkada 2024.

“Soal penetapan Pj Gubernur itu ranahnya Mendagri. Kita berharap sosok yang paham tentang Aceh,” kata ayah Ishak Tokoh buruh Aceh ini, Jumat(17/6/2022).

Ayah Ishak Yusuf mengungkapkan bahwa kondisi Aceh saat ini tidak sedang baik-baik saja. Berbagai persoalan masih menjadi pekerjaan rumah (PR).

Di antaranya pengentasan kemiskinan, pengangguran, pendidikan, dan kesehatan. Ditambah lagi pandemi Covid-19 belum usai.

Pria yang juga mantan tenaga ahli DPR Aceh ini juga berharap Pj Gubernur ke depan sosok yang bisa bersinergi dengan semua stekholder di Aceh baik ulama, politisi, tokoh partai juga pengusaha dalam menyelesaikan berbagai persoalan Aceh.

Maka dari itu ayah tegaskan sekali lagi bahwa Pj Gubernur Aceh yang ditunjuk nantinya juga harus mampu menyelesaikan persoalan ekonomi Aceh. Terutama terkait kemiskinan, pengangguran, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pelayanan kesehatan, serta pendidikan yang masih belum merata.

Pj Gubernur Aceh juga harus mampu mencari jawaban terhadap tantangan pembangunan, serta memastikan prioritas pembangunan yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat yakni proyek strategis nasional di Aceh seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, bendungan Keureuto, kereta api serta PSN lainnya.

"Untuk percepatan pembangunan infrastruktur Aceh juga harus bisa dimaksimalkan, termasuk satu hal terkait pembangunan ekonomi investasi, dan memastikan pertumbuhan serta pemerataan ekonomi Aceh," kata politikus senior Aceh ini

Sebab membangun Aceh, tidak bisa hanya dilakukan sendiri oleh Pemerintah Aceh, tapi harus bersama-sama dengan semua kalangan .

Ayah Ishak Yusuf yang juga dewan pakar Gerakan Nasional komunitas Pancasila di jakarta Meminta sebagai daerah khusus tentu berpengaruh besar terhadap Aceh dengan berbagai kewenangan sebagaimana diatur dalam UUPA.

Aceh harus dilihat sebagai kawasan Indonesia yang membutuhkan kebijakan khusus sebagai konsekwensi kebijakan nasional tersebut dalam hal ini pilkada serentak 2024.

Calon-calon Pejabat (PJ) Gubernur Aceh, kata ayah Ishak, sebelum diusulkan kepada Presiden oleh Mendagri, sebelumnya Mendagri bisa mengusulkan nama-nama calon pejabat (PJ) gubernur kepada DPRA untuk dilakukan sidang paripurna khusus sebagai wadah penyampaian visi-misi dan atau didengar pemaparannya terkait ke-Aceh-an sebagaimana cita-cita mulia UUPA.

"Nantinya hasil penyampaian visi-misi calon akan dinilai oleh DPRA dan diberikan rekomendasi-rekomendasi penting kepada Mendagri dan Presiden sebagai bahan pertimbangan kelayakan setiap calon yang akan memimpin Aceh," tutup ayah Ishak Yusuf.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Ayah Ishak Yusuf : Sosok Pj Gubernur Paham Kondisi Aceh dan DPR Harus Punya Peran dalam Penentuan PJ
Ayah Ishak Yusuf : Sosok Pj Gubernur Paham Kondisi Aceh dan DPR Harus Punya Peran dalam Penentuan PJ
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfuuGO822NKHkxcFoRqJqL3mMMEa7TB2jgo7arB38defCSkmsXMQsSM2XKNIAEMcJD7OZYlnmbdQVPSPLK_pKsxHwJfFsN71znjoyzhCTvaMuOHr_UdJ-EuSdH73Ns64gctiraYuEDytpNoirBsbMLiur-VTtB04tSCa-ZN6TjwoIgj8esIkVcofg2/s320/IMG-20220617-WA0052.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfuuGO822NKHkxcFoRqJqL3mMMEa7TB2jgo7arB38defCSkmsXMQsSM2XKNIAEMcJD7OZYlnmbdQVPSPLK_pKsxHwJfFsN71znjoyzhCTvaMuOHr_UdJ-EuSdH73Ns64gctiraYuEDytpNoirBsbMLiur-VTtB04tSCa-ZN6TjwoIgj8esIkVcofg2/s72-c/IMG-20220617-WA0052.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/06/ayah-ishak-yusuf-sosok-pj-gubernur.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/06/ayah-ishak-yusuf-sosok-pj-gubernur.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy