BPP Kuala Pesisir Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Nagan Raya/liputaninvestigasi.com - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya menggelar pelatihan tem...

Nagan Raya/liputaninvestigasi.com - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya menggelar pelatihan tematik pembuatan pupuk organik. Rabu, 25 Mei 2022.

Pelatihan yang diadakan di Kantor BPP Kuala Pesisir tersebut diikuti oleh 20 orang perwakilan kelompok tani yang ada di desa Padang Rubek, sedangkan instruktur pelatihan berasal dari tim penyuluh dari BPP Kuala Pesisir.

Koordinator BPP Kuala Pesisir Zulfadli.S.ST menjelaskan, pupuk organik merupakan pupuk yang dihasilkan dari bahan-bahan organik yang ada di sekitar rumah seperti kotoran hewan, dedaunan maupun limbah pertanian lainnya.

"Kelebihan pupuk jenis ini yakni dapat memperbaiki struktur tanah menjadi lebih lebih gembur, meningkatkan daya serap air, ramah bagi lingkungan dan mengandung unsur hara yang lengkap meski tidak bisa dipastikan jumlah kandungannya dibanding pupuk anorganik atau pupuk kimia dari pabrik," kata Zulfadli.S ST.

Pupuk organik juga dapat membantu meningkatkan aktivitas mikroorganisme dalam tanah untuk mengurai bahan organik lain menjadi hara yang dibutuhkan tanaman.

Selain itu penggunaan pupuk organik akan mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia terutama pupuk bersubsidi yang seringkali terbatas dan susah didapat.

Zul merupakan Kordinator BPP Kuala pesisir berharap perwakilan kelompok tani yang mengikuti pelatihan tersebut dapat mengaplikasikan cara membuat pupuk organik yang telah dipelajari dalam pelatihan ini.

"Kalau petani atau kelompok tani sudah bisa membuat pupuk organik secara mandiri dari bahan-bahan organik yang ada di sekitar rumah, ketersediaan pupuk dari pabrik yang sering tidak stabil tidak akan menjadi masalah yang besar bagi petani," tandasnya. 


Penulis Rahmat.P.Ritonga.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: BPP Kuala Pesisir Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik
BPP Kuala Pesisir Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiv_h1tJ9kLuf8jePvUyPngQVU6vg6N4a12lvfqwMfGEN-_PxXcH6mb4oEFKc5bUsQcRM454a9n2bOSEDF28tfOeoDc3jj8W4EsEyscP_1Y9__NUtJABASjEH-8D4PkXIPiKhp5DLlRKDnhFKNt4U5hl9iv_AwS-gTG84nX-aGuUxJ6Tsbp9TcHF5Gj/s320/IMG-20220525-WA0018.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiv_h1tJ9kLuf8jePvUyPngQVU6vg6N4a12lvfqwMfGEN-_PxXcH6mb4oEFKc5bUsQcRM454a9n2bOSEDF28tfOeoDc3jj8W4EsEyscP_1Y9__NUtJABASjEH-8D4PkXIPiKhp5DLlRKDnhFKNt4U5hl9iv_AwS-gTG84nX-aGuUxJ6Tsbp9TcHF5Gj/s72-c/IMG-20220525-WA0018.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/05/bpp-kuala-pesisir-gelar-pelatihan.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/05/bpp-kuala-pesisir-gelar-pelatihan.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy