Melihat Lebih Dekat Makam Syekh Abdurrauf Al-Singkili

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com-  Inilah Makam Syekh Abdurrauf Al-Singkili yang berada di Desa Kilangan, Kecamatan Singkil.  Didalam lok...

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Inilah Makam Syekh Abdurrauf Al-Singkili yang berada di Desa Kilangan, Kecamatan Singkil. 

Didalam lokasi makam Syekh Abdurrauf Al-Singkili itu juga terdapat hiasan penutup Makam dengan perpaduan warna kuning dan hijau. 

Biasanya kebanyakan dari mereka yang hendak berziarah ke Makam bertujuan untuk mengirimkan atau membaca doa doa khusus kepada sang guru. 

Didalam makam  juga terdapat beberapa persediaan seperti, kitab surah yasin, Mukenah yang disediakan bagi peziarah termasuk tempat berwudu'. 

Selain itu, Fasilitas lain atau prasaran penunjang seperti Musholla, dan gedung penginapan juga tersedia diareal Makam ini. 

"Kebanyakan yang sering menggunakan fasilitas itu peziarah dari luar daerah seperti daerah Sumatera Barat. Biasanya mereka sampai tiga hari disini. Untuk jumlah jemaah bervariasi sih, intinya mencapai ratusan jemaah sekali berkunjung (Berziarah) kemari," ujar Gunawan warga setempat, Jum'at (11/3/2022). 

Disekitar perkarangan Makam juga tersedia beberapa warung yang dikelola oleh warga yang bertempat tinggal disekitar Makam.

Warung itu hanya menyediakan berupa minuman dan Makam ringan seperti, Kopi dan sejenisnya, makanan seperti Mie Aceh, Nasi Goreng termasuk menyediakan gorengan. 

Sementara aktifitas di lokasi ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Kilangan untuk mencari penghasilan sebagai buruh lepas.

Diketahui lokasi itu merupakan Sentral tempat persinggahan bagi masyarakat Kecamatan Kuala Baru maupun sebaliknya. 

Baru baru ini Pemerintah Aceh melalui Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil menganggarkan biaya pembangunan dermaga tambat yang dikelola oleh Dinas Perhubungan setempat. 

Pembangunan itu bertujuan untuk menampung atau menjadi sandaran perahu Robin sebagai alat transportasi sungai bagi masyarakat yang hendak menuju Kecamatan Kuala Baru. 

Bukan hanya itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga juga menganggarkan untuk  pembangunan gedung Museum Makam Syekh Abdurrauf dan Gedung Serba Guna. 

Gedung Museum itu direncanakan akan dijadikan untuk menampung peninggalan peninggalan sejarah, khususnya Syekh Abdurrauf Al-Singkili. 

Pajangan sejarah Syekh Abdurrauf Al-Singkili itu disebut sebut sebagai Edukasi bagi generasi muda untuk lebih mendalami dan atau mengetahui perjalanan dan atau perjuangan dalam mendakwahkan agama Islam dibumi Indonesia, khususnya Aceh. 

Sementara, Gedung serba guna yang dibangun tersebut akan dijadikan sebagai tempat istirahat untuk peziarah yang hendak bermalam dan termasuk dimanfaatkan sebagai gedung pertemuan khusus (Musyawarah). 


Penulis : Roni

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Melihat Lebih Dekat Makam Syekh Abdurrauf Al-Singkili
Melihat Lebih Dekat Makam Syekh Abdurrauf Al-Singkili
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhsEuctgG2sMox8UaG_yX0umKYci_iyeRSca7PctYFsAKF_Pz3L8pc2Velamp4Hnh6N6sdo2sSPFCYnwB7547onNwvOXjAWrxYHx2Cs0u3_q6gSgjQYi_79UGofcijkUDI5z8PDBJHNZiZ63jGtNqdQIxVkcQmiS9S__sGQNkl60ZQEJ4GSAhvlBOwk=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhsEuctgG2sMox8UaG_yX0umKYci_iyeRSca7PctYFsAKF_Pz3L8pc2Velamp4Hnh6N6sdo2sSPFCYnwB7547onNwvOXjAWrxYHx2Cs0u3_q6gSgjQYi_79UGofcijkUDI5z8PDBJHNZiZ63jGtNqdQIxVkcQmiS9S__sGQNkl60ZQEJ4GSAhvlBOwk=s72-c
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/03/melihat-lebih-dekat-makam-syekh.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/03/melihat-lebih-dekat-makam-syekh.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy