Festival Meurukon Aceh resmi bergulir, Diikuti 14 Kecamatan se-Kabupaten Bireuen

Bireuen/liputaninvestigasi.com - Festival Meurukon Aceh 2022 resmi digulirkan di Kabupaten Bireuen, mulai Jumat malam, 25-26 Maret 2022. Eve...

Bireuen/liputaninvestigasi.com - Festival Meurukon Aceh 2022 resmi digulirkan di Kabupaten Bireuen, mulai Jumat malam, 25-26 Maret 2022. Event tersebut diikuti 14 kecamatan di kabupaten tersebut.

Acara yang digelar oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tersebut bertema “Revitalisasi Seni Tutur Aceh”. Bertempat di aula Hotel Fajar.

Mewakili Kadisbudpar Aceh, Kepala Seksi Bahasa, Azizar Mansyah mengatakan tujuan kegiatan Festival Meurukon tersebut untuk membangkitkan kembali kebudayaan Aceh di segi seni tutur. Hal itu, menurutnya sebagai peninggalan endatu yang harus dilestarikan. 

Selain itu tambah Azizar, juga untuk pembinaan terhadap seni budaya daerah, seperti meurukon sebagai bagian khasanah sastra Aceh.

“Kita berharap seni meurukon ini dapat terus berkembang dan semakin dikenal di masyarakat luas, khususnya di Bireuen,” kata Azizar.

Lebih lanjut, sebut Azizar, pihaknya akan terus berupaya menyelenggarakan event seni budaya di daerah.

“Dengan upaya seperti ini diharapkan dapat membangkitkan semangat pekerja seni dan pekerja kreatif guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bireuen, Muzakkar A Gani diwakili Staf Ahli Bupati dr Mukhtar Mars berharap melalui Festival Meurukon, dapat mengimplementasikan nilai-nilai moral.

Mukhtar mengatakan, meurukon merupakan tradisi seni religi yang mengkaji serta mengimpementasi akan pilar-pilar keimanan dan keislaman.

Apalagi, sambungnya, meurukon sudah lama berkembang di dalam masyarakat Aceh secara turun temurun serta memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah seni tutur lokal yang harus dilestarikan.

"Melalui Festival Meurukon ini diharapkan juga, agar dapat mengimplementasikan nilai-nilai moral bagi generasi muda melalui seni tutur islam Aceh,"paparnya.

Selanjutnya, ia mengajak masyarakat untuk menjadikan budaya meurukon sebagai marwah dari setiap perilaku kehidupan.

Selain itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Dr. H. Amiruddin Idris selaku pemilik aspirasi kegiatan tersebut menyebutkan festival meurukon itu digelas sebagai wujud menjaga budaya Aceh yang islami. 

"Meurukon adalah seni tutur yang menguraikan akan hukum-hukum islam yang dalam acara ini diperlombakan dari grup ke grup yang mewakili kecamatan yang ada di Bireuen," jelasnya. 

Tak hanya itu, politisi partai PPP itu juga menyebutkan, meurukon menjadi salah satu cara dalam menghalau budaya asing yang tidak sesuai dengan syariat islam. 

Menurutnya, kegiatan meurukon itu harus direvitalisasi dan dikembangkan. 

"Meurukon bukan hanya tugas orang yang tua-tua semata, tapi harus bisa turun temurun dan menjadi seni tutur relegi yang akan diwarisi oleh generasi mendatang," imbuhnya. 

Ia mengatakan, meurukon adalah seni tutur yang sifatnya mengedukasi, serta pengetahuan akan hukum-hukum islam yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (Adam Zainal)

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Festival Meurukon Aceh resmi bergulir, Diikuti 14 Kecamatan se-Kabupaten Bireuen
Festival Meurukon Aceh resmi bergulir, Diikuti 14 Kecamatan se-Kabupaten Bireuen
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhS1zH6vzECZEjGexxJ3A2KaZbvvpu5nGPR02cKjIPM4mcxs7jrJCgRzGUNGxJdKRbSr8Z_zyTjbPGvlTAHlhIF6MlSiyo64EMY53KvX68nAge3r-zqf5z9mMN4sOVuTCkYlBerKmyT2GGTodSf_irv6A3AhFqM1GcqbOnoyQOo1wcaAd8pX4k9tmgY/s320/IMG-20220326-WA0012.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhS1zH6vzECZEjGexxJ3A2KaZbvvpu5nGPR02cKjIPM4mcxs7jrJCgRzGUNGxJdKRbSr8Z_zyTjbPGvlTAHlhIF6MlSiyo64EMY53KvX68nAge3r-zqf5z9mMN4sOVuTCkYlBerKmyT2GGTodSf_irv6A3AhFqM1GcqbOnoyQOo1wcaAd8pX4k9tmgY/s72-c/IMG-20220326-WA0012.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/03/festival-meurukon-aceh-resmi-bergulir.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/03/festival-meurukon-aceh-resmi-bergulir.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy