Penyidik Kejari Aceh Singkil Periksa 5 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Singkil-3, Salah Satunya Mantan Kadishub

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Singkil panggil 5 saksi tambahan dalam kasus dugaan korupsi  K...

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Singkil panggil 5 saksi tambahan dalam kasus dugaan korupsi  Kapal Singkil-3. 

Saksi yang dimaksud adalah EH selaku Pengguna Anggaran (PA) dan D selaku PPTK, pemeriksaan itu dilakukan pada, Senin (14/2/2022) lalu. 

Dan Rabu (16/2/2022) lalu, Penyidik Kejari juga melakukan pemeriksaan terhadap J selaku Pemeriksa Barang dan T selaku Penyedia. 

Sementara, Kamis (17/2/2022) Penyidik Kejari juga telah melakukan pemeriksaan terhadap M selaku Kelompok Kerja ( Pokja) unit Layanan pengadaan ( ULP) Setdakab setempat. 

Pemanggilan saksi tambahan tersebut berdasarkan hasil ekspose bersama BPKP pada tanggal 27 Januari 2022 lalu.

"Pemeriksaan lanjutan kasus Kapal Singkil-3 untuk mendapatkan keterangan dari pihak terkait guna memperkuat bukti-bukti yang dibutuhkan oleh Auditor Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP)," kata Plt Kasi Intelijen Kejari Rahmad Syahroni Rambe, Jumat (18/2/2022).

Kata Syahroni untuk melengkapi bukti bukti yang diminta oleh auditor BPKP, penyidik Kejari akan melakukan pemeriksaan  terhadap 9 orang saksi tambahan. 

"Minggu depan masih terus melakukan penyidikan karena Pokja lebih dari satu orang. Ada beberapa orang lagi termasuk penyedia di Surabaya, Jawa Timur dan kalau sudah lengkap disampaikan lagi ke BPKP. Artinya kedepan 9 orang lagi akan diperiksa untuk penyidikan tambahan kebutuhan keterangan untuk Auditor  BPKP dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah. Kalau memang sudah ada alat bukti yang cukup kita akan tetapkan kerugian negara,"jelasnya.

Menurutnya, penetapan tersangka terkait kasus dugaan korupsi pada kapal Singkil- 3 akan ditetapkan setelah menunggu hasil penghitungan BPKP dan tidak tutup kemungkinan, Kata Syahroni, kasus ini akan berhenti jika kesalahannya hanya soal administrasi. 

"Jika pemeriksaan telah selesai akan dilihat hasilnya, apabila ada kerugian negara dan alat bukti cukup, baru kemudian akan ditetapkan tersangkanya, namun jika berkenaan dengan kesalahan administrasi tidak ada ke pidana tapi diperbaiki," pungkasnya.

Sebelumnya, pihak Kejari telah melakukan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi terkait kasus tersebut. Mereka yang diperiksa diantara dari pihak Dinas Perhubungan selaku instansi pengadaan kapal, Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kantor Bupati Aceh Singkil dan pihak Bumdes yakni Kades di Pulau Banyak sebagai sasaran sebagai manfaat pertama. 

Kemudian Penyidik Kejari juga telah memeriksa Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK) bidang Aset dan Anggaran, termasuk Perusahaan pembuatan kapal di Surabaya dan perusahaan pemenang tender.

Seperti diketahui, Pengadaan kapal itu dilakukan pada tahun 2018 silam yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) afirmasi senilai Rp 1.2 miliar oleh Dinas Perhubungan Aceh Singkil.


Penulis :  Roni

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Penyidik Kejari Aceh Singkil Periksa 5 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Singkil-3, Salah Satunya Mantan Kadishub
Penyidik Kejari Aceh Singkil Periksa 5 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Singkil-3, Salah Satunya Mantan Kadishub
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh8GFXOnh0rt45tCEaiSOsZxTcBNVmMLezPOU5lAzvGLi3CwH3pI7l8N2FqIjaqDrJxdRVJ_StQebtWcxrx0xyi0prompZAsRpKNMvdzjk89fiLlAL9edroTn-Cf8NWVKet9lw0KJM3frWScKjnPd49higHs8lftd0b6zSiObO5wN86unnwcdnJhZx3=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh8GFXOnh0rt45tCEaiSOsZxTcBNVmMLezPOU5lAzvGLi3CwH3pI7l8N2FqIjaqDrJxdRVJ_StQebtWcxrx0xyi0prompZAsRpKNMvdzjk89fiLlAL9edroTn-Cf8NWVKet9lw0KJM3frWScKjnPd49higHs8lftd0b6zSiObO5wN86unnwcdnJhZx3=s72-c
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/02/penyidik-kejari-aceh-singkil-periksa-5.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/02/penyidik-kejari-aceh-singkil-periksa-5.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy