Pangdam IM Pelopori Program Tanam Pohon Mangrove di Kota Langsa

Langsa/liputaninvestigasi.com- Sebagai bentuk pemeliharaan ekosistem Hutan Mangrove, Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI M...

Langsa/liputaninvestigasi.com- Sebagai bentuk pemeliharaan ekosistem Hutan Mangrove, Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Mohamad Hasan yang didampingi Ketua Persit KCK PD Iskandar Muda bersama rombongan sambangi langsung Hutan Mangrove Kota Langsa sekaligus mempelopori program tanam pohon mangrove di Gampong Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Jum'at (28/01/2022).

Dalam kunjunganya itu, Pangdam IM yang juga didampingi Danrem 011/LW Kolonel Inf Bayu Permana dan para Asisten Kasdam IM, Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Agus Al Fauzi, S.I.P, M.I.Pol disambut langsung oleh Walikota Langsa Usman Abdullah, SE bersama unsur Forkopimda Kota Langsa dan Ketua Pengelola Hutan Manggrove Ayu Dia.

Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kita semua perlu menjaga dan menyelamatkan pohon mangrove dari penebangan liar, dikarenakan manggrove ini bisa menghambat akan terjadinya Tsunami, dan pohon Manggrove ini juga tempat berkembang biaknya para binatang laut.

Selama masa pembangunan jembatan Hutan Manggrove ini banyak yang menyampaikan pesan negatif maupun positif akan tetapi saya sebagai Walikota Langsa tetap dengan prinsip karena Pohon Manggrove perlu dilestarikan, Hutan Mangrove ini sudah mendapat juara umum dari pesona Indonesia, tidak menutup kemungkinan akan banyak pengunjung yang akan berwisata ke hutan Manggrove ini.

Selain itu, ia juga mengucapkan terimakasih kepada bapak pangdam IM yang mau berkunjung ke hutan mangrove sekaligus mempelopori penanaman pohon manggrove. Semoga menjadi motivasi kepada warga kota Langsa.

Kemudian, pada sela-sela kegiatan Pangdam IM saat diwawancarai awak media mengatakan, saya melihat hutan Mangrove Kota Langsa ini yang paling baik dan bagus, karena sudah sangat banyak pohon mangrove. Sehingga Hutan Mangrove yang ada di Langsa ini, bisa dicontoh oleh wilayah lainnya.

Bahkan, ia juga merencanakan seluruh wilayah Korem jajaran Kodam Iskandar Muda untuk membuat program tanam pohon mangrove secara massal, baik wilayah Korem 011/LW maupun Korem 012/TU untuk mencontoh Kota Langsa ini.

"Saya sependapat apa yang telah disampaikan oleh Bapak Walikota bahwa, banyak fungsi dari penanaman pohon mangrove ini seperti proses mitigasi alam atau menjaga struktur alam, kalau itu rusak pasti akan menjadi bencana," imbuhnya. 

Seperti kejadian Tsunami di Aceh 2004 lalu, jika pohon mangrove nya gundul mengakibatkan banyak kerusakan dimana-mana, akan tetapi juga sebaliknya, jika mangrove itu tebal pastinya akan mengurangi dampak dari Tsunami tersebut bahkan bisa tidak akan merusak sama sekali.

"Saya sangat mengapresiasi karya Walikota Langsa yang telah banyak mendapatkan penghargaan untuk Hutan Mangrove ini, juga tempat ini bisa menjadi destinasi wisata seperti pada hari Sabtu dan Minggu Hutan Mangrove ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung dari luar Kota Langsa sendiri," sebut Pangdam.

Selanjutnya, Dandim 0104/Atim menyampaikan bahwa, Pangdam Iskandar Muda beserta segenap komponen masyarakat binaan Kodim 0104/Atim dan Forkompinda Kota Langsa bergotong royong memelihara ekosistem hutan mangrove kota Langsa.

"Kegiatan ini sekaligus menjadi contoh segenap komponen masyarakat termasuk usia dini mencintai dan melindungi ekosistem alam untuk kehidupan yang baik dan bermanfaat," urainya.

Lanjut Dandim menuturkan, terlebih hutan mangrove di tengah Kota Langsa terancam rusak apabila tidak dibina dengan baik mulai usaha mencintai, memelihara dan mengembangkannya menjadi wahana yang menguntungkan dari berbagai aspek termasuk ekonomi dan wisata," tuturnya. (Fud)

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Pangdam IM Pelopori Program Tanam Pohon Mangrove di Kota Langsa
Pangdam IM Pelopori Program Tanam Pohon Mangrove di Kota Langsa
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjC7IpRNV1coxp9JelIxGy1eCOhBOV7RO6zUVE0FdbLte1vg7ZeGZkZA-TN35KsgT3cJJhmWUOlDKyWkAcS9w2ZKLWVf6aAK8OEJhJdLogToYmtzVwzmEizaXlriuH6bwdLUo6gBYE2gBNp3kgkHTEc4ZSbB9ReUvpPFu-S8G934DUw1c69Z0gYsnzg=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjC7IpRNV1coxp9JelIxGy1eCOhBOV7RO6zUVE0FdbLte1vg7ZeGZkZA-TN35KsgT3cJJhmWUOlDKyWkAcS9w2ZKLWVf6aAK8OEJhJdLogToYmtzVwzmEizaXlriuH6bwdLUo6gBYE2gBNp3kgkHTEc4ZSbB9ReUvpPFu-S8G934DUw1c69Z0gYsnzg=s72-c
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/01/pangdam-im-pelopori-program-tanam-pohon.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2022/01/pangdam-im-pelopori-program-tanam-pohon.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy