Pandemi Covid-19, Komisi IX Harap Pemerintah Lindungi Pekerja Indonesia

liputaninvestigasi.com - Memastikan tenaga kerja di Indonesia terlindungi dengan sebaik-baiknya, Komisi IX DPR RI melakukan pengawasan terka...

liputaninvestigasi.com - Memastikan tenaga kerja di Indonesia terlindungi dengan sebaik-baiknya, Komisi IX DPR RI melakukan pengawasan terkait perlindungan pekerja terutama pekerja sektor informal pada masa pandemi Covid-19. Terpukul akibat pandemi, Komisi IX DPR RI berharap segenap elemen pemerintah melindungi pekerja dengan bantuan dan jaminan yang sudah dicanangkan. 

Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menyampaikan hal tersebut usai memimpin Kunjungan Kerja Spesifik ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (26/11/2021), terkait perlindungan pekerja terutama pekerja informal di masa pandemi Covid-19. Ia menekankan, dengan jaminan dan bantuan tersebut, tenaga kerja di Indonesia lebih aman untuk bertahan hidup dalam situasi dan kondisi krisis. 

"Kami berharap pekerja informasi dilindungi oleh jaminan sosial, jaminan jika terjadi kecelakaan kerja, jaminan jika terdapat kematian, serta bantuan seperti kartu prakerja. Kami berharap mereka (pekerja) didorong untuk menjadi peserta BP Jamsostek serta BPJS Ketenagakerjaan, ini yang kita harapkan. Supaya masyarakat menjadi terbantukan dalam kondisi seperti ini." tutur Felly kepada Parlementaria. 

Di sisi lain, Anggota Fraksi Partai Nasional Demokrat (F-NasDem) DPR RI itu mengapresiasi ketahanan provinsi Kalimantan Timur dalam menghadapi krisis. Hal tersebut terbukti provinsi Kalimantan Timur masuk dalam jajaran tiga besar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 34 provinsi di Indonesia. 

Tentu saja, pencapaian tersebut, Felly menegaskan, tidak lepas dari peran sektor pendidikan yang baik. "Pendidikan di sini cukup bagus. Kaltim masuk sebagai peringkat ke 3 dari IPM provinsi di Indonesia, setelah DKI dan Jogja loh. Biasanya kalau pendidikan bagus, maka kesehatannya juga bagus, dan lainnya pun mengikuti." terang legislator dapil Sulawesi Utara itu. 

Dengan pencapaian yang sudah diperoleh, ia tidak ingin Kaltim terlena. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kaltim harus memaksimalkan segala potensi yang dimiliki supaya segera bangkit dan pulih dari pandemi Covid memang menghantam berbagai sektor sejak dua tahun terakhir ini.  "Ke depan akan ada pemulihan, saya meminta pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah setempat untuk memperhatikan masyarakat terutama para pekerja yang mengalami kesulitan,” tandas Felly. 

Pada kunjungan tersebut, Komisi IX DPR didampingi Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker RI, Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker RI, jajaran Pejabat dan Dewas BPJS Ketenagakerjaan. Turut hadir Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan, Disnakertrans kota Balikpapan, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Balikpapan, perwakilan pekerja yang di PHK dan dirumahkan pada sektor formal, Perwakilan asosiasi nelayan, Perwakilan asosiasi petani, Perwakilan asosiasi pedagang kaki lima, Perwakilan Pekerja UMKM, dan perwakilan asosiasi pekerja informal.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Pandemi Covid-19, Komisi IX Harap Pemerintah Lindungi Pekerja Indonesia
Pandemi Covid-19, Komisi IX Harap Pemerintah Lindungi Pekerja Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-tredLfEyoto/YaDKhcVth0I/AAAAAAAAXrw/zzoD-OLx5Z0yF5Cesp7jWhAeAdPdO3xrgCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20211126_185132.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tredLfEyoto/YaDKhcVth0I/AAAAAAAAXrw/zzoD-OLx5Z0yF5Cesp7jWhAeAdPdO3xrgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20211126_185132.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/11/pandemi-covid-19-komisi-ix-harap.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/11/pandemi-covid-19-komisi-ix-harap.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy