Agar Penyalur Dana Hibah Tepat Sasaran, Dinas Perikanan Jalin Kerjasama dengan Disdukcapil Aceh Singkil

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Dinas Perikanan Aceh Singkil jalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcap...

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Dinas Perikanan Aceh Singkil jalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam menjaga validitas dan verifikasi data bagi penerima manfaat bantuan sosial dan hibah serta menjaga agar bantuan yang dihibahkan tepat sasaran. 

Dalam pertemuan tersebut Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Singkil melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) pemanfaatan data kependudukan berbasis NIK dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Singkil. 

Acara penandatanganan tersebut dilakukan oleh Drs. Saiful Umar Kepala Dinas Perikanan dengan Yakup, SE kepala dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil kabupaten Aceh Singkil dan disaksikan oleh para sekretaris, Kabis Piak, Kasi Dukcapil serta staf Dinas Perikanan. Kamis (16/09/2021) di kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Singkil. 

Kadis Dukcapil Aceh Singkil, Yakup, SE mengatakan bahwa pemberian hak akses pemanfaatan data Kependudukan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) merupakan amanat dari UU nomor 23 Tahun 2006 yang telah diubah dengan UU nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi KependudukanKependudukan kemudian diatur lebih lanjut dengan Permendagri Nomor 102 Tahun 2019 tentang Hal Akses dan Pemanfaatan data Kependudukan. 

Menurutnya, pemberian hak akses pemanfaatan data Kependudukan ini sangatlah penting terutama untuk meningkatkan pelayanan publik oleh lembaga pengguna maupun untuk perencanaan pembangunan. 

Untuk itu ia berharap kepda setiap OPD lembaga-lembaga di tingkat kabupaten Aceh Singkil untuk melakukan PKS pemanfaatan data Kependudukan dengan Dukcapil Aceh Singkil. 

"Perjanjian kerjasama tersebut bertujuan untuk mengefektifkan data Kependudukan melalui mekanisme verifikasi dan validasi data dengan pemanfaatan data Kependudukan dari kedua pihak guna mencegah duplikasi data dan dan untuk menghindari kerugian keuangan pemerintah kabupaten Aceh Singkil dalam menyalurkan bantuan sosial dan hibah oleh Dinas Perikanan," jelas Yakup. 

"Sampai saat ini baru dua dua OPD yang sudah melakukan perjanjian kerjasama yakni Dinas Sosial dan Dinas Perikanan Aceh Singkil, Kami berharap OPD lain menyusul melakukan hal yang sama,"pintanya.

Ditempat yang sama Kabid Piak dan Pemanfaatan data Dukcapil, Subdi menjelaskan bahwa PKS yang sudah ditandatangani akan dikirim ke Dirjen Dukcapil untuk mendapatkan persetujuan untuk dibukakan akses langsung data Warehouse ( DWH) Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri oleh Dinas Perikanan. 

"Nantinya setiap OPD menunjuk satu orang pengelola hak akses, yang akan mendapatkan pelatihan sebelum melaksanakan tugas," terang Subdi. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Saiful Umar Kabupaten Aceh Singkil mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang telah dilaksanakan ini. 

" Semoga apa yang telah disepakati bersama mampu memberikan pelayanan publik kepada masyarakat semakin cepat," pungkasnya. 


Penulis : Roni

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Agar Penyalur Dana Hibah Tepat Sasaran, Dinas Perikanan Jalin Kerjasama dengan Disdukcapil Aceh Singkil
Agar Penyalur Dana Hibah Tepat Sasaran, Dinas Perikanan Jalin Kerjasama dengan Disdukcapil Aceh Singkil
https://1.bp.blogspot.com/-NRjfj62fTQU/YUMfLtWi91I/AAAAAAAAWUA/rHyAyhRwgtoqnw5gDm6-IwIi_-cdiWk9gCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210916-WA0016.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NRjfj62fTQU/YUMfLtWi91I/AAAAAAAAWUA/rHyAyhRwgtoqnw5gDm6-IwIi_-cdiWk9gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210916-WA0016.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/09/agar-penyalur-dana-hibah-tepat-sasaran.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/09/agar-penyalur-dana-hibah-tepat-sasaran.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy