SEMA IAIN Takengon Selenggarakan Focus Group Discussion, Pendidikan di Tengah Pandemi: Anugerah atau Petaka?

liputaninvestigasi.com - SEMA IAIN Takengon 2021 selenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pendidikan di Tengah Pande...

liputaninvestigasi.com - SEMA IAIN Takengon 2021 selenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pendidikan di Tengah Pandemi: Anugerah atau Petaka?” melalui Platform Pertemuan Daring Google Meet pada Kamis, 26 Agustus 2021. 

Kegiatan FGD yang diselenggarakan pengurus Senat Mahasiswa salah satu kampus kenamaan di Aceh Tengah tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor IAIN Takengon, Dr. Zulkarnain, M.Ag sekaligus bertindak sebagai Keynote Speaker. 

FGD kali ini diselenggarakan atas dasar keprihatinan Pengurus Senat Mahasiswa IAIN Takengon 2021 terhadap menurunnya capaian pembelajaran pelajar Indonesia, khususnya Aceh Tengah selama metode Pembelajaran Jarak Jauh dilakukan pada masa pandemi. 

“Tidak bisa dipungkiri, bahwa pembelajaran jarak jauh yang telah berlangsung membawa dampak negatif pada moral para pengurus negeri, di sisi lain memutus mata rantai penyebaran covid-19 merupakan salah satu pengamalan Maqashidus Syari’ah dan wajib dilakukan, " kata Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) IAIN Takengon 2021, Sdri. Aida Munawarah. 

"Hal ini ibarat dua mata pisau, dan dirasa adalah tugas kita sebagai perlu dicari titik temu metode pembelajaran yang paling efektif di masa pandemi covid-19 ini, " tambahnya. 

Kegiatan tersebut menghadirkan 3 orang pembicara, yakni dr. Yunasri, M.Kes (Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah), Irhamna, S.Pd.I (KASI Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah), Tengku Amry Jalaluddin (Ketua MPU Kabupaten Aceh Tengah).

 Ketiga pembicara tersebut memaparkan tema perbincangan yang berbeda, sesuai dengan ranah yang dijalani masing-masing pembicara. Pada sesi pertama, Bapak dr. Yunasri, M.Kes. memaparkan tema “Penanganan dan Perkembangan Kasus Covid-19 di Aceh Tengah”. 

Pada sesi kedua, Irhamna, S.Pd.I memaparkan tema “Upaya dan Kebijakan Kementerian Agama dalam Menangani Problematika Pendidikan di Era Pandemi”. Sedangkan pada sesi ketiga, Tengku Amry Jalaluddin memaparkan tema “Pandangan Ulama Terhadap Metode Pembelajaran dalam Kondisi Covid-19”  

Focus Group Discussion ini berjalan dengan khidmat dan diikuti oleh sekitar 80 partisipan dan dihadiri oleh kalangan Civitas Academika IAIN Takengon, mahasiswa, guru, dosen, dan masyarakat Aceh Tengah. 

Dalam kesempatannya, Rektor IAIN Takengon menyampaikan apresiasi kepada segenap pengurus Senat Mahasiswa yang telah menginisiasi kegiatan ini serta memberikan pesan bahwa Covid-19 adalah musibah yang ada sisi berkahnya. 

“Pemahaman kita akan Covid-19 itu, bergantung dari sisi mana kita memandang Covid-19 itu sendiri. Jika kita memandang Covid-19 dalam perspektif musibah, maka kita akan menganggap Covid-19 itu adalah musibah," katanya. 

Tambahnya, dalam konteks ini musibah harus dimaknai sebagai alat ukur yang dipersembahkan Allah kepada seluruh manusia di dunia, tolak ukur bagaimana kapabilitas manusia dalam memaknainya, mengelolanya, dan melindungi diri dari wabah ini.

Rektor juga menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 juga berefek pada dunia pendidikan, namun sebagaimana yang telah disampaikan olehnya bahwa musibah ini haruslah disiasati oleh sebagai tolak ukur dalam memaknai, mengelola, dan melindungi  diri sehingga kehidupan manusia tetap dapat dijalani. 

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: SEMA IAIN Takengon Selenggarakan Focus Group Discussion, Pendidikan di Tengah Pandemi: Anugerah atau Petaka?
SEMA IAIN Takengon Selenggarakan Focus Group Discussion, Pendidikan di Tengah Pandemi: Anugerah atau Petaka?
https://1.bp.blogspot.com/-gTJ4M4PAiao/YSiWE35c9_I/AAAAAAAAV8g/AVwjGbenc7wILElBrWta8N6iAKYXGORrQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210827-WA0024.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gTJ4M4PAiao/YSiWE35c9_I/AAAAAAAAV8g/AVwjGbenc7wILElBrWta8N6iAKYXGORrQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210827-WA0024.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/08/sema-iain-takengon-selenggarakan-focus.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/08/sema-iain-takengon-selenggarakan-focus.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy