Jika Benar Pejabat Aceh Timur Dicambuk, Itu Prestasi Penegak Hukum Kaliber Nasional

liputaninvestigasi.com - Aktivis Front Anti Kejahatan Sosial (FAKSI) Aceh, mengatakan rencana eksekusi  cambuk salah seorang oknum pejabat y...

liputaninvestigasi.com - Aktivis Front Anti Kejahatan Sosial (FAKSI) Aceh, mengatakan rencana eksekusi  cambuk salah seorang oknum pejabat yang diduga terlibat  perkara mesum dengan istri orang di jajaran pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, merupakan kejutan dan prestasi besar kaliber nasional bagi para penegak hukum  di Aceh Timur, yang berupaya menghadirkan keadilan atas penerapan hukum cambuk di Aceh.

Hal itu menurut Ronny, dikarenakan penerapan hukum syariat Islam yang berakibat dicambuknya oknum pejabat, baru kali ini terjadi di Aceh, bahkan di tingkat nasional di sepanjang sejarah.

"Itu merupakan prestasi kaliber nasional bagi para penegak hukum di sini, baik jaksa, polisi, pengadilan, hingga Satpol PP dan WH, dalam hal memberikan keadilan bagi setiap warga negara, tapi itu jika benar - benar oknum pejabat itu dicambuk sesuai aturan ya, dan bisa dikatakan, itu merupakan hal baru yang mengejutkan di sepanjang sejarah," kata Ronny, Kamis 1 April 2021.

Sebab menurut Ronny, selama ini masyarakat merasakan bahwa hukum syariat di Aceh terkesan hanya berlaku bagi warga biasa saja.

"Ya, sebenarnya bukan satu saja pejabat Aceh Timur yang harus dicambuk, ada yang lainnya, tapi enggak apa- apalah, untuk sementara satu dulu, sebab mungkin itu yang jelas terbukti, dan yang pasti masyarakat tentu senang kalau ada pejabat dicambuk, sebab selama ini mereka lebih banyak merasakan bahwa penerapan hukum syariat hanya menyasar warga biasa saja, sedangkan pejabat, bisa dikatakan hampir tidak pernah terdengar kena cambuk, itu kan tidak adil namanya, jadi kalau pejabat itu memang  benar dicambuk, itu baru adil, " ungkap aktivis cadas yang dikenal fokus pada gerakan dan isu - isu sosial seperti masalah kemiskinan, pengangguran, demokrasi dan Hak Asasi Manusia tersebut.

Ketua Setwil. Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Provinsi Aceh itu berpendapat, jika hukum cambuk hanya diberlakukan bagi warga biasa saja, hal itu merupakan bentuk lain dari pelanggaran Hak Asasi Manusia, karena penerapan hukum yang diskriminatif dan tidak mencitrakan kesetaraan, menggugurkan persamaan hak serta perlakuan yang sama di depan hukum.

"Kalau hukum cambuk itu tidak berlaku bagi pejabat, maka itu jelas sangat tidak adil dan menindas, karena jelas diskriminatif, dan merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia bagi warga biasa, sebab ada beberapa warga yang sebelumnya telah terbukti dicambuk di depan umum, tapi pejabatnya yang mesum belum," tandas putera Idi Rayeuk berdarah Aceh -Minang tersebut.

Dia berharap, penerapan hukum cambuk di Aceh, khususnya di Aceh Timur, diselenggarakan seadil - adilnya tanpa diskriminasi. Sebab menurut Ronny, jika keadilan hukum cambuk diabaikan bagi pejabat, maka hal itu tak ubahnya sebagai wajah dari kemunafikan serta penindasan yang nyata bagi rakyat.

"Kita mendukung penegak hukum menerapkan hukum syariat Islam yang adil, contohnya hukum cambuk, jangan ada diskriminasi, kesungkanan atau takut diintimidasi dengan berbagai cara atau kekhawatiran lainnya, karena kami semua mendukung  siapapun yang berupaya menghadirkan keadilan yang mejadi nyata di bumi Aulia ini," pungkas alumni Universitas Ekasakti tersebut menutup keterangannya.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Jika Benar Pejabat Aceh Timur Dicambuk, Itu Prestasi Penegak Hukum Kaliber Nasional
Jika Benar Pejabat Aceh Timur Dicambuk, Itu Prestasi Penegak Hukum Kaliber Nasional
https://1.bp.blogspot.com/-LGkmMC8vw90/YGXFSSF2y2I/AAAAAAAATD0/pfD4NZLsgDknMkObr0szz_2LHTz73OHIACLcBGAsYHQ/s320/IMG_20210401_200428.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LGkmMC8vw90/YGXFSSF2y2I/AAAAAAAATD0/pfD4NZLsgDknMkObr0szz_2LHTz73OHIACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20210401_200428.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/04/jika-benar-pejabat-aceh-timur-dicambuk.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2021/04/jika-benar-pejabat-aceh-timur-dicambuk.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy