Pilkada Aceh Tahun 2022, Tergantung Keputusan Politik Pemerintah Pusat

liputaninvestigasi.com - Terkait polemik Pilkada Aceh tahun 2022 jadi atau ditunda tahun 2024, KPU Pusat tidak pernah melarang serta KPU be...

liputaninvestigasi.com - Terkait polemik Pilkada Aceh tahun 2022 jadi atau ditunda tahun 2024, KPU Pusat tidak pernah melarang serta KPU belum membatalkan hasil keputusan KIP Aceh tentang penetapan jadwal, program dan tahapan Pilkada tahun 2022, Hal itu ditegaskan Ketua KIP Aceh dalam sesi webinar yang dilaksanakan Le'Meuriya Centre(LMC) bekerjasama Forkamapa pada hari Sabtu (20/03) yang berlangsung secara virtual yang bertajuk Menakar Kesaktian UUPA terkait Tarik Ulur Pilkada Aceh Tahun 2022.

Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri menegaskan bahwa sampai saat ini KPU Pusat belum membatalkan keputusan KIP Aceh tentang jadwal, program dan tahapan Pilkada Aceh tahun 2022 serta tidak melarangnya. KPU hanya meminta KIP Aceh untuk menunda sementara waktu tahapan Pilkada.

Selanjutnya kata Samsul Bahri, bahwa KIP Aceh menetapkan Pilkada Aceh tahun 2022 merujuk pada UU nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh. sesuai dengan kewenangan Aceh dalam melaksanakan Pilkada, Jelasnya.

"Yang sangat penting dilakukan saat ini adalah sikap.Gubernur Aceh dan DPRA dalam melobi dan mengadvokasi keputusan politik di tingkat Pemerintah Pusat," ucapnya.

Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin,  juga memaparkan komitmennya untuk memperjuangkan Pilkada Aceh tetap digelar tahun 2022, UUPA sebagai legal standing yang kuat sebagai bagian hasil resolusi penyelesaian konflik yang dimuat dalam kesepakatan MoU Helsingki. 

Dahlan juga mengatakan bahwa kesiapan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada tidak menjadi masalah karena sudah dianggarkan pada tahun 2021 dan tahun 2022 pada post BTT (Belanja Tidak Terduga).

Selain itu pihaknya telah bertemu dengan beberapa pihak untuk mendapatkan dukungan seperti DPR-RI, dan Kemendagri, pihaknya juga telah menyurati Presiden Jokowi Dodo untuk kepastian mendapatkan keputusan politik terkait Pelaksanaan Pilkada Aceh tahun 2022.

Terakhir Dahlan mengajak semua stakeholder di Aceh untuk sama-sama memperjuangkan Pilkada Aceh tahun 2022.

Narasumber lainnya Muammar, S.H.,M.H mengungkapkan bahwa dari berbagai kajian dan aspek hukum tidak ada alasan bagi Pemerintah Pusat untuk menunda  Pilkada di Aceh tahun 2022, 

Harapan kedepannya agar tidak terjadi disharmonisasi antara UUPA dengan UU Pemilu nasional, haruslah dilakukan upaya harmonisasi kedua UU tersebut secara menyeluruh.

Sementara Ketua Partai SIRA  Muhammad Nazar menekankan, seharusnya elit politik Aceh tidak hanya fokus terhadap tarik ulur pilkada Aceh saja, akan tetapi harus berfokus juga  pada kekosongan jabatan Wakil Gubernur Aceh. Karena hal tersebut menyangkut kepentingan Aceh juga yang harus diperjuangkan, karena itu juga merupakan mandat dari UUPA.

"Sakti atau tidak sakti UUPA tergantung darimana melihat dan kepentingannya," ujar Nazar yang juga mantan Wagub Aceh.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Pilkada Aceh Tahun 2022, Tergantung Keputusan Politik Pemerintah Pusat
Pilkada Aceh Tahun 2022, Tergantung Keputusan Politik Pemerintah Pusat
https://1.bp.blogspot.com/-061wxCw7-cA/YFYPN4uBfzI/AAAAAAAAS8Q/qEEHavGWXgY-391J4x34_lIAFqRnTbrNACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210320-WA0042.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-061wxCw7-cA/YFYPN4uBfzI/AAAAAAAAS8Q/qEEHavGWXgY-391J4x34_lIAFqRnTbrNACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210320-WA0042.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/03/pilkada-aceh-tahun-2022-tergantung.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/03/pilkada-aceh-tahun-2022-tergantung.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy