FIMA Minta Pemko Banda Aceh Segera Relokasikan IPAL

liputaninvestigasi.com - Pembangunan Proyek IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah ) di Gampong Pande menjadi polemik di tengah-tengah masyar...

liputaninvestigasi.com - Pembangunan Proyek IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah ) di Gampong Pande menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat Aceh hari ini, pro dan kontra muncul dari berbagai kalangan masyarakat Aceh.

Ketua FIMA (Forum Interaksi Mahasiswa Aceh) Muhammad Khalis turut berbicara tentang persoalan ini. Menurutnya, proyek pembangunan IPAL tidaklah salah, yang salah disini adalah lokasinya kenapa harus di Gampong Pande yang berbatasan langsung dengan Gampong Jawa yang sebelumnya diketahui disini terdapat ratusan peninggalan sejarah yang masih terkubur dan belum tersentuh penelitian yang baik. "Kita sangat tidak sepakat pembangunannya di lokasi tersebut," ungkapnya.

Ia menambahkan, seharusnya tim Tata Ruang Pemko Banda Aceh harus lebih mempertimbangkan aspek-aspek lingkungan untuk beberapa persoalan. "hari ini, seperti proyek IPAL, ini kan sudah bermasalah. Kenapa sampai bisa kecolongan kajian amdal, "ujarnya. Selasa 9 Maret 2021.

Ia menjelaskan, paska penemuan Nisan-nisan era Kerajaan Aceh Darussalam di lokasi pembangunan IPAL hari ini. Walikota Banda Aceh juga sangat-sangat tidak masuk akal mengeluarkan statement walikota yang mengatakan "Kompleks pemakaman dengan nisan-nisan Aceh berbagai periode di Gampong pande bukanlah kompleks pemakaman kerajaan melainkan adalah kompleks pemakaman masyarakat biasa".

Terlihat sekali beliau tidak paham bagaimana ciri-ciri nisan yang diperutukkan kepada Ulama-ulama dan tokoh-tokoh penting kerabat kerajaan.

Bahkan, lembaga-lembaga yang bergerak di bidang cagar budaya menduga disitu juga terdapat beberapa makam raja- raja Gampong Pande yang belum diketemukan dan di lokasi ini patut sekali untuk dilakukan riset yang  berlanjut.

Menurutnya, ini bukanlah persoalan pegiat sejarah saja. Namun ini adalah persoalan kita bersama. Regulasi tentang lingkungan dan cagar budaya harus dijaga bersama.

"Hari ini saya sebagai Mahasiswa dan juga sebagai Ketua Forum Interaksi Mahasiswa Aceh sangat menyayangkan kebijakan Walikota Banda Aceh. Kami akan mencoba konsolidasikan kepada teman -teman mahasiswa lain setiap kabupaten kota di aceh tentang persoalan ini, persoalan yang di sampaikan masyarakat hari ini kepada kami banyak sekali dan IPAL ini termasuk salah satunya dan kami sebagai mahasiswa menyatakan dengan tegas menolak IPAL di lokasi tersebut, " tegasnya. 

"Kami meminta pihak Pemko Banda Aceh untuk segera  merelokasikan proyek IPAL agar benda-benda cagar budaya dapat terselamatkan. Supaya sejarah dapat dikenang sepanjang masa oleh anak cucu kita, " Harapnya.(NN)

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: FIMA Minta Pemko Banda Aceh Segera Relokasikan IPAL
FIMA Minta Pemko Banda Aceh Segera Relokasikan IPAL
https://1.bp.blogspot.com/-L6sVumAODgs/YEb2DHoRh8I/AAAAAAAAS1c/zV0wk8vSjjAgZkMtZ30chtq3HGR6yzHCgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210309-WA0001.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-L6sVumAODgs/YEb2DHoRh8I/AAAAAAAAS1c/zV0wk8vSjjAgZkMtZ30chtq3HGR6yzHCgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210309-WA0001.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/03/fima-minta-pemko-banda-aceh-segera.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2021/03/fima-minta-pemko-banda-aceh-segera.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy