Dampak Tambang Rakyat, Limbah Mercury Cemari DAS Peulumat

Tapaktuan/liputaninvestigasi.com - Ribuan penduduk di beberapa gampong di Kecamatan Labuhanhaji Timur Aceh Selatan, mendiami dan sering bera...

Tapaktuan/liputaninvestigasi.com - Ribuan penduduk di beberapa gampong di Kecamatan Labuhanhaji Timur Aceh Selatan, mendiami dan sering beraktivitas di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Peulumat.

Berdasarkan informasi yang diterima, akibat tambang rakyat di kawasan pergunungan setempat, kini sepanjang aliran sungai mulai berdampak limbah mercury. Hal itu diungkapkan Koordinator LSM LIBAS) Mayfendri SE, di Tapaktuan, Senin (01/2/2020).

Mayfendri menyatakan limbah mercury tambang rakyat di Gampong Gunung Rotan, Kecamatan Labuhanhaji Timur, timbul dampak terhadap lingkungan dan cemari daerah aliran sungai (DAS) Peulumat. 

Diakui, keberadaan tambang rakyat itu telah meningkatkan ekonomi masyarakat. Namum ancaman mercury yang telah mencemari aliran sungai, itu lebih berbahaya bagi keberlangsungan kehidupan dan lingkungan setempat.

"Bahan berbahaya jenis mercury itu telah lama mencemari sepanjang aliran sungai.Sehingga masyarakat setemapat telah resah," ujarnya.

Mayfendri meminta kepada Pemkab Aceh Selatan agar menertibkan pengolahan emas secara tradisional dengan menggunakan bahan mercury di kawasan tersebut. 

"Jikapun dilakukan penertiban, setidaknya Pemkab Aceh Selatan, harus memberikan solusi atau menyarankan kepada masyarakat agar tidak menggunakan bahan mercury dalam pengolahan tambang emas" imbuhnya

"Krena ini menyangkut pertambangan, maka kita juga meminta kepada pihak Dinas Pertambangan Aceh segera turun kelokasi untuk melihat langsung aktivitas pertambangan rakyat di Gampong Gunung Rotan Labuhanhaji Timur, " pintanya. 

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Selatan, Mirjas Syahputra S.Si ketika dikonfirmasi melalui Kabid Tata Lingkungan, Asrimaida ST menjelaskan, mengenai penertiban tambang adalah ranah Provinsi Aceh. 

"Kita hanya menangani tambang yang memiliki izin. Kalau tidak memiliki izin atau ilegal itu wewenang pihak penegak hukum," jelasnya. 

Ketika menjawab pertanyaan terkait pernahkah pihak DLH Aceh Selatan turun ke lokasi, Kabid Tata Lingkungan  Asrimaida menyatakan dinas hanya mengawasi yang memiliki izin, kalau itukan tidak ada izin.

Sementara, Kabid RTH dan PKLH DLH Aceh Selatan Sakdah ST mengakui pernah turun kelokasi bahkan menerima laporan masyarakat terkait pencemaran DAS dari limbah mercury hasil olahan tambang rakyat. 

"Kita tidak begitu saja bisa melakukan penindakan tanpa memberikan solusi setidaknya kita hanya bisa menyarankan kepada masyarakat agar tidak menggunakan mercury dan membangun bak penampung limbah dari beton," ucapnya.||NB

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Dampak Tambang Rakyat, Limbah Mercury Cemari DAS Peulumat
Dampak Tambang Rakyat, Limbah Mercury Cemari DAS Peulumat
https://1.bp.blogspot.com/-JVVmllI-o6I/YBjSdBYYEFI/AAAAAAAASes/FfsCtv_NQFU9TGDpRI-Qvl0_5vd0zRBZwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210202-WA0005.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JVVmllI-o6I/YBjSdBYYEFI/AAAAAAAASes/FfsCtv_NQFU9TGDpRI-Qvl0_5vd0zRBZwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210202-WA0005.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/02/dampak-tambang-rakyat-limbah-mercury.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/02/dampak-tambang-rakyat-limbah-mercury.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy