Pelayanan Diruang Hemodialisa di RSUYA Tapaktuan Telah Diaktifkan Kembali

Tapaktuan/ LiputanInvestigasi.com,- Meskipun grafik kasus pasien yang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Aceh Selatan ...



Tapaktuan/ LiputanInvestigasi.com,-Meskipun grafik kasus pasien yang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Aceh Selatan semakin meningkat, dengan jumlah akumulasi positif kian terus bertambah.

Karena pasien dan tenaga medisnya ada yang terinfeksi positif Covid-19, kini pelayanan ruang Hemodialisa (HD) atau layanan cuci darah di RSUDYA Tapaktuan resmi dibuka kembali, pasca atau sebelumnya sempat ditutup sejak awal Agustus 2020 lalu.

Direktur RSUDYA Tapaktuan, dr. Erizaldi M.Kes, Sp.Og yang dikonfirmasi di Tapaktuan, Senin (21/9/2020), membenarkan ruang pelayanan HD di rumah sakit tersebut telah resmi dibuka kembali pasca para pasien dan tenaga medis serta para medisnya yang sebelumnya sempat terkonfirmasi positif Covid-19 dinyatakan telah sembuh.

Menurutnya, langkah cepat ini harus segera dilakukan pihak rumah sakit daerag Aceh Selatan, berhubung pelayanan HD di RSUZA Banda Aceh ditutup untuk sementara waktu, karena beberapa pasien dan sejumlah tenaga medis dan para medisnya terinfeksi positif Covid-19.

"Saat ini ruang pelayanan HD di RSUDYA Tapaktuan secara resmi sudah dibuka kembali. Tapi pasien yang dilayani di ruang HD ini harus betul-betul pasien yang aman dari terinfeksi Covid-19 yang dibuktikan dari hasil pemeriksaan swab negative,” kata dr. Erizaldi.

Sedangkan terhadap pasien yang hasil pemeriksaan swabnya masih terkonfirmasi positif Covid-19 namun butuh pelayanan HD, maka pasien dimaksud harus menjalani perawatan di ruang isolasi Pinere Covid-19 terlebih dahulu sampai hasil pemeriksaan swabnya dinyatakan negative.

dr. Erizaldi menyebutkan bahwa, pasca pelayanan HD di RSUDYA Tapaktuan resmi telah dibuka, jumlah pasien yang berobat sejauh ini mengalami penurunan yaitu sekitar 16 orang dari sebelumnya lebih dari 20 orang.

“Penurunan jumlah pasien HD itu diantaranya karena ada sebagian diantaranya sudah meninggal dunia,” ungkapnya

Selain itu, Ia menjelaskan bahwa untuk mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19 makin meluas, pihaknya telah mengambil kebijakan melakukan screening (penyaringan) terlebih dahulu terhadap setiap masyarakat/pasien yang berobat ke rumah sakit tersebut baik pasien rawat jalan maupun rawat inap. Terhadap pasien yang memiliki gejala seperti demam, batuk dan sesak nafas nantinya diarahkan ke poliklinik khusus.

Menurutnya, langkah ini dilakukan untuk memudahkan dilakukan pendalaman apakah pasien dimaksud mengarah ke Covid-19 atau tidak. Jika tidak terbukti, maka pasien dimaksud dikembalikan lagi ke poliklinik biasa. Namun sebaliknya, jika terbukti mengarah ke Covid-19, maka dilakukan beberapa terapi dan akan dilihat jika tidak perlu dirawat maka di arahkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Langkah ini kita lakukan bagian dari tindakan preventif kita untuk kebaikan bersama ditengah masih tingginya grafik pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Aceh Selatan. Buktinya berdasarkan uptade data Covid-19 yang di rilis Dinkes Aceh Selatan, kasus terkonfrimasi positif telah mencapai 170 orang, diantaranya kasus terkonfirmasi dirawat 3 orang, kasus terkonfirmasi isolasi mandiri 53 orang, kasus terkonfirmasi sembuh 100 orang dan yang meninggal dunia 15 orang,” pungkasnya, ||NB

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Pelayanan Diruang Hemodialisa di RSUYA Tapaktuan Telah Diaktifkan Kembali
Pelayanan Diruang Hemodialisa di RSUYA Tapaktuan Telah Diaktifkan Kembali
https://1.bp.blogspot.com/-2sCwO9NtL78/X2nKO5Pl1QI/AAAAAAAARi4/4JYZqfnUgCcQb3OlVvVCtdA6wMBZbR-SQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200922-WA0028.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2sCwO9NtL78/X2nKO5Pl1QI/AAAAAAAARi4/4JYZqfnUgCcQb3OlVvVCtdA6wMBZbR-SQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200922-WA0028.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/09/pelayanan-diruang-hemodialisa-di-rsuya.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2020/09/pelayanan-diruang-hemodialisa-di-rsuya.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy