Sungai Kluet Kembali Tenggelamkan Ratusan Hektar Lahan Pertanian Milik Warga

liputaninvestigasi.com - Aliran sungai Kluet semakin deras dan terus memperlihatkan keganasannya meluluhkan lantakan apa yang ada disepan...


liputaninvestigasi.com - Aliran sungai Kluet semakin deras dan terus memperlihatkan keganasannya meluluhkan lantakan apa yang ada disepanjang tepi sungai itu.

Seperti yang terjadi di Desa Pulo Kambing, Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan, mulai dari kebun, pemukiman hingga tempat pemakanan umum (TPU) setempat.

Ancaman Daerah Aliran Sungai (DAS) Kluet itu tidak hanya di Kecamatan Kluet Utara saja, tetapi juga terjadi di Kecamatan Kluet Tengah, Kecamatan Kluet Timur dan Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten setempat.

Hasbaini, warga Desa Pulo Kambing kepada wartawan Kamis (21/5/2020) mengatakan, bencana erosi sungai Kluet sudah di mulai sejak tahun era 80-an sampai saat ini.

Dia menyebutkan, hal itu cukup beralasan, karena pembalakan liar/ilegal logging sejak puluhan tahun yang lalu serta maraknya tambang emas tradisional yang kian tak terkontrol belum lagi pengolahan limbah yang belum mengikuti kaedah lingkungan, serta galian c diberbagai tempat.

"Jika terjadi intensitas curah hujan tinggi akan menyebabkan banjir dan otomatis menggenangi lahan pertanian masyarakat, bila air sungai mulai surut, disitulah terjadinya erosi lahan dan kemudian membuat pendangkalan sungai," jelasnya.

Dia juga mengatakan, semenjak tidak dilanjutkannya pembangunan tanggul di Gampong Desa Paya sampai ke Desa Pulo Kambing, Kluet Utara menyebabkan hantaman air sungai Kluet terus mengarah ke pemukiman warga dan melenyapkan lahan serta tanaman pertanian masyarakat.

"Saya telah kehilangan setidaknya 3 hektar lahan pertanian yang telah berproduksi dan saat ini sungai Kluet telah berada tepatnya di belakang rumah, saya tidak pernah membayangkan begitu cepat amukan sungai ini," katanya.

"Saat ini kami warga Pulo Kambing sambung Hasbaini, telah kehilangan lahan pertanian yang selama ini sebagai sumber ekonomi keluarga. Diperkirakan setidaknya kerugian masyarakat mencapai milyaran rupiah akibat erosi sungai Kluet itu," tambahnya.

Dia mengharapkan kepada Pemerintah melalui Dinas terkait untuk melakukan normalisasi sungai Kluet yang terus menerus mengancam pemukiman warga di daerah tersebut. Dia juga meminta kepada Pemerintah untuk menertiban galian C.

"Tentunya mega proyek ini akan menelan dana yang cukup besar, dan pemerintah Aceh Selatan harus mampu menjemput dana ke pusat yang bersumber dari APBN. Walaupun demikian dana tanggap darurat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Pengairan membuat tanggul pada titik rawan supaya erosi tidak meluas dan berakibat lebih buruk lagi," harapnya.||NB

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Sungai Kluet Kembali Tenggelamkan Ratusan Hektar Lahan Pertanian Milik Warga
Sungai Kluet Kembali Tenggelamkan Ratusan Hektar Lahan Pertanian Milik Warga
https://1.bp.blogspot.com/-R349StdClQo/XsZkYAWJ_6I/AAAAAAAAQj0/dw4JCmaKaxwtLBVmfLnt8dfiYmbzla_pACLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200521-WA0040.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-R349StdClQo/XsZkYAWJ_6I/AAAAAAAAQj0/dw4JCmaKaxwtLBVmfLnt8dfiYmbzla_pACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200521-WA0040.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/05/sungai-kluet-kembali-tenggelamkan.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/05/sungai-kluet-kembali-tenggelamkan.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy