Pemerintah Gampong Trieng Meuduro Tunong Sawang Cairkan Dana BLT kepada 105 KK

liputaninvestigasi.com - Pemerintah Gampong Trieng Meuduro Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan mencairkan dana Bantuan Lansung...


liputaninvestigasi.com - Pemerintah Gampong Trieng Meuduro Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan mencairkan dana Bantuan Lansung Tunai (BLT) kepada warga atau masyarakatnya.

Sebanyak 105 KK terima BLT- gampong Trieng Meuduro itu yang berlansung di kantor Keuchik setempat. Kamis 21 Mei 2020.

Penyaluran bantuan tahap 1 tersebut secara tunai kepada penerima manfaat merupakan warga imbas dampak COVID-19.

Pada acara penyerahan BLT itu, dihadiri dan disaksikan oleh Camat Sawang Masriadi, S.STP, M.Si, Babinsa KORMIL 04 Sawang Koptu Heri Mardedi, Bhabinkantibmas Polsek Bripka Julianto, Ketua Tuha Peut, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa.

Keuchik Trieng Meuduro Tunong Irwanda, S.Pd menyatakan bahwa sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa dan Surat Edaran Bupati Aceh Selatan tentang penetapan daftar keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai ( BLT) Dana Desa.

Sebutnya, dengan tahapan yang dilakukan adalah dengan cara mendata dan melaksanakan Musyawarah Khusus Gampong (MUSGAMSUS) untuk validasi dan verifikasi secara bersama

Pendataan calon penerima BLT Dana Desa dengan melibatkan seluruh perangkat gampong maupun unsur elemen lainnya dan relawan/satgas Covid-19 Gampong Trieng Meuduro Tunong.

"Secara musyawarah dan terbuka kita membahas By Name By Andres calon penerima BLT dalam Musyawarah Gampong Khusus dengan tetap memisahkan data penerima KPM PKH, BPNT, Penerima BST Kemensos. Hal itu supaya tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan," ujar Irwanda.

Ia menegaskan bahwa perangkat gampong, pegawai negeri sipil dan pensiunan sebagaimana petunjuk dan edaran menteri serta pimpinan daerah, maka tidak bisa menerima sebagai penerima bantuan tersebut.

Irwanda menyatakan bahwa berdasarkan hasil validasi dan verifikasi calon penerima BLT gampong, forum Musgamsus menyepakati secara keseluruhan penerima sebanyak 105 keluarga sebagi penerima BLT gampong Trieng Meuduro Tunong.

Setelah pelaksanaan MUSGAMSUS selanjutnya pemerintah gampong meneruskan berita acara Daftar Penerima BLT kepada Bupati Aceh Selatan melalui Camat Sawang untuk mendapatkan pengesahan.

"Usai mendapatkan pengesahan, maka pada hari ini penyaluran BLT sudah kita realisasikan kepada 105 keluarga penerima BLT. Alhamdulillah berjalan tertib dan aman dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dengan tetap menjaga jarak, memakai masker saat pengambilan BLT di Kantor Keuchik," ungkapnya.

Sementara bagi penerima yang sakit berat perangkat desa didampingi Ketua Tuha Peut, Babinsa dan Bhabinkantibmas mengantar langsung BLT tersebut kepada penerima kerumah masing-masing.

Selain itu, Irwanda menambahkan total anggaran BLT yang dibagikan kepada 105 KK tersebut bersumber dari Dana Desa tahun 2020. Uang tunai yang dibagikan hari ini merupakan bantuan dampak masa pandemi Covid-19.

"Kita berharap bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban ekonomi warga dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini sedang melanda seluruh Indonesia," katanya.

Jumlah total anggaran BLT yang bersumber dari Dana Desa ini untuk 105 KK penerima selama tiga bulan berjumlah Rp.189.000.000.

"Perlu kami sampakan, bahwa berdasarkan ketentuan yang telah diatur oleh Menteri keuangan Republik Indonesia, Menteri Desa dan PLT Bupati Aceh Selatan besaran BLT yang diberikan masing-masing mendapatkan Rp.600.000 perbulan selama tiga bulan dari Bulan April sampai Juni," pungkasnya.||NB

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Pemerintah Gampong Trieng Meuduro Tunong Sawang Cairkan Dana BLT kepada 105 KK
Pemerintah Gampong Trieng Meuduro Tunong Sawang Cairkan Dana BLT kepada 105 KK
https://1.bp.blogspot.com/-prHTZBaazo8/XsZmNZXQvUI/AAAAAAAAQj8/OHCelAidWt8Q1SVwlbvYLrS10TlugJORACLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200521-WA0041.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-prHTZBaazo8/XsZmNZXQvUI/AAAAAAAAQj8/OHCelAidWt8Q1SVwlbvYLrS10TlugJORACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200521-WA0041.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/05/pemerintah-gampong-trieng-meuduro.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/05/pemerintah-gampong-trieng-meuduro.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy