Upaya Meningkatkan Jangkauan dan mutu Pelayanan Kesehatan, Pustu Diaktifkan Kembali

liputaninvestigasi.com - Dinas Kesehatan Aceh Selatan berupaya meningkatkan pelayananan kesehatan setiap Desa yang ada dalam Kabupaten te...


liputaninvestigasi.com - Dinas Kesehatan Aceh Selatan berupaya meningkatkan pelayananan kesehatan setiap Desa yang ada dalam Kabupaten tersebut melalui peningkatan pelayanan Puskesmas Pembantu (Pustu).

Hal itu disampaikan Plt Dinas Kesehatan Aceh Selatan,Novi Rosmita, SE.M.Kes, dalam rapat yang turut dihadiri seluruh Kepala Puskesmas dalam Kabupaten Aceh Selatan di Ruang Kantor Dinas Kesehatan. Selasa 25 Februari 2020.

Novi Rosmita menyatakan Pustu itu merupakan perpanjangan tangan dari Puskesmas – puskesmas. Untuk itu, kepada seluruh Kepala Puskesmas, agar pro aktif dalam menghidupkan pustu yang ada di wilayahnya masing-masing.

Selain jaringan pelayanan Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan secara permanen di suatu lokasi dalam wilayah kerja Puskesmas. Tujuan Puskesmas Pembantu untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di masing-masing wilayah kerjanya.

"Maka untuk setiap Pustu harus mampu melayani masyarakat minimal dua sampai tiga desa yang telah ditentukan, dan di Pustu tersebut minimal ditugaskan harus ada tiga tenaga kesehatan yang diisi dengan tenaga seorang perawat dan bidan," terangnya.

Novi Rosmita menyebutkan di Aceh Selatan ada sebanyak 56 Pustu, dari jumlah tersebut kondisinya kebanyakan rusak ringan. Selain itu juga ada pustu yang tidak terfungsikan, oleh karena itu yang tidak difungsikan, ia meminta kepala puskesmas mengfungsikan kembali setiap Pustu yang ada.

“Selanjutnya, Plt.Kepala Dinkes tersebut arahkan setiap Puskesmas harus membantu dana operasionalnya dari BOK dan JKN untuk setiap Pustu yang sudah aktif, sebab melalui dana BOK tersebut bisa di kelola oleh setiap Puskesmas dan juga fasilitas kesehatan, seperti tensi dan lain- lain.

"Dengan adanya pustu, hal itu untuk memudahkan jangkauan masyarakat yang jauh dari lokasi Puskemas, agar bisa berobat," ujarnya.

Sambungnya, bahwa setiap petugas Kesehatan yang bertugas di pustu itu juga berfungsi sebagai pemberdayaan masyarakat dan tidak hanya menunggu warga yang berobat ke pustu.

Di awal Maret tahun ini setiap pustu mulai diaktifkan kembali, jadi untuk sekarang juga sudah bisa di bersih – bersihkan bangunan pustu tersebut dan nanti juga dibuat pendelegasian antara dokter dengan tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah pustu setempat.

"Yang pasti ada 12 indikator, yang harus kita kejar serta masing-masing pustu harus di kunjungi oleh Dokter, dengan dibuat daftar jadwal kunjungan itu," jelasnya.||NB

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Upaya Meningkatkan Jangkauan dan mutu Pelayanan Kesehatan, Pustu Diaktifkan Kembali
Upaya Meningkatkan Jangkauan dan mutu Pelayanan Kesehatan, Pustu Diaktifkan Kembali
https://1.bp.blogspot.com/-SwpIgHqJrLc/XlTvFZD45lI/AAAAAAAAPZI/D6ptImiCekgFMzTJLCwKu4xibJONbRODwCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200225-WA0025.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SwpIgHqJrLc/XlTvFZD45lI/AAAAAAAAPZI/D6ptImiCekgFMzTJLCwKu4xibJONbRODwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200225-WA0025.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/02/upaya-meningkatkan-jangkauan-dan-mutu.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2020/02/upaya-meningkatkan-jangkauan-dan-mutu.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy