Kelompok Seulanga Indah Aceh Singkil Adakan Jamuan Makan Bersama Hasil Dari Perkebunan Sendiri

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Melalui program Pemeritah yang disebut (KRPL) Kawasan Rumah Pangan Lestari yanh terfokus pada kaum h...


Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Melalui program Pemeritah yang disebut (KRPL) Kawasan Rumah Pangan Lestari yanh terfokus pada kaum hawa dalam memenuhi kebutuhan sehari hari yang bergizi serta sehat.

Salah satu Kelompok yang ikut dalam Program tersebut Seulanga Indah Desa Ketapang Indah Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil hari ini melakukan pengolahan dari hasil perkebunan tersebut. Kamis (26/12/2019).

Hj. Cut Keumala Ketua Kelompok Seulanga Indah mengatakan bahwa dengan adanya program ini membuat diri beserta 29 anggotanya sangat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan sehari hari, alami dan bergizi.

"Ada berbagai tanaman muda yang kita tanam dalam pemanfaatan pekarangan rumah ini, mulai dari rempah sampai dengan sayur mayur yang alami," ucap Keumala.

Kelompok Seulanga Indah ini terbentuk dari bulan April yang lalu dan sudah tiga kali melakukan pemanenan.

"Hari ini kita mencoba melakukan pengolahan dari hasil perkebunan kelompok tersebut dengan mengundang pihak dari Dinas Pangan, pendamping serta anggota kelompok, agar sama sama mencicipinya," terang Keumala.

"Kami berharap untuk kedepannya pihak Dinas terus mensupport kelompok kami ini supaya program pemerintah yang diberi nama (B2SA) Beragam Bergizi Seimbang dan Aman terus berlanjut," pintanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan melalui kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Masitah Pagan, mengatakan bahwa para kelompok dibantu melalui dana APBA dan APBN.

"Untuk tahun 2019 dana APBA 6 kelompok, APBN 7 kelompok lanjutan 5 kelompok penumbuhan 2 kelompok, yang dimana dari dana APBA dibantu 40 juta perkelompok sedangkan dari dana APBN para kelompok dibantu 50 juta," kata Masitah.

Dana tersebut digunakan untuk pembuatan rumah bibit, demplot dan pekarangan anggota kelompok.

Adapun jenis bantuan tersebut dimanfaatkan di bidang Perternakan, Perikanan, dan sayur mayur.

"Kami dari Dinas juga berharap para kelompok yang ada saat ini bisa didanai dengan dana APBK mengingat kelompok- kelompok tersebut masih berkeinginan untuk melanjutkan program ini apalagi rumah bibitnya masih bagus," katanya

Ia mengibgatkan, bagi kelompok yang sudah ada agar selalu menjaga kekompakan dan tetap solid, sehingga program ini yang dimana bertujuan khusus (PSAT) Pangan Segar Asal Tumbuhan terus dapati makanan menu B2SA.

Masitah menambahkan, bahwa selain mengkonsumsi makanan yang aman dan sehat, juga bisa menambah pendapatan rumah tangga.

"Perlu diketahui bersama para kelompok agar tetap memakai pupuk kompos dan juga pupuk Eco Farming dan tidak mengandalkan pupuk yang mengandung bahan kimia," tutupnya.


Penulis: Rusid Hidayat Berutu

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Kelompok Seulanga Indah Aceh Singkil Adakan Jamuan Makan Bersama Hasil Dari Perkebunan Sendiri
Kelompok Seulanga Indah Aceh Singkil Adakan Jamuan Makan Bersama Hasil Dari Perkebunan Sendiri
https://1.bp.blogspot.com/-KBYRxtuOWps/XgVAuyH2tEI/AAAAAAAAOoc/3iynUBISiHYmZ6JIbUME-9ze0z4usXC7wCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20191227-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KBYRxtuOWps/XgVAuyH2tEI/AAAAAAAAOoc/3iynUBISiHYmZ6JIbUME-9ze0z4usXC7wCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191227-WA0002.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/12/kelompok-seulanga-indah-aceh-singkil.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/12/kelompok-seulanga-indah-aceh-singkil.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy