Ronny Desak Pemerintah Aceh Timur Perhatikan Kesejahteraan Eks Kombatan dan Korban Konflik

Aceh Timur/liputaninvestigasi.com - Aktivis HAM, Ronny Hariyanto, mendesak Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, serius memperhatikan nasib ke...


Aceh Timur/liputaninvestigasi.com - Aktivis HAM, Ronny Hariyanto, mendesak Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, serius memperhatikan nasib kesejahteraan eks kombatan, janda, yatim - piatu dan korban konflik yang kondisinya dinilai terabai dan memilukan, di daerah kaya Migas tersebut. Pernyataan itu disampaikan Putera Idi Rayeuk tersebut jelang perayaan Milad GAM 4 Desember 2019.

"Mereka semua dengan tulus telah bersedia merawat damai Aceh, namun saya lihat dimana - mana, kondisi kesejahteraan mereka masih sangat memilukan dan bahkan terabai," kata Ronny, Jumat 29 November 2019.

Dia mengaku, saat ini kerap mendengar berbagai keluhan kesenjangan sosial terkait kesejahteraan yang dialami mereka yang dulunya pernah terlibat, baik secara langsung maupun tak langsung dalam konflik berkepanjangan di Aceh.

"Akhir - akhir ini, saya sering dengar keluhan beberapa dari mereka, yang menghadapi kebuntuan, bahkan tak tahu kemana mengadu, dan saya menyimpulkan, mereka juga enggan menyuarakan secara terbuka, jadi ini juga salah satu sebab saya sering mengkritik, menyuarakan jerit hati yang terpendam," ungkap Ronny.

Ronny menilai, distribusi kesejahteraan di Aceh Timur masih jauh panggang dari api, dan jauh dari rasa keadilan. Menurutnya, kesejahteraan baru dirasakan oleh kaum elitis saja.

"Kesenjangan tampak kasat mata, sebagian kecil kaum elit sudah kaya raya, sedangkan sebagian besar mereka yang terlibat konflik masih dalam penantian tak pasti datangnya kesejahteraan, itu belum lagi ceritanya kesejahteraan bagi masyarakat luas, ini saya bicara dalam konteks Aceh Timur dulu,"  ujar alumni SMA Negeri 1 Idi Rayeuk itu, yang mengaku masih duduk di bangku sekolah, sepanjang masa konflik Aceh berlangsung puluhan tahun silam

Menurut Ronny, terpenuhinya kesejahteraan mereka yang terlibat konflik, terutama para korban konflik, harus dijamin hingga mereka dapat menghargai pentingnya perdamaian.

"Mungkin sebelumnya memang sudah pernah diperhatikan pemerintah sesuai ketentuan yang berlaku, tapi faktanya kini, mereka masih dalam kondisi yang belum menggembirakan, padahal mereka sudah bersedia merawat perdamaian dalam bingkai NKRI, maka itu menurut saya, kesejahteraan dan masa depan mereka semua harus dijamin sepenuhnya," pinta Ronny.

Ronny menuntut pemerintah Kabupaten Aceh Timur, memikirkan formulasi baru dan ekstra untuk persoalan ini, agar Aceh Timur dapat membangun dengan semangat damai seutuhnya.

"Pemerintah Aceh Timur, dalam hal ini eksekutif dan legislatif harus serius memikirkan solusi baru terkait ini. Bayangkan saja, puluhan triliun sudah kucuran dana pusat, dan itu belum lagi anggaran dari Aceh sendiri sudah dihabiskan, tapi mereka yang terlibat dan korban konflik ini belum juga sejahtera, dan kita harus ingat, berkat kerelaan mereka merawat damailah kita juga bisa menikmati suasana damai saat ini," cetus eks Ketua Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Provinsi Aceh tersebut.

Di akhir pernyataannya itu, Ronny mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan semangat dan kecintaan pada perdamaian yang berkeadilan, serta menatap masa depan Aceh yang lebih baik lagi.

"Kita semua wajib selalu bersyukur atas limpahan rahmat Allah atas perdamaian, semoga bisa membawakan kemuliaan bagi rakyat Aceh yang dikenal berbudi pekerti luhur dunia dan akhirat," Pungkas Ronny menutup keterangannya.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Ronny Desak Pemerintah Aceh Timur Perhatikan Kesejahteraan Eks Kombatan dan Korban Konflik
Ronny Desak Pemerintah Aceh Timur Perhatikan Kesejahteraan Eks Kombatan dan Korban Konflik
https://1.bp.blogspot.com/-eul1PW6QLaU/XeHVs4SvbXI/AAAAAAAAOWg/MgBfl1MAaWgDCLJ7SreuOKIb1r953MCxgCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20191129-WA0034.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-eul1PW6QLaU/XeHVs4SvbXI/AAAAAAAAOWg/MgBfl1MAaWgDCLJ7SreuOKIb1r953MCxgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191129-WA0034.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/11/ronny-desak-pemerintah-aceh-timur.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/11/ronny-desak-pemerintah-aceh-timur.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy