Ini Tugas Fungsi dan Tanggung Jawab Duta Wisata yang Dinobatkan Menjadi Win Ipak Aceh Tengah

Takengon/liputaninvestigasi.com - Dinas Pariwisata Melalui Kasi Promosi Wisata, Kabupaten Aceh Tengah, berharap Duta Wisata Win Ipak Aceh...


Takengon/liputaninvestigasi.com - Dinas Pariwisata Melalui Kasi Promosi Wisata, Kabupaten Aceh Tengah, berharap Duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam mempromosikan Wisata yang ada di dataran tinggi Tanoh Gayo.

Taufik, saat di temui media ini mengatakan bahwa fungsi dan tugas Duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah mempunyai peranan penting untuk mempromosikan sektor Pariwisata, Seni, Budaya serta pesona alam yang ada di Gayo untuk diberitahukan kepada seluruh pengunjung wisatawan asing maupun lokal, Rabu 6 November 2019.

Ia menjelaskan pemilihan duta wisata dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tengah.

"Tujuan dinas pariwisata untuk mencari sosok duta wisata yang bisa bertugas profesional dalam membantu pemerintah untuk mengenalkan wisata yang ada di Aceh Tengah kepada seluruh wisatawan," katanya

Taufik menuturkan, Kabupaten Aceh Tengah merupakan salah satu daerah di Aceh yang memiliki pesona indahnya danau laut tawar serta alam yang luar biasa seperti wisata pengunungan yang masih asri dan ini tentunya menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Gayo.

“Selanjutnya duta wisata yang telah dinobatkan harus berperan untuk memprosikan sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah, jadi tidak terpaku pada penobatan saja,” ungkapnya

Menurutnya, Duta Wisata adalah sosok yang diharapkan dapat menjadi bagian terdepan di sebuah wilayah dalam menggali, memperkenalkan hingga kemudian menjadi bagian dari denyut kehidupan seni, budaya dan pariwisata.

Duta Wisata bisa diartikan sebagai Tokoh yang menjadi icon dalam masyarakat yang memahami benar segala aspek dalam pariwisata, baik objeknya maupun subyeknya, serta memiliki beberapa fungsi penting, seperti yang di kutip media ini dari Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Duta Wisata dapat menjadi pelopor dalam masyarakat akan pentingnya sadar wisata, tentu menjadi salah satu faktor dalam kemajuan dunia pariwisata, menjadi media promosi pariwisata serta sarana dan prasarana masyarakat  untuk mengenal segala hal dalam pariwisata.

Duta Wisata, baik di daerah maupun di pusat, menggelar rangkaian pemilihan yang menghabiskan biaya tak sedikit, dengan standard penilaian yang juga tidak rendah, di kemas dalam bentuk pagelaran yang megah dan tentu mengandung ekspektasi serta filosofi daerah sehingga para pemenang diharapkan dapat benar benar memahami dan menjalankan segala keagungan budaya luhur daerah dimana mereka berasal.

Sebagian Duta Wisata tentu saja sesuai dengan yang diharapkan pemerintah, meski sebagian lainnya masih di pertanyakan dedikasinya.

Sungguh sebuah langkah mudah bagi sosok Duta Wisata dalam memperkenalkan keunggulan daerahnya pada khalayak ramai, selain tampilan fisik mereka tentu menjual dan lebih memiliki daya tarik diatas rata rata fisik usia sebaya mereka.

Promosi tak melulu harus dengan media massa berupa media cetak atau elektronik saja, kekuatan dunia maya dapat di kerahkan untuk membangun image terbaik dari daerah dimana Duta Wisata bertugas. Duta Wisata di daerah tentu memiliki tanggungjawab dalam memberikan wacana terbaik daerahnya kepada semua pihak diluar daerah.

Sebagian Duta Wisata menjalankan fungsinya, meski masih ada bagian Duta Wisata yang hanya sekedar jadi Duta Wisata tanpa pernah peduli dengan gelar yang disandang atau di sabetnya, akun media sosial yang mereka punya, tak semua Duta Wisata Daerah bangga mempamerkan keindahan seni, budaya dan potensi wisata daerah mereka.

"Sebagain bangga dengan kunjungan luar negeri yang mereka jajaki, sebagian lagi memenuhi akun media sosialnya Instagram, Twitter, Facebook, dan brand sosmed lainnya dengan wajah wajah tampan nanti cantik yang dikemas dalam ragam ekspresi photo selfie.!. Atau photo photo aktivitas hedonist, party to party," tambahnya

Jelasnya, tak ada yang salah dengan foto personal, karena itu hak personal selaku pemilik akun, tetapi tentu porsinya jangan mengalahkan foto foto objek wisata daerah dimana mereka berasal, Karena sudah jadi tugas utama mereka memperkenalkan potensi seni, budaya dan pariwisata daerah yang ia tinggali.

Selain itu, Duta Wisata kini dihadapkan dengan ragam tanggungjawab nan komplek. Sebut saja keharusan untuk terus belajar, mengasah kemampuan komunikasi karena Duta Wisata tentulah sosok yang luwes dalam berkomnikasi, membekali diri dengan banyak kemampuan yang berhubungan dengan tugas Duta Wisata dan keperluan personal sebagai pribadi remaja yang unggul.

"Saya sangat mengapresiasi sosok sosok Duta Wisata Daerah yang berkenan terjun langsung di lapangan memandu pendatang, karena kesediaan dan kemampuan terjun langsung di lapangan mendampingi wisatawan adalah kemampuan yang tidak semua personal dimiliki, meski Duta Wisata perkotaan ibukota sekalipun," tuturnya

Penulis : Surya Efendi

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Ini Tugas Fungsi dan Tanggung Jawab Duta Wisata yang Dinobatkan Menjadi Win Ipak Aceh Tengah
Ini Tugas Fungsi dan Tanggung Jawab Duta Wisata yang Dinobatkan Menjadi Win Ipak Aceh Tengah
https://1.bp.blogspot.com/-jq_mlTsdV_E/XcJXDetlYbI/AAAAAAAAN1Y/COBYemZ0Dvctn-OS5zGa7TXT1FL1oUKvwCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20191106-WA0055.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jq_mlTsdV_E/XcJXDetlYbI/AAAAAAAAN1Y/COBYemZ0Dvctn-OS5zGa7TXT1FL1oUKvwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191106-WA0055.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/11/ini-tugas-gungsi-dan-tanggung-jawab.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/11/ini-tugas-gungsi-dan-tanggung-jawab.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy