Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Aceh Singkil Lakukan Pelatihan Dapodik Bagi Operator Sekolah

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Untuk mensukseskan program perancanaan Pendidikan Nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cer...


Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Untuk mensukseskan program perancanaan Pendidikan Nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil melaksanakan pelatihan bagi operator sekolah SD dan SMP.

Acara pelatihan ini dilaksanakan di gedung Kesenian Dinas Pendidikan dihadiri 147 0rang Operator Sekolah SD dan SMP se Aceh Singkil yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 16 sampai dengan 18 Oktober 2019 dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Yusfit Helmi.

Ranto Kabid Pembinaan, Ketenagaan dan Data mengatakan acara ini acara yang diperuntukan untuk tenaga Operator Sekolah mengenai Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

"Tujuan utama agar operator memahami terkait operasional data pokok pendidikan, serta terfalidasinya data sarana dan prasarana Sekolah pada Dinas," kata Rinto.

Saat ini yang sudah meregistrasi ikut pelatihan ada 132 Operator yang akan dibagi dua jona, jona satu ada di Singkil untuk pelatihannya, sedangkan jona dua akan dilaksanakan di Kecamatan Gunung Meriah tapatnya di SDN 3 Rimo. Namun sebelum itu mereka akan diundang dulu kepembukaan acara ini.

Sementara itu Khalilullah Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menambahkan, ketika berbicara pendidikan tentu saja tidak terlepas dari manusianya yang mengelola  pendidikan secara profesional baik itu formal maupun informal.

"Dapodik adalah sistem pendataan skala Nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama Pendidikan Nasional, dan merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif," ucap Khalilullah.

Menurut Khalilullah tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan.

Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan, maupun untuk melaksanaan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date.

"Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program Pendidikan Nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan," imbuhnya.


Penulis: Rusid Hidayat Berutu

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Aceh Singkil Lakukan Pelatihan Dapodik Bagi Operator Sekolah
Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Aceh Singkil Lakukan Pelatihan Dapodik Bagi Operator Sekolah
https://1.bp.blogspot.com/-_N-OmW97ROM/XacGhnZqv0I/AAAAAAAAM9s/Vi88PUmyGWIIaqIhAYFR_rxlPzaTLljkgCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20191016-WA0043.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_N-OmW97ROM/XacGhnZqv0I/AAAAAAAAM9s/Vi88PUmyGWIIaqIhAYFR_rxlPzaTLljkgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191016-WA0043.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/10/dinas-pendidikan-dan-kebudayaan-aceh.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/10/dinas-pendidikan-dan-kebudayaan-aceh.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy