TPID Gelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Labuhanhaji Barat

Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - Tim Pogram Inovasi Desa (TPID) menggelar kegaitan Bursa Inovasi Desa ( BID) Tingkat Kecamatan Labu...


Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - Tim Pogram Inovasi Desa (TPID) menggelar kegaitan Bursa Inovasi Desa ( BID) Tingkat Kecamatan Labuhanhaji Barat Kabupaten Aceh Selatan. Kegiatan digelar berlangsung di halaman kantor Camat setempat, Senin 9 September 2019.

Sayid Habiburrahman selaku Ketua TPID Labuhanhaji Barat menyatakan, Bursa Inovasi Desa ini dirangkai dengan berbagai kegiatan salah satunya mengangkat potensi bidang pemberdayaan dan SDM, peningkatan pembangunan infratruktur serta pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui promosi perkembangan wisata di desa.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan inovasi masyarakat yang ada di masing-masing gampong, juga sebagai bentuk penunjang kebutuhan masyarakat melalui pemerintahan desa, maka sangat dibutuhkan langkah dan solusi, ini menjadi inisiatuf dan alternatif dalam bidang pembangunan desa, sehingga penggunaan dana desa yang lebih efektif dan efisien.

Camat Labuhanhaji Barat Said Suhardi pada kesempatan itu menyampaikan, melaksanakan kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) ini merupakan salah satu tahapan program inovasi desa tahun 2019 yang terlaksana di tingkat Kecamatan Labuhanhaji Barat, dengan tujuan agar masing-masing desa serius mengikuti dan lebih fokus untuk berkomitmen.

Bursa Inovasi Desa, sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa, ini juga merupakan media belajar bagi pemerintah desa, umumnya masyarakat. Hal itu untuk memperoleh informasi yang dapat mendukung pelaksanaan berbagai bidang dalam pemerintah desa, sehingga pertukaran informasi terserap dan solusi terkait kegiatan pembangunan desa.

Camat berharap, melalui Bursa Inovasi Desa ini bisa memberikan manfaat bagi desa, dengan demikian para Keuchik dan perangkat desa dalam penggunaan dana desa untuk mendorong produktivitas, pertumbuhan ekonomi, peningkatan kapasitas desa yang berkelanjutan untuk kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat menuju desa mandiri.

Sementara Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Selatan Drs Zulhelmi dalam kata sambutannya menyampaikan, bahwa dalam rangka peningkatan pembangunan perdesaan, upaya terobosan percepatan dan efektivitas penggunaan dana desa.

Program Inovasi Desa (PID) besar harapan menjadi manfaat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat gampong. Bertujuan untuk mendongkrak dan membangkitkan semangat melakukan terkait hal-hal pembangunan gampong, seraya menggali potensi sumber daya alam, terutama SDM di gampong.

Ia menambahkan, salah satu strategi yang dikembangkan dalam program inovasi dan pengelolaan pengetahuan gampong adalah memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif.

Sebagai bentuk dukungan terhadap gampong untuk lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana serta investasi yang mendorong peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami mengingatkan dan berharap kepada para Tenaga Ahli pemberdayaan masyarakat gampong, PD/PLD, agar memfasilitasi dan mendampingi pelaksanaan Program Inovasi Desa (PID), karena merupakan bagian evaluasi serta yang tidak terpisahkan dari program tersebut sehingga terlaksana bursa Inovasi desa lebih baik," harapnya

Selain itu, ia juga mengharapkan para pelaku teknik di setiap kecamatan, agar dapat melakukan langkah-langkah sinergisitas program dalam hal perencanaan dan harus menjadi komitmen bersama, sehingga dalam hal pemanfaatan sumber daya alam secara maksimal yang bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat gampong.

Adapun yang hadir pada acara tersebut yakni DPMG Aceh Selatan, Muspika Labuhanhaji Barat, Para Keuchik, Sekdes dan Tuha Peut dalam Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kepala UPTD Puskesamas Blang Keujeren, KUA Labuhanhaji Barat, Perwakilan Lembaga/Instansi Swasta, Organisasi Kepemudaan, Imum Mukim, Tokoh Masyarakat, Tamu Undangan lainnya, serta diisi dengan pertunjukan seni dari Sanggar Putro Juara Gampong Blang Poroh Labuhanhaji Barat.||NB.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: TPID Gelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Labuhanhaji Barat
TPID Gelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Labuhanhaji Barat
https://1.bp.blogspot.com/-4Up-DB6SybU/XXddT7QYjDI/AAAAAAAALhs/dGMfmee2_X8BbYZNy9P-fL1q4RUv4JTgACLcBGAs/s640/IMG-20190910-WA0006.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4Up-DB6SybU/XXddT7QYjDI/AAAAAAAALhs/dGMfmee2_X8BbYZNy9P-fL1q4RUv4JTgACLcBGAs/s72-c/IMG-20190910-WA0006.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/09/tpid-gelar-bursa-inovasi-desa-tahun.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/09/tpid-gelar-bursa-inovasi-desa-tahun.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy