Kementerian Keuangan RI Laksanakan Asistensi Kapasitas SDM Aparatur di Bakau Hulu Labuhanhaji

Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - Pelaksanaan Asistensi/Pendampingan Desa Kapasitas SDM Aparatur, Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa ...


Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - Pelaksanaan Asistensi/Pendampingan Desa Kapasitas SDM Aparatur, Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Tahun 2019 oleh Kementerian Keuangan di Gampong Bakau Hulu Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan, Selasa 27 Agustus 2019.

Adapun Kedatangan kunjungan Tim BPPK Kementerian Keuangan RI, tersebut disambut penyambutan oleh sanggar seni setempat dengan Seni Tarian Aceh Ranup Lampuan.

Keuchik Bakau Hulu Karliadi, mengucapkan rasa terimakasih dan suatu penghargaan atas kunjungan dari Badan Diklat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

"Ini merupakan sebuah motivasi penyemangat, karena baru pertama kalinya tim rombongan kementerian Keuangan berkunjung ke Desa Bakau Hulu Kecamatan Labuhanhaji," ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, ia menyampaikan tentang perkembangan dan potensi yang dimiliki oleh desa, yakni dengan mempunyai luas lahan mencapai lebih 500 Ha, memiliki potensi alam dengan areal lahan terdiri lahan pertanian dan perkebunan.

Ia menyebutkan, hal yang menarik di Bakau Hulu, mulai dari gerbang masuk desa ini, sudah terpasang sejajar lafat Asmaul Husna. Makam ulama sufi atau lebih dikenal dengan makam Tgk. Pancuran, juga menjadi sebuah destinasi wisata relegi serta memiliki tempat wisata kolam pemandian peruntukan khusus bagi anak-anak, yang sumber mata airnya mengalir pergunungan dekat lokasi setempat

"Ini menjadi sebuah usaha yang dikembangkan dan dikelolakan oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)' dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan ekonomi gampong, namun masih perlu peningkatan manajemen," ungkapnya

Selaku Pemerintah dan aparatur gampong, ia berharap kepada Kementerian Keuangan RI dan pihak terkait kiranya dapat memberikan asitensi/bimbingan juga arahan, guna untuk peningkatan dan kemajuan pemerintah dan BUMG gampong Bakau Hulu.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Selatan diwakili oleh Kabid Sosbud Hernida,SP dalam kata sambutannya menyampaikan, dengan kegiatan asistensi Kapasitas SDM Aparatur, Pengelolaan Keuangan dan Aset, ini bertujuan agar menjadi progres percepatan pembangunan dan peningkatan semakin cepat dalam penyelenggaraan pemerintahan gampong dan mengembangkan BUMG dengan berbagai potensi inovasi untuk terus lebih maju.

"Maka perlu bimbingan mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Pusat, seperti halnya hari ini kunjungan dari tim Kementerian Keuangan RI, dan berharap kedepanya asistensi ini dapat dilaksanakan digampong lainnya dalam Kecamatan Labuhanhaji, bahkan umumnya Aceh Selatan," pungkasnya.

Sementara itu, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan( BPPK) Kementerian Keuangan RI, Kuwat Slamet dalam arahan dan bimbingannya menegaskan bahwa dana desa yang diluncurkan sesuai berdasarkan Undang-undang No 6 Tahun 2014, itu berorientasi kebijakan yang berpihakan pada desa.

"Dari 74 ribu desa di Indonesia, Pemerintah Pusat menunjukan komitmen dalam percepatan pembangunan di daerah, peningkatan penyelenggaraan pemerintah desa pada segala aspek bidang," kata Kuwat Slamet.

Ia menambahkan, dana desa sudah meningkat sangat signifikan, telah menempatkan desa sebagai ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan pemerintah/aparatur meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang bertujuan membangun memajukan pembangunan desa, menciptakan lapangan kerja, mengatasi kesenjangan dan mengentaskan kemiskinan.

Selain itu, ia juga menyebutkan, desa diberikan kewenangan sumber dana agar dapat mengelola potensi yang dimiliki guna peningkatan ekonomi. Selain itu juga punya kesempatan untuk mengembangkan masyarakat dan SDM, sehingga memberikan regenerasi. Maka diberdayakan pemuda-pemudi agar potensi yang ada dapat tumbuh kembangkan dan di kelola.

"Jangan sampai pengelolaan dana desa berdampak pada proses tindakan melawan hukum, itu dihindari. Apalagi masyarakat berhak melakukan pengawasan," tutupnya.

Adapun unsur yang hadir saat kunjungan dari Tim BPPK Kementerian Keuangan RI, dalam kegiatan Asistensi/bimbingan di desa Bakau Hulu Labuhanhaji tersebut yakni dari DPMG Aceh Selatan diwakili Kabid Sosbud Hernida,SP, unsur Muspika Labuhanhaj (Camat Gusmawi Mustafa SE, Kapolsek Ipda Amril Bakhri SH, Danramil Syamsul Yadi), PD/PLD Labuhanhaji, MAA Labuhanhaji, Imum Mukim, Ormas Kepemudaan, Tokoh Masyarakat, Tamu undangan serta masyarakat setempat.||NB

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Kementerian Keuangan RI Laksanakan Asistensi Kapasitas SDM Aparatur di Bakau Hulu Labuhanhaji
Kementerian Keuangan RI Laksanakan Asistensi Kapasitas SDM Aparatur di Bakau Hulu Labuhanhaji
https://1.bp.blogspot.com/-UtuzUYSg7JI/XWVANSEgr3I/AAAAAAAALAw/boCWILPu__IkmRndKYABTect0-jX5QsKgCLcBGAs/s640/IMG-20190827-WA0035.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UtuzUYSg7JI/XWVANSEgr3I/AAAAAAAALAw/boCWILPu__IkmRndKYABTect0-jX5QsKgCLcBGAs/s72-c/IMG-20190827-WA0035.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/08/kementerian-keuangan-ri-laksanakan.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/08/kementerian-keuangan-ri-laksanakan.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy