4 Faktor Mempengaruhi Aceh Singkil Masih Menyandang Predikat Termiskin

Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com- Aceh Singkil adalah salah satu dari 23 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Aceh, dan saat ini menur...


Aceh Singkil/liputaninvestigasi.com-
Aceh Singkil adalah salah satu dari 23 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Aceh, dan saat ini menurut data Ideas pada tahun 2017 Kabupaten Aceh Singkil menduduki peringkat ke 2 termiskin setelah Gayo Luwes. Kamis (28/08/2019).

Kita bisa sedikit lega karena beberapa waktu yang lalu daerah kita bisa lepas dari belenggu tertinggal, dan saat ini hanya menyandang predikat termiskin nomor dua.

Biasanya, Pemerintah menentukan garis kemiskinan berdasarkan faktor ekonomi karena pemerintah memiliki andil besar dalam kesejahteraan warganya melalui kebijakan ekonomi pemerintah. Dengan kata lain, kemiskinan bisa juga disebut sebagai kegagalan pemerintah dalam merencanakan perkembangan ekonomi sebuah daerah.

Selain itu dari beberapa sumber yang dirangkum oleh wartawan bahwa ada 4 faktor yang menjadi alasan Kabupaten Aceh Singkil ini tidak bisa lepas dari predikat miskin. Diantaranya:

1. Pendidikan Rendah.
-Pendidikan adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang untuk terhindar dari kemiskinan. Pasalnya, orang dengan tingkat pendidikan yang rendah cenderung tidak memiliki keterampilan, wawasan, dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyejahterakan diri. Jika sampai hal ini tidak dipenuhi, tentunya harapan untuk bersaing di dunia kerja yang memerlukan bantuan pendidikan tidak dapat dilakukan.

2. Lapangan Kerja yang Tidak Memadai.
-Terbatasnya lapangan pekerjaan adalah alasan lain mengapa kemiskinan masih “menggerogoti” sebuah daerah. Berkaitan dengan tingkat pendidikan yang rendah, tentunya sebuah daerah tidak dapat menciptakan lapangan kerja dengan mudah jika masyarakatnya memiliki keterbatasan keterampilan.

3. Kepasrahan Terhadap Nasib

Di dearah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, masih banyak orang yang perpikir bahwa kondisi hidupnya adalah takdir dari Tuhan.
Padahal, pemikiran seperti ini akan membuat orang menjadi tidak termotivasi untuk membuat hidupnya menjadi lebih baik.

4 Kepedulian (Kurangnya Terhadap Keadaan Sosial)

-Selain itu, faktor lainnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat sekitar untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Namun, sebenarnya membantu orang miskin dengan menyumbangkan uang atau kebutuhan pokok bisa menyebabkan mental ketergantungan (dependency) bagi yang diberi. Untuk itu, hal yang boleh dilupakan adalah, selain memberi, jangan lupa untuk memberdayakan masyarakat yang akan diberi bantuan.

Untuk mengentaskan kemiskinan itu pimpinan Daerah Aceh Singkil harus benar benar memperhatikan ke empat poin diatas terutama bidang Pendidikan.

Sekolah Non Formal dan pembangunan sekolah baru, harus dibatasi dan di awasi, karena akibat mudahnya melanjutkan sekolah tanpa harus masuk setiap hari serta berdampak pada malasnya seorang murid untuk melanjutkan sekolahnya dan tidak efektifnya kegiatan belajar mengajar.

Akibatnya saat ini kayanya SDA Aceh Singkil tidak mampu dikelola secara merata karena minimnya Sumber Daya Manusia(SDM)di dalamnya.

Calon Kepala Desa Minimal Tamatan SMA/sederajat,

Membuat Perda atau Qanun bahwa untuk bisa mencalonkan diri harus tamatan SMA/sederajat wajib formal, selain menghindari pemakaian ijazah palsu juga memperkecil mundurnya SDM Kepala Desa dan itu berdampak pada pertumbuhan ekonomi melalui Dana Desa yang milyaran, sehingga tidak dapat memanfaatkan Dana Desa secara baik dan benar alias minus program. karena rata rata menurut riset daerah itu miskin disumbang dari penduduk yang tinggalnya di Desa.


Penulis: Rusid Hidayat Berutu

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: 4 Faktor Mempengaruhi Aceh Singkil Masih Menyandang Predikat Termiskin
4 Faktor Mempengaruhi Aceh Singkil Masih Menyandang Predikat Termiskin
https://1.bp.blogspot.com/-U_StgxAoxxA/XWXwiahk3gI/AAAAAAAALBY/P49JyCkFp4MiQtkGhqYVD6iMwLHm8xKVACLcBGAs/s640/IMG-20190828-WA0007.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-U_StgxAoxxA/XWXwiahk3gI/AAAAAAAALBY/P49JyCkFp4MiQtkGhqYVD6iMwLHm8xKVACLcBGAs/s72-c/IMG-20190828-WA0007.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/08/4-faktor-mempengaruhi-aceh-singkil.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/08/4-faktor-mempengaruhi-aceh-singkil.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy