Terkait Pernyataan Mualem Mengenai Referendum, Ini Pandangan Senator Aceh Fachrul Razi

BANDA ACEH/liputaninvestigasi.com - Senator DPD RI Asal Aceh yang juga Pimpinan Komite I DPD RI memberikan perhatian serius jika Aceh di...


BANDA ACEH/liputaninvestigasi.com - Senator DPD RI Asal Aceh yang juga Pimpinan Komite I DPD RI memberikan perhatian serius jika Aceh dilakukan Referendum secara resmi di Aceh. Dirinya mengatakan bahwa Referendum adalah mekanisme demokrasi dalam memberikan hak politik rakyat dalam menentukan masa depannya.

Menurutnya Referendum adalah solusi damai untuk Aceh dan hak konstitusional setiap warga negara.  “Mengapa saya berbicara Referendum? Karena saya wakil Aceh di Pusat. Jika Rakyat Aceh menginginkan referendum, sebagai wakil Aceh sangat wajar saya memperjuangkan itu,’ tegas Fachrul Razi.

Wacana ini dinyatakan oleh Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) dan Ketua DPA Partai Aceh (PA) Muzakir Manaf atau akrab disapa Mualem, yang mengeluarkan pendapat agar ke depan Aceh minta referendum.

Karena menurut Mualem, negara kita di Indonesia tak jelas soal keadilan dan demokrasi. Indonesia diambang kehancuran dari sisi apa saja. Pendapat dan keinginan itu disampaikan Mualem dalam sambutannya pada peringatan Kesembilan Tahun (‪3 Juni 2010-3 Juni 2019‬), wafatnya Wali Neugara Aceh, Paduka Yang Mulia Tgk Muhammad Hasan Ditiro dan buka bersama di salah satu Gedung Amel Banda Aceh, Senin (27/5/2019) malam.

Fachrul Razi menjelaskan bahwa penyataan Mualem bukanlah pernyataan biasa, dan ini serius dan memiliki arti penting. “Ini yang berbicara Mualem, jadi ini bukan wacana lagi tapi satu sikap politik yang tegas untuk menjawab quo vadis Aceh kedepan menghadapi Indonesia yang terus menuju pada kehancuran dan kegagalan dalam berdemokrasi,’ tegas Fachrul Razi.

Gerakan masif ini akan terjadi jika keadaan demokrasi Indonesia terus mengalami kemunduran dengan kebijakan rezim pemerintah yang terus mempertontonkan ke publik kekerasan dan kebijakan yang tidak demokrasi.

Disisi lain, Fachrul Razi mengatakan bahwa kuatnya negara Indonesia dengan adanya keadilan dan kesejahteraan rakyatnya dan ini tujuan dari konstitusi Indonesia namun kenyataannya, keadilan dan kesejateraan adalah jauh dari harapan yang dirasakan oleh rakyatnya.

Menurut Fachrul Razi, Aceh pasca damai telah mengikuti alur demokrasi yang diciptakan oleh pusat, namun dalam proses perjalanannya, demokrasi ala pusat tidak memberikan kontribusi apapun terhadap perubahan politik di Aceh.

Praktek yang dijalankan lebih mengarahkan pada demokrasi semu (psedo democracy). Demikian juga dengan keadilan, Menurut Fachrul Razi, Pusat memberikan solusi Otsus dan perlakukan khusus untuk Aceh, tapi prakteknya keadilan tidak dirasakan oleh Aceh. “Aceh terus menerus tertipu dengan kebijakan pusat yang sangat melemahkan kekhususan Aceh, ini keadilan semu (psedo justice).

“Saya berpikir keadaan demokrasi dan keadilan menjadi hal yang sulit di dapatkan oleh Aceh saat ini. Ini merupakan prasyarat referendum dapat dilakukan di Aceh,” tegas Fachrul Razi.

Menurut Fachrul Razi, Referendum dalam sistem demokrasi bukanlah hal yang tabu, kecuali sistem otoriter yang menentang referendum. Di beberapa negara demokrasi juga memiliki pengalaman melaksanakan referendum secara damai tanpa berdarah-darah dan tanpa kekerasan, antara lain seperti Sudan Selatan, Krimea, Quebec, dan Skotlandia, sementara Timor Leste juga sukses melaksanakan referendum meskipun sempat mengalami kekerasan.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Terkait Pernyataan Mualem Mengenai Referendum, Ini Pandangan Senator Aceh Fachrul Razi
Terkait Pernyataan Mualem Mengenai Referendum, Ini Pandangan Senator Aceh Fachrul Razi
https://1.bp.blogspot.com/-6i-kfHbAOJ0/XO06TeYrJ2I/AAAAAAAAHXo/kGxV7Ine6kQaR_inX2NcGCOp2wEjZzQ_ACLcBGAs/s640/1559050763020.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6i-kfHbAOJ0/XO06TeYrJ2I/AAAAAAAAHXo/kGxV7Ine6kQaR_inX2NcGCOp2wEjZzQ_ACLcBGAs/s72-c/1559050763020.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/05/terkait-pernyataan-mualem-mengenai.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/05/terkait-pernyataan-mualem-mengenai.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy