Adakan Expert Meeting Membahas KKR Aceh, Ini Rekomendasi Untuk Pemerintah Aceh dan DPR Aceh

BANDA ACEH/liputaninvestigasi.com - Universitas Syiah Kuala melalui Pusat Riset Ilmu Pemerintahan (PRIP) Universitas Syiah Kuala dan Lemb...


BANDA ACEH/liputaninvestigasi.com - Universitas Syiah Kuala melalui Pusat Riset Ilmu Pemerintahan (PRIP) Universitas Syiah Kuala dan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, menyelenggarakan kegiatan "Forum Ilmiah Expert Meeting" berupa Focus Discussion (FGD).

Kegiatan tersebut diadakkan di Aula Senat Rektor Universitas Syiah Kuala Lt.2, Darussalam, Banda Aceh. Kamis (25/4/2019), berlangsung mulai pukul 09.00 - 12.30 WIB. Kegiatan forum Ilmiah kali ini mengangkat tema : "Optimalisasi Peran dan Penguatan Kelembagaan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh sebagai Lembaga Daerah yang bersifat Khusus.

Adapun Para Narasumber yang diundang dan hadir pada kegiatan Expert Meeting berupa Focus Group Discussion (FGD) tersebut adalah dari beragam unsur diantaranya, unsur Akademisi, baik dari kalangan Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammadiyah, serta UIN A Raniry. Unsur pelaku sejarah, unsur praktisi serta unsur lembaga riset/penelitian yang fokus/konsen pada isu Hak Asasi Manusia (HAM), Perdamaian, dan Rekonsiliasi diantaranya Pusat Riset Hak Asasi Manusia Universitas Syiah Kuala dan Pusat Riset Perdamaian dan Resolusi Konflik Universitas Syiah Kuala.

Para Narsumber yang diundang pada kegiatan tersebut adalah, dari unsur Akademisi yaitu, Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA; Prof. Dr. Hamid Sarong; Dr. Iskandar A. Gani, S.H., M.Hum; Dr. Azhari, S.H., MA., MCL; Saifuddin Bantasyam, S.H., MA; Zainal Abidin, S.H., M.Si., M.H; M. Adli Abdullah, S.H., P.h.D; Muhammad Heikal Daudy, S.H., M.H; Dr. Hasanuddin Yusuf Adan, MA, Mawardi Ismail, S.H., M.Hum; Dr. Otto Syamsuddin, Khairani, S.H., M.Hum, Hesphynosa Resfa, S.H., M.H, Suraiya Kamaruzzaman, LL.M.

Kegiatan Expert Meeting berupa Focus Group Discussion (FGD) ini dibagi atas 3 (tiga) Tematik Issu, yaitu. Tematik A Eksistensi Kelembagaan KKR Aceh, membahas Inventarisasi tantangan dan peluang KKR Aceh di masa mendatang, serta  mapping aktor dan pembagian peran dalam upaya menghadapi tantangan sekaligus memanfaat peluang tersebut.

Tematik B, yaitu mekanisme ideal penganggaran KKR Aceh sebagai kelembagaan daerah dalam rangka melaksanakan Otonomi Khusus di Aceh.

Tematik C mengenai relasi dan pola hubungan ideal antara KKR Aceh dengan kelembagaan daerah lainnya yang berada di Aceh.

Pada kegiatan Expert Meeting berupa Focus Group Discussion (FGD) ini, penyelenggara turut menghadirkan Ketua Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh yaitu Afridal Darmi, S.H., LL.M.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor II Universitas Syiah Kuala yaitu Dr. Ir. Agussabti. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Syiah Kuala yang diwakili oleh Wakil Rektor II Universitas Syiah Kuala yaitu Dr. Ir. Agussabti mengatakan bahwa Kegiatan Expert Meeting berupa Focus Group Discussion (FGD) ini merupakan wujud dedikasi tanggung jawab dan kepudulian sekaligus respon cepat Universitas Syiah Kuala melalui Pusat Riset Ilmu.

"Pemerintahan (PRIP)Unsyiah dan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala untuk ikut serta dan berperan aktif mengambil bagian dalam menyelesaikan berbagai polemik hukum yang terjadi di Wilayah Aceh," katanya

Selain itu, kegiatan Expert Meeting berupa Focus Group Discussion (FGD) ini merupakan manifestasi salah satu Dharma dari Three Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat,"disamping secara bersamaan melaksanakan dua Dharma Perguruan Tinggi lainnya yaitu Penelitian dan Pendidikan," tuturnya

Sementara Kurniawan S, S.H., LL.M selaku penyelenggara kegiatan Expert Meeting berupa Focus Group Discussion (FGD) tersebut yaitu Ketua Pusat Riset Ilmu Pemerintahan (PRIP) Universitas Syiah Kuala dan juga Kepala Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum Unsyiah dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Expert Meeting berupa Focus Group Discussion (FGD) ini adalah Universitas Syiah Kuala melalui Pusat Riset Ilmu Pemerintahan (PRIP) dan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala guna ikut ambil bagian memperkuat perdamaian yang ada di Aceh dengan mendorong penguatan terhadap kelembagaan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh yang merupakan amanat dari perjanjian kesepakatan damai MoU antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

"Memperkuat Kelembagaan KKR Aceh sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam mendorong dilakukannya rekonsiliasi termasuk rehabilitasi dan restitusi serta lainnya, diantara pelaku dan korban pelanggaran HAM yang terjadi di Aceh merupakan manifestasi dari UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang  Pemerintahan Aceh sekaligus merupakan derivasi (perwujudan) dari amanat UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara", sebut Kurniawan.

"Untuk itu, memperkuat kelembagaan KKR Aceh baik dari sisi peran dan wewenang termasuk dalam hal penganggaran kelembagaannya merupakan bagian dari tujuan, cita-cita dan kepentingan nasional yaitu ikut ambil bagian sekaligus berperan serta aktif mewujudkan perdamaian, baik perdamaian dunia terlebih lagi perdamaian dalam teritorial NKRI dan mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia", tutup Kurniawan yang juga Dosen tetap pada Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala.

Kegiatan Expert Meeting berupa Focus Group Discuasion (FGD) tersebut menghasilkan beberapa Rekomendasi penting, yaitu.

1). Mendorong Pemerintah Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) untuk dapat segera melakukan perubahan (revisi) terhadap Qanun Aceh Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Aceh dengan menambahkan klausul pengaturan materi terkait Susunan Organisasi, dan Tata Kerja (SOTK) KKR Aceh serta pembentukan Sekretariat KKR Aceh.

2). Menyarankan kepada Pemerintah Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) agar secara serius memperkuat peran kelembagaan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh sebagai buah dari Perdamaian dengan membentuk Sekretariat KKR Aceh termasuk menyediakan anggaran yang cukup. Dengan demikian KKR Aceh dapat melaksanakan tugasnya berupa mendorong dilakukannya pembuktian kebenaran dan rekonsiliasi sebagaimana diamanatkan oleh UU Pemerintahan Aceh dan MoU.

3). Menyarankan kepada Pemerintah Aceh dan DPRA untuk dapat memberikan perhatian serius kepada Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh. Sehingga keberadaan KKR Aceh sebagai salah satu wujud manifestasi perdamaian sebagaimana yang tertuang dalam MoU dan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh sekaligus amanat UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara dapat berjalan dengan baik.

4). Menyarankan kepada seluruh komponen sipil baik yang ada di Aceh maupun di luar Aceh yang konsen pada isu kemanusiaan, perdamaian dan rekonsiliasi untuk mendorong penguatan terhadap kelembagaan KKR Aceh.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Adakan Expert Meeting Membahas KKR Aceh, Ini Rekomendasi Untuk Pemerintah Aceh dan DPR Aceh
Adakan Expert Meeting Membahas KKR Aceh, Ini Rekomendasi Untuk Pemerintah Aceh dan DPR Aceh
https://1.bp.blogspot.com/-6ggsa92m72Q/XMHox6iyrLI/AAAAAAAAGwI/N0MckLotbKUV7cJEwV4c8uZVmM_4s49EgCLcBGAs/s640/IMG-20190425-WA0026.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6ggsa92m72Q/XMHox6iyrLI/AAAAAAAAGwI/N0MckLotbKUV7cJEwV4c8uZVmM_4s49EgCLcBGAs/s72-c/IMG-20190425-WA0026.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2019/04/adakan-expert-meeting-membahas-kkr-aceh.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2019/04/adakan-expert-meeting-membahas-kkr-aceh.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy