Imbas Musim Kemarau dan Embung Irigasi Tidak Berfungsi, Sawah di Sawang Indah Terancam Gagal Tanam

Tapaktuan/liputanInvestigasi.com- Puluhan hektar lahan sawah di Gampong Sawang Indah, Kecamatan Labuhanhaji Timur, Kabupaten Aceh Selatan, m...

Tapaktuan/liputanInvestigasi.com- Puluhan hektar lahan sawah di Gampong Sawang Indah, Kecamatan Labuhanhaji Timur, Kabupaten Aceh Selatan, mengalami kekeringan imbas musim kemarau. 

Dampak kekeringan lahan sawah tersebut bibit padi yang telah persemaian terancam gagal ditanam karena tanah sudah mengeras dan retak - retak akibat kurangnya pasokan air," ungkap Keuchik Gampong Sawang Indah, Effendi kepada wartawan di Tapaktuan, Jum'at (12/2/2021).

Keuchik Effendi menyatakan kekeringan lahan sawah itu bukan saja imbas musim kemarau melainkan juga tidak ada pasokan air dari irigasi.

"Saluran irigasi sudah ada, namun embung (tempat penampungan air) tidak berfungsi karena sumber airnya dari tadah hujan,"  katanya. 

Ia menyebutkan embung atau bak penampungan air irigasi, telah dibangun melalui sumber dana APBK Aceh Selatan pada tahun 2015 lalu, namun hingga kini tidak bisa difungsikan.

"Kita berharap kedepannya ini ada perhatian serius dari Pemkab Aceh Selatan atau instansi terkait untuk dapat menangani tentang keadaan  lahan persawahan masyarakat tani,"pintanya

Sambungnya, memang beberapa tahun lalu pihaknya sudah meminta penyediaan embung tempat penampungan air, namun embung itu tidak berfungsi apabila tidak ada hujan.

Menurutnya, akibat dampak kekeringan lahan persawahan itu, masyarakat tani di Gampong Sawang Indah tidak bisa menanam bibit padi. 

"Ini tetap dilakukan penanaman, namun kalau hujan tidak turun mungkin bukan lagi terancam bahkan gagal  tanam,"pungkasnya.||NB.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Imbas Musim Kemarau dan Embung Irigasi Tidak Berfungsi, Sawah di Sawang Indah Terancam Gagal Tanam
Imbas Musim Kemarau dan Embung Irigasi Tidak Berfungsi, Sawah di Sawang Indah Terancam Gagal Tanam
https://1.bp.blogspot.com/-z1JKBh0Q3FM/YCY1xFN7aCI/AAAAAAAASmI/T43qQUVgqmYLNKV5y6AbYfO0TI4-X40YQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210212-WA0019.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-z1JKBh0Q3FM/YCY1xFN7aCI/AAAAAAAASmI/T43qQUVgqmYLNKV5y6AbYfO0TI4-X40YQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210212-WA0019.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/02/imbas-musim-kemarau-dan-embung-irigasi.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2021/02/imbas-musim-kemarau-dan-embung-irigasi.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy