Tingkatkan Kualitas Perizinan, DPMPTSP Kabupaten Bireuen Ciptakan Sejumlah Inovasi

liputaninvestigasi.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bireuen terus dibenah dalam hal memberik...



liputaninvestigasi.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bireuen terus dibenah dalam hal memberikan kemudahan pelayanan perizinan terutama bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK). Selasa 22 September 2020.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Bireuen Bob Mizwar, SSTP, MSi  menyebutkan, pihaknya terus membuat berbagai kebijakan dan inovasi layanan dengan cara kolaboratif dalam menularkan semangat urus izin mudah dan cepat, hal ini sebagai dukungan nyata terhadap penciptaan iklim usaha yang kondusif, sekaligus menyediakan lingkungan yang mampu mendorong pemberdayaan UMK secara sistematik, mandiri dan berkelanjutan melalui kebijakan dalam aspek kemudahan perizinan usaha.

Bob Mizwar menjelaskan, saat ini sudah mulai diterapkan 3 layanan di DPMPTSP Kabupaten Bireuen, diantaranya, Laksamana yaitu layanan khusus perizinan simpel dan aman corona. Ini merupakan pelayanan langsung melalui front office, yaitu pelaku usaha datang langsung ke kantor DPMPTSP dengan mematuhi protokol Covid.

Kemudian secara online, yaitu pelaku usaha mengirim dokumen pdf hasil pendaftaran melalui OSS (Online Single Submission) melalui email, whatsapp dan jaringan layanan digital lainnya produk hasil perizinan yang akan dikirim melalui jasa kuris atau pos.

Selanjutnya pelayanan One Day Service, yaitu pelayanan setiap hari Rabu pukul 08.00 WIB - 16.30 WIB, izin dapat diselesaikan dalam satu hari kerja namun untuk saat ini tersedia untuk layanan izin bidang kesehatan dan perpanjangan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK). Tujuan One Day Service adalah untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan pelaku usaha agar dapat meningkatkan kualitas layanan publik.

Kemudian Layanan CERIA atau Blended Service, yaitu Cepat, Efektif, Ramah, Inovatif dan Adaptif. Layanan Blended Service adalah mengintegrasikan layanan online, offline dan tatap muka sehingga masyarakat dapat memilih jenis layanan yang mudah diakses. Dalam layanan ini pihak DPMPTSP Kabupaten Bireuen bermitra dengan Pos Indonesia dan JuangJek Bireuen.

Selain itu masyarakat dapat mengunduh aplikasi JuangJek dan memilih fitur kirim (Juang Send) untuk mendapat layanan perizinan tersebut atau mengirim berkas persyaratan perizinan melalui PT. Pos terdekat dalam Kabupaten Bireuen. Jika sudah selesai, produk itu akan dikirim kembali melalui kantor pos sehingga masyarakat tidak perlu ke kantor. Warga juga dapat mengakses layanan konsultasi dan pendampingan melalui Call Center kr 0644-7042222, atau bisa dihubungi Costumer Service 082215228580.

"Dengan layanan demikian masyarakat tidak perlu khawatir mengurus izin, dan tidak membuang waktu harus ke kantor, sehingga aktivitas masyarakat tetap bisa dijalankan seperti biasa," kata mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen tersebut.

Bob Mizwar menyebutkan, dari hasil penilaian Ombudsman beberapa waktu yang lalu, urusan perizinan yang saat itu masih bernaung dibawah Dinas Penanaman Modal, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bireuen mendapatkan Rapor Merah terkait layanan publik, khususnya terkait pelayanan kepatuhan. Implementasi UU 25 tahun 2019 terhadap pelayanan publik. Sehingga untuk itu perlu inovasi, perlu alternatif layanan yang dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat pelaku usaha, sehingga dengan kesadaran sendiri akan mengurus dokumen perizinannya dan mereka tidak khawatir lagi dalam menyelenggarakan perizinan, baik itu usaha dibidang perdagangan, industri dan berbagai bidang lainnya sehingga mereka memperoleh legalitas perizinan.

"Bagi masyarakat yang menjadi konsumen dalam membelanjakan sesuatu pada produk usaha itu akan lebih nyaman, karena tidak bermasalah terkait izin, sehingga tidak dianggap produk ilegal. Kemudian juga untuk meningkatkan daya saing daerah, sehingga Kabupaten Bireuen dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik secara umum," pintanya.

"Kemudian tentu saja, karena ini banyak layanan baru dan juga dinas baru, kita tentu berharap kepada masyarakat dapat memberikan masukan dan saran demi peningkatan perizinan di masa mendatang, dan jangan lupa mengakses website kami di https://dpmptsp.bireuenkab.go.id/ untuk melihat berbagai fitur yang ada, sekalian memberikan survei terhadap pelayanan di bidang perizinan khususnya adalah survei kepuasan masyarakat sehingga kami dapat melakukan assesment nantinya untuk perbaikan organisasi maupun kepada bentuk layanan yang akan diberikan kepada masyarakat," demikian kata Bob Mizwar, SSTP, MSi.


Penulis: Pimpinan Redaksi Fauzan


KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Tingkatkan Kualitas Perizinan, DPMPTSP Kabupaten Bireuen Ciptakan Sejumlah Inovasi
Tingkatkan Kualitas Perizinan, DPMPTSP Kabupaten Bireuen Ciptakan Sejumlah Inovasi
https://1.bp.blogspot.com/-I4GJ16r5cUo/X2nOMvXT0OI/AAAAAAAARjg/rcwu1BMdLbQjLBnBiHQ4NlEzDrOBO2mqwCLcBGAsYHQ/s320/1600769555780.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-I4GJ16r5cUo/X2nOMvXT0OI/AAAAAAAARjg/rcwu1BMdLbQjLBnBiHQ4NlEzDrOBO2mqwCLcBGAsYHQ/s72-c/1600769555780.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/09/tingkatkan-kualitas-perizinan-dpmptsp.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/09/tingkatkan-kualitas-perizinan-dpmptsp.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy