Rapat Paripurna, Jawaban Bupati Terkait Visi Misi Cerdas, Sehat dan Sejahtera

Aceh Singkil/liputaninvestigas.com - Bupati Aceh Singkil menanggapi pertanyaan/pandangan umum Anggota Dewan, Rabu (2/9/2020) terkait peningk...



Aceh Singkil/liputaninvestigas.com - Bupati Aceh Singkil menanggapi pertanyaan/pandangan umum Anggota Dewan, Rabu (2/9/2020) terkait peningkatan mutu pendidikan, peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan pencapaian kesejahteraan yang tertuang dalam visi misi DulSaja. 

Dulmusrid menjelaskan terkait pencapaian peningkatan mutu pendidikan di Aceh Singkil Sesuai visi 'cerdas' Indeks Pembangunan Manusia(IPM) diukur melalui pendekatan dimensi dasar, dimensi dasar tersebut yaitu umur panjang dan sehat, pengetahuan, serta kehidupan layak.

Terkait banyaknya faktor, untuk mengukur dimensi 'kesehatan' digunakan angka hidup waktu lahir, selanjutnya untuk mengukur dimensi pengetahuan digunakan gabung indikator angka melek huruf  dan rata rata lama sekolah, adapun untuk mengukur hidup layak digunakan indikator daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok dilihat dari rata rata besarnya pengeluaran perkapita. 

"IPM Kabupaten Aceh Singkil dari tahun ketahun menunjukkan trend pertumbuhan yang cukup baik, dimana  sejak tahun 2017 terjadi pertumbuhan sebesar 0,65 point pada tahun 2018 dan 0,89 point pada tahun 2019 yang lalu termasuk dalam kategori sedang," jelas Dulmusrid

Pada tahun 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga sudah menganggarkan biaya sebesar, Rp2,4 milyar khusus untuk peningkatan mutu guru, sedangkan untuk peningkatan mutu siswa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah menganggarkan sebesar Rp915 juta, sehingga anggaran untuk peningkatan mutu  pendidikan berjumlah Rp3,4 milyar atau 6% dari pagu Anggaran APBD dan OTSUS. 

"Kualitas guru dan siswa kita sudah mampu bersaing dengan Kabupaten maju yang ada di Aceh, berdasarkan hasil uji kompetensi guru (UKG) bahkan ada yang beberapa bidang study guru kita memiliki nilai terbaik di Aceh," katanya.

"Siswa siswi kita juga cukup membanggakan, dua tahun berturut  turut (2018-2019) selalu mengirimkan utusan ditingkat nasional, beberapa diantaranya, SD Negeri 1 Kuala Baru, SD Negeri 1 Rimo dan SD Negeri Tulaan," ujarnya.

Sedangkan terkait visi 'sehat' yang dipertanyakan beberapa waktu lalu, pembangunan kesehatan merupakan urusan wajib dan pelayanan dasar yang dilaksanakan. Hal ini sudah tertuang dalam UU nomor 36 tahun 2019 tentang Kesehatan, Pemerintah Kabupaten. 

Anggaran untuk Kesehatan yang di alokasikan Sebesar 10% dari dana APBD yang tersebar dibeberapa SKPK diantaranya Dinas Kesehatan, RSUD dan DP3AP2KB dengan tujuan untuk mencapai target pelayanan kesehatan yang direncanakan sebagaimana yang tertuang dalam RPJM Kabupaten Aceh Singkil 2017-2022.

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir 2017-2019. Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil telah melaksanakan beberapa program untuk meningkatkan pelayanan kualitas kesehatan bagi masyarakat. untuk mengukur atau menilai tingkat keberhasilan pelayanan kesehatan ada beberapa indikator bidang kesehatan yang sudah dicapai yaitu Stunting/anak kerdil, kematian ibu serta kematian bayi. 

"Anak kerdil, tahun 2017 (38,7%) tahun 2018 (26,40%) dan pada tahun 2019 turun lagi menjadi (14,40%),sedangkan kematian ibu melahirkan, 2017 (11 orang), 2018 (8 orang) dan 2019 turun menjadi 6 orang. Kematian bayi, 2017 (36 orang), 2018 bertambah (38 orang) dan 2019 turun lagi jadi (31 orang)," terangnya.

Upaya lainnya yang sudah dilakukan untuk mewujudkan peningkatan kesehatan bagi masyarakat telah dilakukannya Akreditasi terhadap puskesmas di Aceh Singkil. "saat ini seluruh puskesmas di Kabupaten Aceh Singkil sudah di akreditasi. Selain itu perbaikan dan pemenuhan sarana dan prasarana terus kami lakukan sesuai rekomendasi hasil penilaian Akreditasi," tambahnya

Sementara pencapaian presentase visi Bupati 'sejahtera' mengatakan masih berupaya melakukan pendekatan kawasan berkaitan dengan akses, pendekatan individu pemberian bantuan dan subsidi, peningkatan pendapatan penduduk melalui nilai tambah petani dan lainnya.

"Mengupayakan peningkatan pendapatan orang miskin, seperti pemberdayaan ekonomi, wirausaha baru, pembiayaan UMKM, pemberdayaan ekonomi bidang pertanian, peternakan dan perkebunan, peningkatan skill melalui pelatihan dan lain lain," ungkapnya.

Tambahnya, mengupayakan pengurangan beban bagi orang miskin seperti, beasiswa anak miskin, kesehatan gratis, rumah layak huni. Tutupan hutan, tutupan lahan bertujuan pengambilan fungsi ekosistem, pengembalian kesuburan tanah, untuk kesejahteraan rakyat. Sebagai pendorong perekonomian bekerjasama dengan investor sektor swasta untuk ikut serta dalam proses membangun di Aceh Singkil, sehingga kita harapkan kedepan dapat mengurangi angka kemiskinan.

"Industri yang sudah dibuat saat ini, pembayaran pajak dengan transaksi non tunai dan sudah dilakukan MOU antara Pemda Aceh Singkil dengan PT. Bank Rakyat Indonesia, melalui pembayaran Briva, khususnya pembayaran PBB. Dan pada tahun 2021 akan dilakukan pemuktahiran data zona nilai tanah, bekerjasama antara kantor pertanahan Aceh Singkil dengan BPKK Aceh Singkil dan akan menerapkan pembayaran BPHTB online, sehingga berdampak pada peningkatan penerimaan PAD," demikian pintanya.||RN

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Rapat Paripurna, Jawaban Bupati Terkait Visi Misi Cerdas, Sehat dan Sejahtera
Rapat Paripurna, Jawaban Bupati Terkait Visi Misi Cerdas, Sehat dan Sejahtera
https://1.bp.blogspot.com/-NaWgHfnmGOU/X1C75-M9InI/AAAAAAAARY4/xvb2wHQ820wadGGrMSrS2PV3ZeRaYip_wCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200903-WA0030.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NaWgHfnmGOU/X1C75-M9InI/AAAAAAAARY4/xvb2wHQ820wadGGrMSrS2PV3ZeRaYip_wCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200903-WA0030.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2020/09/rapat-paripurna-jawaban-bupati-terkait.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2020/09/rapat-paripurna-jawaban-bupati-terkait.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy