FH Unsyiah Gelar Webinar Nasional Terkait Metodologi Penelitian Hukum

liputaninvestigasi. com - Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Senin 28 September 2020 Pukul 09.00 - 12.00 Wib menyelenggarakan kegiatan i...

liputaninvestigasi. com - Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Senin 28 September 2020 Pukul 09.00 - 12.00 Wib menyelenggarakan kegiatan ilmiah berupa Webiner Nasional. Kegiatan tersebut mengambil tema "Metodologi Penelitian Hukum".

Kegiatan Webiner Nasional tersebut dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Dr. Azhari, S.H., MCL., MA. 

Ketua Program Studi Sarjana Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (FH Unsyiah), Dr. Muazzin, S.H., M.Hum memberi Pengantar terkait Metodologi Penelitian Hukum pada Webiner Nasional tersebut. Menurut Dr. Muazzin, penyelesaian masalah-masalah hukum, sangat ditentukan oleh cara berpikir dan metode yang benar. Salah satu yang senantiasa harus diperkuat oleh setiap perguruan tinggi adalah metode penelitiannya. 

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya penguatan keilmuan lulusan FH Unsyiah yang sekarang berakreditasi A. “Webinar ini sebagai upaya berkelanjutan dari FH Unsyiah dalam menjaga mutu lulusan terkait kemampuan menyelesaikan masalah-masalah hukum secara ilmiah,” terang Muazzin.  

Saat membuka acara, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Azhari Yahya, S.H., MCL., MA menjelaskan bahwa kegiatan berupa forum ilmiah seperti ini merupakan kegiatan yang bersifat urgent, penting dan mendesak. Hal ini mengingat kualitas metodologi penelitian hukum yang baik tentunya akan dapat menghasilkan hasil penelitian yang akurat. Dengan demikian, hasil penelitian yang akurat tersebut dapat menjadi pedoman bagi para pengambil kebijakan dalam menyusun berbagai program pembangunan serta dalam proses pengambilan kebijakan".

Selain itu, Dr. Azhari Yahya, S.H., MCL., MA menyebutkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan Webiner Nasional ini adalah sebagai manifestasi peran dan tanggung jawab Universitas Syiah Kuala melalui Fakultas Hukum sebagai "Jantung Hati Rakyat Aceh" untuk turut serta ambil bagian dalam memperkuat kapasitas dan kualitas penelitian bagi para pengajar, mahasiswa (S1, S2, dan S3) baik PTN maupun PTS serta para peneliti yang berada di luar kampus. 

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan manifestasi nyata salah satu "Dharma" dari "Tri Dharma Perguruan Tinggi" yaitu "Dharma berupa "Penelitian" di samping dua Dharma lainnya yaitu Pendidikan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), jelas Sulaiman.

Saat membuka acara, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Azhari Yahya, S.H., MCL., MA juga menyebutkan bahwa ketiga pemateri itu sangat penting bagi ilmu hukum. “Prof Mukti Fajar memiliki buku Dualisme Penelitian Hukum yang dikutip lebih 8.000 sitasi. Dalam kaitan kurikulum dan metode penelitian, buku-buku Prof Syahrizal sudah dikutip lebih 800 sitasi. Sedangkan di FH Unsyiah, salah satu yang pernah menulis buku penelitian hukum adalah Dr. Sulaiman Tripa,” Jelas Azhari.

Lebih lanjut, menurut Azhari, kegiatan yang dilaksanakan untuk menguatkan mata kuliah Metode Penelitian Hukum. “Ada tiga tujuan yang terkait dengan mata kuliah ini. Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang dasar-dasar metode penelitian. Mengajarkan kepada mahasiswa cara melakukan penelitian kepustakaan. Dan memberikan pengetahuan dasar tentang tata cara penulisan karya tulis ilmiah,” urai Azhari, yang menambahkan bahwa panduan dimaksudkan untuk memberi keseragaman dalam nenerapkan metode penelitian.   

Kegiatan Webiner Nasional tersebut menghadirkan tiga pembicara, yakni Prof. Dr. Mukti Fajar DN, S.H., M.Hum dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA (UIN Ar-Raniry), dan Dr. Sulaiman Tripa, S.H., MH (Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala), dengan dipandu Ketua UPT MKU Unsyiah, Dr. Teuku Muttaqin Mansur, MH. 

Sementara itu, Sulaiman Tripa sebagai pemateri menyebutkan bahwa pada dasarnya masing-masing perguruan tinggi memiliki panduan masing-masing dengan berbagai keragaman dan keseragamannya. “Dari segi teknis, panduan dimaksudkan untuk menyatukan langkah dalam memperlakukan peserta didik. Di pihak lain, tidak semua hak bisa disatukan dalam sebuah panduan, terutama terkait dengan metode atau pendekatan yang digunakan. Sebagaimana panduan yang digunakan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala dan sejumlah perguruan tinggi lain di Indonesia, membuka adanya metode/pendekatan yuridis normatif dan yuridis empiris dalam praktiknya,” kata Sulaiman, yang mengingatkan bahwa dalam keilmuan, perbedaan ini bukan sesuatu yang luar biasa.

Metode dalam penelitian digunakan untuk membantu para peneliti. “Secara umum, materi terkait dengan metode penelitian, berisi tentang sejumlah hal baik teoritis maupun praktis, seperti dasar-dasar metode penelitian (termasuk etika penelitian di dalamnya), langkah-langkah dalam melakukan penelitian, penyusunan usul dan rencana penelitian, tata cara penelitian kepustakaan, diakhiri dengan penyusunan laporan penelitian dan karya tulis ilmiah,” kata Sulaiman lagi. 

Selain laporan penelitian yang dilaksanakan, selama ini ada kebijakan lain yang mewajibkan mahasiswa sebelum selesai memiliki publikasi jurnal. “Jika dipersiapkan, kewajiban ini tidak akan memberatkan, ia tetap akan menguntungkan bagi mahasiswa dalam melahirkan publikasinya,” pungkas Sulaiman.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: FH Unsyiah Gelar Webinar Nasional Terkait Metodologi Penelitian Hukum
FH Unsyiah Gelar Webinar Nasional Terkait Metodologi Penelitian Hukum
https://1.bp.blogspot.com/-T6IbSrOmEGY/X3Guf4XqnMI/AAAAAAAARnI/Dj3uYjrn3OENPu3ef_0Wcv8suSCvThfKQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200928-WA0031.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-T6IbSrOmEGY/X3Guf4XqnMI/AAAAAAAARnI/Dj3uYjrn3OENPu3ef_0Wcv8suSCvThfKQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200928-WA0031.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2020/09/fh-unsyiah-gelar-webinar-nasional.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2020/09/fh-unsyiah-gelar-webinar-nasional.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy