Diskusi Keacehan yang Diadakan di Kesbangpol Aceh, Ini Harapan Tokoh Aceh dan Nasional

BANDA ACEH/liputaninvestigasi.com - Dewan Pimpinan Pemuda Cinta Aceh (PCA) mengadakan Diskusi Keacehan dengan tema "Ada Apa dengan M...


BANDA ACEH/liputaninvestigasi.com - Dewan Pimpinan Pemuda Cinta Aceh (PCA) mengadakan Diskusi Keacehan dengan tema "Ada Apa dengan MoU Helsinki?" di Aula Kesbangpol Provinsi Aceh pada Minggu, 08 Maret 2020.

Diskusi yang dihadiri oleh tokoh-tokoh Aceh dan Nasional ini membahas tentang proses perdamaian Aceh dan RI dan juga mempertanyakan sudah sejauh mana perjalanan MoU Helsinki dan penerapannya pasca konflik Aceh dan RI berakhir.

Ketua Umum Dewan Pimpinan PCA, Sulthan Alfaraby, dalam kata sambutannya mengatakan bahwa pemuda masa kini haruslah menjadi contoh yang baik bagi generasi muda kedepannya. Generasi muda Aceh haruslah lebih peduli dengan nasib Aceh, karena masa depan Aceh dimasa depan tergantung daripada semangat anak-anak muda dalam memperjuangkan nasib bangsanya.

"Terima kasih saya ucapkan untuk semua tokoh yang telah berhadir yang sangat luar biasa dan juga kepada para tamu undangan serta hadirin sekalian. Saya ingin katakan, bahwasanya pemuda-pemuda Aceh masa kini haruslah lebih peduli dengan nasib Aceh di masa ini dan juga di masa depan. Karena nasib Aceh tergantung kepada generasi mudanya dalam membangun Aceh kedepannya. Salah satu contoh yang pertama kali harus dikaji dan diperjuangkan adalah tentang pelaksanaan MoU Helsinki pasca konflik Aceh silam," ujarnya.

Ketua Dewan Pembina, Heri Safrijal, S.P., berharap dengan adanya Diskusi Keacehan yang akan terus berkelanjutan diadakan, dan tentunya dengan mengusung berbagai topik permasalahan di Aceh diharapkan bisa menjadi jalan keluar dari para pemikir-pemikir yang peduli terhadap Aceh.

"Saya selaku Ketua Dewan Pembina PCA berharap penuh dengan adanya Diskusi Keacehan yang Insya Allah akan berkelanjutan ini, bisa memberikan jalan keluar yang disalurkan oleh para pemikir-pemikir yang peduli dengan nasib Aceh saat ini. Marilah kita mendukung bersama-sama," ujarnya.

Setelah itu, Ketua Dewan Pakar PCA, Razali Idris, yang juga sedang menjabat sebagai Ketua Himpunan Industri Meubel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Provinsi Aceh juga turut memberikan nasihat kepada generasi muda yang turut berhadir agar semangat dalam memperjuangkan nasib rakyat Aceh.

"Saya berharap dengan adanya Diskusi Keacehan hari ini, bisa memberikan dampak yang nyata bagi semangat kaum generasi muda Aceh. Jangan sampai anak muda Aceh hari ini lalai dengan hal-hal yang dirasa kurang perlu. Marilah bersama-sama, seluruh stakeholder dan anak muda berbenah dan mencari jalan keluar demi Aceh yang sejahtera kedepannya. Amin...", tambahnya.

Dalam pembukaan diskusi yang dimoderatori oleh Samsul Bahri, M.Si., mengatakan bahwa MoU Helsinki sudah seharusnya dibahas lagi oleh masyarakat Aceh, khususnya generasi muda Aceh. Beliau berharap MoU Helsinki jangan sekali-kali dilupakan oleh semua pihak, khususnya generasi muda Aceh.

Usai dibuka oleh Moderator dan dilanjutkan oleh Pembicara ke-I, Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Tgk. H. Muhammad Yunus Yusuf, memberikan apresiasi kepada Dewan Pimpinan PCA karena telah mengadakan Diskusi Keacehan yang berarti sudah menuangkan ide kegiatan serta semangat untuk masyarakat Aceh.

Beliau juga mengatakan bahwa Aceh harus merdeka dalam bingkai NKRI dengan cara MoU Helsinki harus terealisasikan, karena sudah banyak masyarakat Aceh yang menjadi korban pada saat konflik berkecamuk di Aceh.

Pembicara ke-II, Pimpinan Presidium GAM Independent, Tgk. Sufaini Usman Syekhy, menyampaikan pandangannya terhadap perjuangan bangsa Aceh. Menurutnya, jika berbicara tentang Aceh tentunya melalui perjalanan yang panjang, dan MoU sudah 15 tahun berjalan tapi tidak terealisasikan karena para pemangku jabatan tidak fokus dengan perjuangan terhadap MoU Helsinki.

"Pemuda harus mempunyai solusi terhadap segala permasalahan yang ada di Aceh saat ini," pintanya.

Dilanjutkan oleh Pemateri ke-III, Tokoh Nasional Aceh, H. Karimun Usman, memberikan saran bahwa segala hal yang tercantum dalam butir-butir MoU Helsinki haruslah direalisasikan dan tentunya haruslah menguntungkan bagi masyarakat Aceh.

Pemateri ke-IV, Mantan Ketua Komisi II DPRA, Nurzahri, S.T., juga sepakat bahwa polemik MoU Helsinki haruslah mempunyai jalan keluar dan tidak saling menyalahkan satu sama lain karena dapat menimbulkan perpecahan antara sesama orang Aceh.

Terakhir dari Pemateri ke-V, Akademisi Unsyiah, Basri Effendi, S.H., M.H., MKn., menutup sesi Pembicara dalam diskusi dengan mengatakan bahwa perlu adanya solusi dari penerapan MoU Helsinki pasca perdamaian di Aceh dan hak tersebut haruslah tampak nyata. Pelaksanaan MoU Helsinki menurutnya harus bisa mensejahterakan rakyat Aceh. Pemerintah haruslah mempunyai iktikad yang baik dalam memperjuangkan nasib Aceh.

Usai sesi Pembicara berakhir, dilanjutkan dengan sesi bertanya dan sangat antusias oleh berbagai kalangan masyarakat yang berhadir, khususnya mahasiswa, pemuda dan korban konflik Aceh. Berbagai pandangan serta pertanyaan diberikan sehingga membuat suasana diskusi sempat agak memanas dan sempat diarahkan dengan baik oleh Moderator, sehinga suasana kembali berjalan dengan lancar dan Diskusi Keacehan diakhiri dengan sesi foto bersama dari berbagai kalangan yang berhadir.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Diskusi Keacehan yang Diadakan di Kesbangpol Aceh, Ini Harapan Tokoh Aceh dan Nasional
Diskusi Keacehan yang Diadakan di Kesbangpol Aceh, Ini Harapan Tokoh Aceh dan Nasional
https://1.bp.blogspot.com/-11dH4AD9-38/XmWoJM_QEoI/AAAAAAAAPq0/hNGZRxDCX_8OJcehqbCfkHsUVSQ0tGKvACLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200309-WA0017.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-11dH4AD9-38/XmWoJM_QEoI/AAAAAAAAPq0/hNGZRxDCX_8OJcehqbCfkHsUVSQ0tGKvACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200309-WA0017.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/03/diskusi-keacehan-yang-diadakan-di.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/03/diskusi-keacehan-yang-diadakan-di.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy