Setjen DPR Jelaskan Peran Bamus ke Anggota DPRK Aceh Utara

liputaninvestigasi.com - Kepala Subbagian Sekretariat Badan Musyawarah (Bamus) Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR ...


liputaninvestigasi.com - Kepala Subbagian Sekretariat Badan Musyawarah (Bamus) Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI, Dwi Widayanti menjelaskan bahwa sejatinya Bamus seperti DPR RI mini. Di mana seluruh agenda atau kegiatan DPR RI diputuskan dalam rapat Bamus. Sehingga kedudukan Bamus dinilai sangat penting dalam menentukan kebijakan DPR RI.

“Kami hari ini kedatangan Anggota Dewan dari DPRK Kabupaten Aceh Utara. Mereka ingin mengetahui peran strategis yang dilakukan Bamus DPR RI selama ini. Kami jelaskan bahwa Bamus DPR RI memiliki peran strategis tidak hanya menentukan jadwal sidang dalam setahun masa sidang, namun Bamus juga berperan dalam menentukan arah kebijakan DPR RI,” ujar Dwi usai menerima anggota DPRK Kabupaten Aceh Utara di Gedung Setjen DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Pasalnya, lanjut Dwi, anggota Bamus DPRK Aceh Utara merasa seperti dipandang sebelah mata. Bahkan keputusan yang dihasilkannya pun kerap dibatalkan atau dipatahkan oleh Pimpinan dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lain yang ada di DPRK Aceh Utara. 

Dwi mengakui bahwa ada sedikit perbedaan antara Bamus DPR RI dengan Bamus DPRK Aceh Utara. Salah satunya, karena dalam tata tertib, Anggota Bamus DPR RI itu terdiri dari unsur pimpinan fraksi, pimpinan komisi yang posisi nya lebih strategis atau lebih kuat secara politis. Sehingga keputusan yang dihasilkannya pun mengikat seluruh pihak.

Sementara untuk DPRK Aceh Utara, sebagaimana DPRD lainnya, Anggota Bamus nya merupakan unsur anggota biasa dari AKD yang bisa merangkap menjadi anggota Bamus. Sehingga keputusan yang dihasilkannya pun tidak kuat dan bisa berubah.

“Tadi kami sempat menyarankan juga, memang sebaiknya aturan tentang Bamus tersebut dicantumkan dalam tata tertib tertulis DPRD atau DPRK Aceh Utara. Sehingga keputusan yang dihasilkan pun sifatnya kuat dan mengikat seluruh anggota dan pimpinan dari DPRK Aceh Utara itu sendiri. Jadi tidak lagi bisa dibatalkan atau diputuskan secara sepihak baik oleh pimpinan ataupun AKD lainnya,” jelasnya.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Setjen DPR Jelaskan Peran Bamus ke Anggota DPRK Aceh Utara
Setjen DPR Jelaskan Peran Bamus ke Anggota DPRK Aceh Utara
https://1.bp.blogspot.com/-TxtalaUPk9I/XlkJ-Ev9TpI/AAAAAAAAPd0/HfJ5LxyE864Uf9R5Jhq5K0tbTc06iIcgQCLcBGAsYHQ/s640/1582893464136.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TxtalaUPk9I/XlkJ-Ev9TpI/AAAAAAAAPd0/HfJ5LxyE864Uf9R5Jhq5K0tbTc06iIcgQCLcBGAsYHQ/s72-c/1582893464136.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2020/02/setjen-dpr-jelaskan-peran-bamus-ke.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2020/02/setjen-dpr-jelaskan-peran-bamus-ke.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy