Sekda Aceh Ajak Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Banda Aceh/liputaninvestigasi.com — Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes., mengajak seluruh pihak menyukseskan sensus pendu...


Banda Aceh/liputaninvestigasi.com — Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes., mengajak seluruh pihak menyukseskan sensus penduduk tahun 2020 lantaran data sensus itu menjadi kunci bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan.

Hal itu disebutkan Sekda Aceh dalam pidato tertulisnya pada rapat koordinasi level provinsi dalam rangka pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) di Gedung Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Rabu (26/2/2020).

“SP2020 sangat penting, karena dalam setiap gerak pembangunan yang kita laksanakan, kebutuhan data akurat merupakan hal yang mutlak,” kata Sekda dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III, Drs. Bukhari MM.,

Ia menyebutkan, Pemerintah Aceh akan dapat menyusun program sesuai kebutuhan, sasaran dan pencapaian yang ditargetkan, hanya dengan dukungan data akurat BPS.

“Hasil sensus penduduk ini akan dijadikan kunci dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan,” kata Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menjelaskan, dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, dan pendidikan, maka pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah bisa memperoleh gambaran tentang kondisi kependudukan suatu wilayah.

Setelah hasil akhir SP2020 keluar, lanjut Sekda, data tersebut dapat digunakan sebagai dasar menentukan kebijakan serta keputusan untuk perencanaan pembangunan berikutnya yang tepat sasaran.

Karena itu, pelaksanaan SP2020 dinilai sangat membutuhkan keterlibatan  semua pihak dan kunci sukses penyelenggaraan SP2020 adalah koordinasi intensif dengan setiap Organisasi Perangkat Daerah.

“Oleh karena itu, saya menghimbau kepada para peserta untuk membantu pelaksanaan SP2020 di Provinsi Aceh dengan menyebarluaskan informasi mengenai SP2020 di berbagai kesempatan dan medi, serta mengajak warga berpartisipasi dalam sensus penduduk,” katanya.

Sensus Penduduk 2020 digelar berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, serta rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan Tahun 2020.
SP2020 ini merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang ketujuh kalinya sejak tahun 1961, yang bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

Pada pelaksanaan SP2020, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan inovasi dan pembaruan metode dibandingkan enam sensus penduduk sebelumnya. SP2020 akan menggunakan metode kombinasi, yaitu memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap.

Data tersebut selanjutnya dikombinasikan dengan memanfaatkan berbagai jenis moda pengumpulan data yang menggunakan gadget. Inovasi ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun terakhir.

Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode. Periode pertama adalah Sensus Penduduk Online, yang dilakukan secara mandiri dan online melalui website BPS. Sedangkan periode kedua adalah sensus penduduk melalui wawancara.

KOMENTAR

ADS

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Sekda Aceh Ajak Sukseskan Sensus Penduduk 2020
Sekda Aceh Ajak Sukseskan Sensus Penduduk 2020
https://1.bp.blogspot.com/-CctIDIHtOvM/XldPtKoxszI/AAAAAAAAPbs/wga_ueg0xvUDYb2FNnENuxFppzlO-uG4wCLcBGAsYHQ/s640/A5CBA11-1050x525.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CctIDIHtOvM/XldPtKoxszI/AAAAAAAAPbs/wga_ueg0xvUDYb2FNnENuxFppzlO-uG4wCLcBGAsYHQ/s72-c/A5CBA11-1050x525.jpg
Liputan Investigasi
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/02/sekda-aceh-ajak-sukseskan-sensus.html
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/
https://www.liputaninvestigasi.com/2020/02/sekda-aceh-ajak-sukseskan-sensus.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy