Pemerintah Aceh Selatan Serahkan Zakat Infaq dan Sadaqah kepada Penerima

Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Baitul Mal Aceh Selatan salurkan Dana Zakat Infaq dan Sad...


Aceh Selatan/liputaninvestigasi.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Baitul Mal Aceh Selatan salurkan Dana Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIS) Tahun 2019, untuk dibagikan pada tahun 2020 kepada yang diwajibkan sebagai penerima zakat.

Penyerahan dana zakat infaq dan sadaqah tersebut dihadiri kepala Baitul Mal Aceh Selatan H.Ahmad Ibrahim, sekretaris Drh Asrijal Junaidi beserta seluruh pegawai/staf Baitul Mal, para SKPK dan peserta penerima dana ZIS. Acara secara simbolis berlangsung di Mesjid Istiqamah Tapaktuan. Kamis(16/1/2020).

H.Ahmad Ibrahim, pada kesempatan itu menyampaikan adapun total dana ZIS yang terkumpul 2019 di Baitul Mal Aceh Selatan sebesar Rp. 5.972.307.132, dan untuk penyaluran pada Tahun 2020 sebesar Rp. 7.403.015.497, yang akan di salurkan kedalam senif/asnaf yang sudah diprogramkan di Baitul Mal Aceh Selatan.

Pada acara simbolis ini juga turut diserahkan dana bantuan untuk muallaf yang sudah dibina oleh Baitul Mal Aceh Selatan dalam waktu 1 Tahun berjalan masing-masing ada 4 KK dalam kecamatan diwilayah Aceh Selatan, masing-masing keluarga muallaf menerima Rp.2.000.000/bulan dan turut juga diserahkan Bantuan Modal Produktif untuk muallaf yang diberikan dari Baitul Mal Aceh dengan total Rp. 26.000.000,.Dana ini diharapkan ekonomi Muallaf bisa lebih baik untuk kedepannya.

Baitul Mal Aceh Selatan sangat berterima kasih kepada Baitul Mal Aceh yang sudah memberikan perhatian kepada Muallaf yang ada di Kabupaten Aceh Selatan.

Untuk Kecamatan Tapaktuan Baitul Mal Aceh Selatan menyalurkan Zakat sebesar Rp. 143.600.000, senif fakir menerima sebesar 350.000/orang, senif miskin 300.000/orang dan fisabilillah 200.000/orang ditambah dengan petugas kecamatan dan petugas gampong.

Dalam hal ini dana ZIS yang sudah terkumpul di Baitul Mal Aceh Selatan akan disalurkan kedalam program kegiatan yang sudah ditentukan senif/asnaf diantara lain zakat komsumtif (Fakir, miskin dan fisabillah, bantuan fakir uzur se-umur hidup, anak yatim-yatim piatu kurang Mampu, bantuan biaya pendidikan dan paket sekolah bagi siswa kurang mampu dan berprestasi untuk TK.SD.SMP dan MA).

Bantuan rehab rumah fakir miskin, operasional TPA, tanggap bencana, sembako ramadhan dan pembinaan muallaf, bantuan biaya rujukan pasien kurang mampu, bantuan tahfidz qur'an dan pemberdayaan tanah wakaf.

Selanjutnya, Kepala Baitul Mal Aceh selatan H.Ahmad Ibrahim, turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada para muzakki yang sudah menyetorkan zakat ke Baitul Mal Aceh Selatan, "semoga harta saudara kian berkah dan bertambah," katanya

Berharap Kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk terus memberikan dukungan kepada Baitul Mal Aceh untuk melahirkan Perbub pemotongan ZIS dan sanksi bagi ASN yang tidak patuh untuk menyetorkan zakatnya ke Baitul Mal Aceh selatan, dikeranakan dengan banyaknya zakat yang terkumpul maka semakin banyak program pemberantasan kemiskinan teratasi dengan dana zakat.

Sementara, Plt.Bupati Aceh Selatan Tgk.Amran yang diwakili Asisten I Erwiandi,S.Sos. MSi, dalam kata sambutannya menyampaikan salah satu pembangunan nasional adalah untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur, berdasarkan pancasila yaitu masyarakat yang dalam kehidupannya selaras, serasi dan seimbang antara kehidupan rohani dan jasmani, maupun dunia dan akhirat.

"Pentingnya membayar zakat, karena didalam harta yang kita miliki, terdapat hak milik orang lain. Ini tentu menginspirasi dan mendorong kita semua. Hal itu sesuai dan sejalan dengan tuntutan agama, oleh karena itu kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat agar selalu dibina dan dilestarikan," ungkapnya

Ia menambahkan, sebagai seorang muslim dalam posisi apapun harus memiliki komitmen moral untuk memperhatikan dan memperjuangkan nasib saudara-saudara kita yang secara ekonomi yang berada tegolong tidak mampu. Kemiskinan tidak boleh dibiarkan merajalela ditengah umat dan bangsa, karena akan menyebabkan dekatnya orang dengan kekufuran.

Khususnya bagi para amil zakat, untuk terus menerus meningkatkan pelayanannya. Apabila potensi zakat dapat dikelola dengan baik, maka dapat memberikan kekuatan luar biasa dalam menggerakkan perekonomian serta mengatasi kesenjangan sosial.

"Pemkab Aceh Selatan melalui Baitu Mal, program dalam penyerahan zakat ini, sangat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, semoga dimasa mendatang dapat lebih meningkatkan dalam penyaluran zakat di Kabupaten Aceh Selatan," harapnya.

Ia juga menegaskan, bahwa Baitul Mal Aceh Selatan, sebagai penyelenggara resmi dalam pengelolaan Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIS), untuk terus memformulasikan berbagai program penyaluran yang sungguh-sungguh dibutuhkan. Artinya Dana zakat dan infaq yang disalurkan hari ini berdayaguna dan berhasil sehingga mampu membangkitkan ummat dari keterpurukan.

"Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berzakat. Kami harapkan kepada Baitul Mal Aceh Selatan untuk secara intensif melakukan inovasi dan terobosan. Membangun penguatan sistem dan peningkatan pengelolaan zakat yang berorientasi pada kepentingan umat serta dapat lebih tertib, terorganisir dan tepat sasaran," tutupnya.||NB.

KOMENTAR

Name

BISNIS cinta terlarang DAERAH EKONOMI HUKUM KRIMINAL NASIONAL OLAHRAGA OPINI PENDIDIKAN POLITIK RAGAM
false
ltr
item
Liputan Investigasi: Pemerintah Aceh Selatan Serahkan Zakat Infaq dan Sadaqah kepada Penerima
Pemerintah Aceh Selatan Serahkan Zakat Infaq dan Sadaqah kepada Penerima
https://1.bp.blogspot.com/-e5hjfoC6Kp0/XiBIgMCWW2I/AAAAAAAAO0o/a3IWuyX3s2AMO285Ck6rEVoL4GiytKyFwCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200116-WA0026.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-e5hjfoC6Kp0/XiBIgMCWW2I/AAAAAAAAO0o/a3IWuyX3s2AMO285Ck6rEVoL4GiytKyFwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200116-WA0026.jpg
Liputan Investigasi
http://www.liputaninvestigasi.com/2020/01/pemerintah-aceh-selatan-serahkan-zakat.html
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/
http://www.liputaninvestigasi.com/2020/01/pemerintah-aceh-selatan-serahkan-zakat.html
true
2259537535745442111
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy